Comscore Tracker

IWF 2021: 7 Langkah Membuat Copywriting yang Menjual ala Bayu Wardhana

Bikin produkmu laku keras! #IWF2021

Kamu ingin menarik pembeli atau menjual produk melalui tulisan? Bisa banget! Kamu perlu membuat konten atau tulisan yang baik dan menarik pembeli. Nah, proses membuatnya disebut dengan copywriting.

Bayu Wardhana, Digital PR & CSR Supervisor Sharp, telah membagikan langkah-langkahnya di Indonesia Writers Festival 2021 by IDN Times pada Selasa (26/10/2021). Gak terbatas untuk dunia teknologi, lho. Kamu bisa menerapkan untuk menjual produk atau jasamu, bahkan bisnis kecil yang sedang kamu rintis.

Daripada penasaran, berikut ini langkah membuat copywriting yang menjual ala Bayu Wardhana. Let's check this out!

1. Ketahui produk atau jasa yang akan dijual

IWF 2021: 7 Langkah Membuat Copywriting yang Menjual ala Bayu WardhanaBayu Wardhana di IWF 2021 by IDN Times (youtube.com/IDN Times)

Sebelum mulai menulis, kamu cari tahu mengenai produk atau jasa yang akan dijual. Langkah tersebut wajib banget kamu lakukan. Bagaimana mau meyakinkan pembeli jika kamu sendiri belum paham benar produk yang dijual?

Kamu bisa menambah pengetahuanmu dengan melakukan riset. Tentunya dari sumber-sumber terpercaya dan dapat dipertanggungjawabkan. Gak mau, kan, kalau calon konsumenmu kecewa?

2. Tentukan target segmen pasar

IWF 2021: 7 Langkah Membuat Copywriting yang Menjual ala Bayu Wardhanailustrasi tulisan audience (unsplash.com/storyfuel)

Setelah mengetahui produk yang akan kamu jual, saatnya menargetkan segmen pasar. Kamu perlu melakukan riset dan mengidentifikasi calon pelanggan yang akan disasar. Bisa melihat berdasarkan ketertarikannya, usia atau generasi, dan media yang akan kamu gunakan.

Seperti halnya perangkat elektronik yang dapat terhubung dengan ponsel pintar. Biasanya banyak diminati oleh usia produktif dengan segudang kesibukan. Berbeda dengan mainan edukasi yang menyasar orang tua sebagai segmen pasarnya.

Baca Juga: IWF 2021: Ini Nih Pemateri Writing Sessions, SEO and Copywriting 

3. Tentukan teknis penulisan

IWF 2021: 7 Langkah Membuat Copywriting yang Menjual ala Bayu Wardhanailustrasi pemaparan hasil riset (unsplash.com/myleon)

Kalau kamu sudah menentukan segmen pasar, saatnya memilih teknis penulisan. Kamu perlu menyesuaikan dengan konsumen yang sudah ditargetkan. Hal ini juga bisa membuat produkmu lebih dikenal oleh target pasar.

Usia dan ketertarikan segmen pasar yang berbeda, membuatmu perlu menggunakan bahasa yang berbeda, tapi tetap menarik. Selain itu, pilih media yang akan digunakan, bisa media digital, casual writing, atau media cetak. Kamu bisa memanfaatkan beragam media tersebut untuk menarik calon konsumen.

4. Bikin lead yang menarik dan mudah dipahami

IWF 2021: 7 Langkah Membuat Copywriting yang Menjual ala Bayu Wardhanailustrasi membuat lead (unsplash.com/chuklanov)

Sudah menentukan media yang tepat untuk target pasar? Saatnya kamu bikin lead yang menarik dan mudah dipahami. Kamu bisa memilih kalimat atau kata yang menarik, tapi tetap mudah dicerna serta diingat.

Seperti halnya produk untuk anak-anak, tentu menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami untuk usia tersebut. Berbeda dengan produk yang menyasar usia remaja. Meski berbeda, tetap buat semenarik mungkin.

5. Beri gambaran isu yang dialami

IWF 2021: 7 Langkah Membuat Copywriting yang Menjual ala Bayu Wardhanailustrasi bermasalah dengan pekerjaan (unsplash.com/elisa_ventur)

Lead yang menarik bisa bikin calon konsumen betah membaca tulisan yang kamu buat. Saatnya kamu menggambarkan permasalahan yang dihadapi oleh calon konsumen. Jika kamu tepat sasaran, maka calon konsumen akan berpikir kamu mengetahui permasalahan yang tengah dihadapinya.

Misalnya saja, masa pandemi ini mengharuskan calon konsumen untuk bekerja dari rumah. Ia membutuhkan smartphone yang mumpuni untuk mendukung pekerjaannya. Hal tersebut bisa menjadi masalah, jika ia tidak memiliki smartphone yang mumpuni.

6. Kehadiran produkmu sebagai solusi

IWF 2021: 7 Langkah Membuat Copywriting yang Menjual ala Bayu Wardhanailustrasi solusi (unsplash.com/prateekkatyal)

Sekarang sudah tahu permasalahan yang tengah dihadapi target pasar? Saatnya memberikan solusi dengan kehadiran produk yang kamu jual. Kamu bisa menjabarkan kelebihan, keunikan, dan hal menarik dari produkmu.

Buat konsumen berpikir bahwa produkmu yang mereka butuhkan. Kamu pun bisa menambahkan iming-iming harga terjangkau dengan fitur yang menarik. Sampaikan melalui tulisan yang gak bikin salah paham, ya!

7. Perkuat dengan quotes atau penyataan para ahli

IWF 2021: 7 Langkah Membuat Copywriting yang Menjual ala Bayu Wardhanailustrasi membaca buku (unsplash.com/austindistel)

Satu lagi, nih, langkah yang perlu kamu lakukan, yakni meyakinkan calon konsumen. Kamu bisa menggunakan quotes atau pernyataan para ahli untuk meyakinkan calon konsumen. Mereka bakal berpikir kalau produkmu memang sudah diakui dan terjamin.

Tentunya, kamu harus jujur, ya, tentang pernyataan tersebut. Penting, lho, bikin copywriting yang baik dan berkualitas. Jangan sampai konsumen merasa tertipu dengan produkmu.

Itulah tadi tujuh langkah membuat copywriting yang menjual ala Bayu Wardhana. Sudah siap menulis untuk tujuan komersial dan bikin produkmu laku keras?

IDN Times menggelar Indonesia Writers Festival 2021. Acara yang juga dikenal dengan IWF 2021 ini adalah pertemuan independen yang berkomitmen untuk memberdayakan Indonesia melalui bidang menulis. Acara dengan slogan Empowering Indonesians Through Writing ini dilangsungkan pada 25 hingga 30 Oktober 2021 melalui Zoom dan YouTube channel IDN Times.

IWF 2021 sendiri menghadirkan lebih dari 20 pembicara kompeten di berbagai latar belakang, seperti Gina S. Noer, AULION, Zarry Hendrik, Kevindra Soemantri, Sri Izzati, dan masih banyak lainnya.

Baca Juga: IWF 2021: 5 Hal yang Bikin Artikel Pemula Ramai Pembaca ala SEO Expert

Fatma Roisatin Nadhiroh Photo Verified Writer Fatma Roisatin Nadhiroh

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya