Comscore Tracker

Rutinitas Padat? Ini 5 Tips biar Kamu Gak Kewalahan saat Bekerja

Bantu kamu jadi lebih produktif

Rutinitas kerja yang cukup padat tentu bisa melelahkan fisik dan mental. Apalagi bagi kamu yang belum terbiasa menghadapi tekanan atau punya kebiasaan suka menunda-nunda, hal seperti ini dapat membuatmu kewalahan. 

Supaya gak stres dan tanggung jawabmu juga bisa terselesaikan dengan baik, kamu perlu pintar-pintar me-manage waktu. Terapkan strategi khusus agar kamu dapat melakukan pekerjaan seefektif dan seefisien mungkin.

Berikut 5 tips yang bisa kamu terapkan agar gak mudah kewalahan di tengah padatnya kesibukan.

1. Rencanakan kegiatan esok hari pada malam sebelumnya

Rutinitas Padat? Ini 5 Tips biar Kamu Gak Kewalahan saat Bekerjailustrasi orang membuat perencanaan (pexels.com/Vlada Karpovich)

Dengan membuat perencanaan di awal, kamu jadi tahu apa saja yang perlu dilakukan besok. Hal ini membantumu jadi lebih fokus dan siap menjalani hari. Dengan cara ini, waktumu juga gak banyak terbuang lantaran melakukan aktivitas yang gak perlu.

Sebelum istirahat malam, tentukan tugas-tugas yang perlu jadi prioritasmu. Lalu, coba uraikan langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk menyelesaikannya. Gak harus mendetail, yang penting cukup bagi kamu untuk punya gambaran bagaimana menyelesaikannya. Setelah itu, tidurlah dengan tenang agar besok kamu bisa mengeksekusinya dengan lancar.

2. Bangun rutinitas pagi yang produktif

Rutinitas Padat? Ini 5 Tips biar Kamu Gak Kewalahan saat Bekerjailustrasi orang berolahraga (unsplash.com/Gabin Vallet)

Produktif atau tidaknya kita sehari-hari juga bergantung dengan bagaimana kita mengawali hari. Beberapa hal yang bisa kamu terapkan diantaranya mulai bangun pagi lebih awal, berolahraga, meditasi dan sarapan makanan bergizi.

Gak hanya menyehatkan fisik dan mental, rutinitas pagi yang produktif juga berguna untuk melatih kedisplinan. Misalnya, kamu jadi terbiasa mengerjakan sesuatu lebih awal dan terhindar dari bermalas-malasan. Kebiasaan ini juga membuatmu jadi lebih positif dan berenergi sehingga siap menghadapi hari.

Baca Juga: 10 Langkah Menentukan Tujuan dalam Pekerjaan, Cepat Naik Jabatan!

3. Segera selesaikan pekerjaan sederhana yang makan waktu singkat

Rutinitas Padat? Ini 5 Tips biar Kamu Gak Kewalahan saat Bekerjailustrasi orang bekerja (pexels.com/Daria Shevtsova)

Jangan biasakan diri menunda-nunda. Sebab, banyak orang kewalahan lantaran pekerjaan yang terlanjur menumpuk sehingga tak sanggup lagi menyelesaikannya.

Jika ada tugas yang menurutmu tidak butuh waktu lama untuk diselesaikan, maka segera kerjakan. Dengan begitu, pekerjaanmu jadi tidak banyak menumpuk dan kamu bisa lanjut untuk fokus pada tugas-tugas penting lainnya yang memakan waktu lama.

4. Praktikkan konsep 80/20

Rutinitas Padat? Ini 5 Tips biar Kamu Gak Kewalahan saat Bekerjailustrasi orang bekerja (pexels.com/olia danilevich)

Menurut konsep 80/20 atau juga dikenal dengan konsep Pareto, pada umumnya 80 persen hasil bergantung pada 20 persen usaha. Maksudnya adalah jika kamu ingin memperoleh hasil yang maksimal, maka fokus pada hal-hal penting saja. 

Untuk menerapkannya, tentukan aktivitas-aktivitas yang dapat memberikan dampak besar bagi kamu dan pekerjaanmu. Kemudian, prioritaskan energi dan waktumu seoptimal mungkin pada aktivitas tersebut. Selain lebih efektif mencapai target, cara ini juga mendorongmu untuk bekerja lebih efisien.

5. Luangkan waktu untuk beristirahat

Rutinitas Padat? Ini 5 Tips biar Kamu Gak Kewalahan saat Bekerjailustrasi orang beristirahat (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Terakhir, jangan lupa beristirahat. Jangan paksakan diri untuk terus bekerja lantaran ingin tugas-tugasmu cepat selesai. Hal ini cuma membuat kamu jadi makin lelah dan sulit berkonsentrasi sehingga hasil pekerjaanmu pun jadi gak optimal. 

Berikan waktu bagi tubuh dan pikiranmu untuk rehat sejenak di sela-sela rutinitas kerja yang cukup padat. Merenggangkan tubuh, jalan-jalan di sekitar kantor, bersantai sambil mendengarkan musik, atau melakukan hal-hal lainnya yang kamu sukai dapat membuatmu kembali fresh dan bersemangat.

Punya kesibukan yang padat tentu adalah hal wajar. Meski begitu, kamu juga perlu mengerti apakah beban pekerjaan yang kamu terima masih realistis atau tidak. Jika sudah berlebihan dan berada di luar kemampuanmu, kamu harus berani berkata tidak untuk menolaknya. Dengan begitu, kamu pun terhindar dari stres yang gak perlu.

Baca Juga: 10 Potensi Dampak saat Menanggung Beban Pekerjaan Berlebih  

Its Fatimah Photo Verified Writer Its Fatimah

null

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya