Comscore Tracker

Bak Hakim, 7 Fakta Profesi Wasit Ini Wajib Kamu Tahu

Ternyata menjadi seorang wasit tidaklah mudah lho

Selain pemain sepak bola, pelatih, dan official tim, masih ada juga profesi yang sangat berkaitan dengan dunia persepakbolaan yaitu wasit. Jarang sekali orang yang memiliki cita-cita atau mendambakan menjadi wasit dalam sepak bola. Umumnya orang-orang hanya tertarik dengan profesi sebagai pemain sepak bola, pelatih, ataupun official tim.

Dalam pertandingan sepak bola, wasit merupakan komponen yang sangat penting. Karena tugas wasit tidak lain dan tidak bukan yaitu menjadi pemimpin pertandingan sepak bola.

Sebagai pemimpin, wasit harus adil dalam setiap keputusan yang telah dibuatnya. Keputusan setiap momen dalam suatu pertandingan sangat menentukan atas hasil dan nasib tim tersebut. 

Langsung saja simak 7 fakta menarik dari profesi wasit berikut ini.

1. Menjadi seorang wasit itu berat

Bak Hakim, 7 Fakta Profesi Wasit Ini Wajib Kamu Tahuinews.co.uk

Memutuskan setiap kejadian dalam pertandingan menjadi kewajiban sebagai wasit. Setiap momen hanya berlalu dengan waktu sekejap saja, sehingga wasit harus memiliki kemampuan penglihatan yang sangat baik. Tak sedikit wasit yang melewatkan momen penting yang dapat merugikan salah satu tim. Hal tersebut merupakan risiko sebagai seorang wasit.

Wasit yang memimpin sebuah pertandingan jugalah seorang manusia. Wasit juga tak luput dari kesalahan terlepas dari kesalahan yang disengaja maupun tidak disengaja.

Beratnya sebagai wasit yaitu meskipun telah memberikan banyak keputusan yang tepat, namun ketika wasit sekali melakukan kesalahan banyak yang memberikan respon yang tidak pantas seperti kekerasan verbal bahkan juga mendapatkan kekerasan fisik oleh pemain, atau pelatih dari suatu tim.

2. Mendapatkan gaji yang tidak sesuai dengan apa yang wasit tanggung

Bak Hakim, 7 Fakta Profesi Wasit Ini Wajib Kamu Tahupremierleague.com

Meskipun banyak risiko yang didapatkan bagi seorang wasit, feedback yang didapatkan oleh wasit tidak sebanding. Banyak wasit yang pensiun atau berhenti memimpin sebuah pertandingan karena mendapatkan gaji yang kecil. Tidak sedikit pula wasit yang resign karena mendapatkan tekanan yang ekstrem dari para pendukung yang sangat fanatik dengan timnya.

Baca Juga: 7 Pekerjaan yang Cocok untukmu yang Kepo, Samakah dengan Profesimu?

3. Membutuhkan fisik yang prima ketika berprofesi

Bak Hakim, 7 Fakta Profesi Wasit Ini Wajib Kamu Tahucommons.wikimedia.org

Sebagai seorang wasit dalam sebuah pertandingan harus dipastikan memiliki kondisi yang fit. Ketika dalam suatu pertandingan, wasit akan terus menerus berlari ke setiap sisi lapangan selama lebih dari 90 menit untuk mengamati jalannya pertandingan.

Tak hanya sesekali wasit bisa terkena tendangan bola dari pemain dan bahkan bisa juga berbenturan dengan pemain yang memiliki postur yang lebih besar.

4. Rentan menjadi sasaran amuk para pemain, pelatih dan official

Bak Hakim, 7 Fakta Profesi Wasit Ini Wajib Kamu Tahuabc.net.au

Dikarenakan kecewa dengan keputusan wasit, sering kali para pemain atau pelatih tidak dapat menahan amarahnya. Dan wasit seakan-akan dikelilingi oleh serangan brutal yang akan menyasar dirinya. Tak sedikit pula wasit yang memimpin sebuah pertandingan mengalami cedera parah dan harus dilarikan ke rumah sakit.

5. Profesi wasit tidak akan bisa tergantikan oleh robot

Bak Hakim, 7 Fakta Profesi Wasit Ini Wajib Kamu Tahuindependent.co.uk

Tidak seperti profesi lainnya yang dapat digantikan oleh robot seperti kasir, akuntan, dan teller bank, wasit tidak akan bisa diotomatisasi karena tugas seorang wasit itu kondisional. Walaupun sedikit dari tugas wasit yang dapat diganti dengan alat seperti teknologi garis gawang dan VAR.

Upaya tersebut hanya untuk mempermudah dalam pengamatan saja. Namun tetap saja, seorang wasit masih harus menjadi hakim yang adil dan tegas dalam memimpin sebuah pertandingan.

6. Dilindungi penuh oleh FIFA dan federasi sepak bola negara

Bak Hakim, 7 Fakta Profesi Wasit Ini Wajib Kamu Tahufacebook.com/FIFA Referee News

Jika di Indonesia setiap wasit yang memimpin pertandingan akan mendapatkan perlindungan penuh dari FIFA dan PSSI. Federasi sepak bola bertanggung jawab atas keselamatan wasit selama bertanding. Dan federasi bertanggung jawab atas kualitas wasit yang memimpin pertandingan dengan memberikannya lisensi sesuai tingkatannya.

7. Tapi wasit juga bisa memimpin pertandingan dari pemain atau tim idolanya lho!

Bak Hakim, 7 Fakta Profesi Wasit Ini Wajib Kamu Tahuronaldo.com

Keuntungan dari profesi wasit yaitu bisa bertemu dengan pemain atau tim idolanya, bahkan dapat berinteraksi langsung. Bayangkan betapa senangnya dapat memimpin pertandingan dari pemain atau tim kesayangannya! Semua itu tidak akan bisa didapatkan dari profesi-profesi lainnya.

Nah, tadi merupakan 7 fakta wasit yang tidak bisa dijumpai dari profesi lainnya. Setelah tahu fakta-fakta menarik dari wasit tadi, apakah kamu ingin menjadi seorang wasit?

Baca Juga: 5 Fakta Teknologi Hawk Eye yang Bantu Wasit Jaga Fair Play di Olahraga

Falana Rofako Photo Verified Writer Falana Rofako

1000 teman terlalu sedikit, 1 musuh terlalu banyak.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya