Comscore Tracker

IWF 2021: 5 Tips Menulis Skenario Film untuk Pemula ala Gina S. Noer 

#IWF2021 Bisa jadi ladang bisnis buat penulis, nih!

Menulis jadi salah satu hobi yang disukai banyak orang. Bahkan, menulis dapat dijadikan profesi yang bikin kamu berkembang. Tulisan yang menghasilkan gak hanya berupa artikel, cerita pendek, puisi atau novel. Selain itu, menulis skenario film pun bagian dari hobi, profesi, serta bisnis yang menguntungkan, lho.

Tertarik untuk menjadi penulis skenario film? Kamu bisa menerapkan tips menulis skenario film ala Gina S. Noer, nih. Ia membagikan cara-cara jitu tersebut di Indonesia Writers Festival 2021 by IDN Times pada Senin (25/10/2021).

Daripada penasaran, simak beberapa tips menulis skenario film untuk pemula ala Gina S. Noer berikut ini, yuk. Langsung dari ahlinya, nih!

1. Catat ide liar yang terlintas di kepala

IWF 2021: 5 Tips Menulis Skenario Film untuk Pemula ala Gina S. Noer Tangkapan layar IWF 2021 by IDN Times (youtube.com/IDN Times)

Tidak jauh berbeda dari menulis pada umumnya, kamu membutuhkan ide. Kamu bisa mendapatkannya dari kejadian di sekitar, keingintahuan, sampai film favoritmu. Kalau kamu hobi membaca novel atau cerpen, bisa juga diadaptasi ke dalam skenario film, lho.

Setelah menemukan ide, catat di buku atau aplikasi dalam handphone. Lakukan sebelum idemu menguap dan terlupakan. Pasalnya, terkadang gak semua ide terwujud dalam waktu singkat. Bisa saja idemu akan menjadi skenario film beberapa tahun mendatang.

2. Menuangkannya dalam bentuk tulisan yang lebih rinci

IWF 2021: 5 Tips Menulis Skenario Film untuk Pemula ala Gina S. Noer ilustrasi pria menulis (pixabay.com/stocksnap)

Setelah kamu yakin dengan idemu, saatnya menulis rinciannya. Beberapa yang perlu kamu tentukan untuk mewujudkannya adalah hubungan karakter dan konflik. Jangan lupa, pikirkan pula kesimpulannya atau akhir dari skenario filmmu itu.

Satu hal lain yang perlu kamu tulis dalam tahap ini adalah premis cerita. Kamu perlu menjabarkan deskripsi film secara singkat. Meski gak panjang, pastikan kamu kamu menggambarkan keseluruhan cerita dari awal sampai akhir, ya.

3. Lengkapi dengan adegan setiap karakternya

IWF 2021: 5 Tips Menulis Skenario Film untuk Pemula ala Gina S. Noer ilustrasi aktris melakukan adegan dalam film (pixabay.com/victoria_borodinova)

Lebih jauh lagi, kamu perlu menerjemahkan emosi atau perasaan setiap karakter menjadi adegan menarik. Pasalnya, menulis skenario film mengubah tulisanmu menjadi adegan yang bisa didengar dan dilihat. Kamu bisa memainkan tanda baca, bahkan menggambarnya jika diperlukan.

Selain itu, sesuaikan adegan dengan alur cerita yang ingin kamu buat. Bikin rangkaian peristiwa yang menarik dan saling berkaitan. Namun perlu diketahui, tidak semua rincian cerita dapat digambarkan secara visual.

4. Bikin sinopsis yang menarik perhatian

IWF 2021: 5 Tips Menulis Skenario Film untuk Pemula ala Gina S. Noer ilustrasi penulis (pixabay.com/expresswriters)

Setelah ceritamu selesai, saatnya bikin sinopsis, nih. Pastikan kamu menulis sinopsis yang menarik perhatian partner-mu, yakni sutradara dan produser. Sebab, menulis skenario film merupakan kolaborasi dan bukan karya akhir.

Tulis bagian paling penting dan menarik dalam skenario film yang kamu buat. Siapa tahu, karyamu dilirik dan bakal diwujudkan menjadi sebuah film. Kamu bisa memulainya dengan perkenalan karakter, merangkum plot cerita, peristiwa penting, dan akhir ceritanya.

5. Dialog jadi bagian dalam skenario yang perlu ditambahkan

IWF 2021: 5 Tips Menulis Skenario Film untuk Pemula ala Gina S. Noer ilustrasi tim yang berdialog (pixabay.com/free-photos)

Bikin sinopsis bukan berarti skenario filmmu sudah selesai. Kamu perlu menambahkan dialog yang akan diucapkan untuk karakter dalam cerita. Penulisan dialog dapat dilakukan di akhir supaya sesuai dengan plot dan adegan yang kamu buat.

Namun, jika belum terbiasa, tulis dialog saat menentukan karakter dan alur ceritanya. Ketika menulis dialog, kamu bisa menambahkan argumen untuk setiap karakternya supaya konflik makin menarik. Ada pula dialog yang membuat cerita tidak membosankan.

Kelima tips menulis skenario film untuk pemula ala Gina S. Noer di atas bisa kamu terapkan. Kamu bisa memulainya dengan menulis skenario film pendek terlebih dahulu. Jangan pantang menyerah jika harus memperbaiki naskahmu, ya!

IDN Times menggelar Indonesia Writers Festival 2021. Acara yang juga dikenal dengan IWF 2021 ini adalah pertemuan independen yang berkomitmen untuk memberdayakan Indonesia melalui bidang menulis. Acara dengan slogan Empowering Indonesians Through Writing ini dilangsungkan pada 25 hingga 30 Oktober 2021 melalui Zoom dan YouTube channel IDN Times.

IWF 2021 sendiri menghadirkan lebih dari 20 pembicara kompeten di berbagai latar belakang, seperti Gina S. Noer, AULION, Zarry Hendrik, Kevindra Soemantri, Sri Izzati, dan masih banyak lainnya

Baca Juga: IWF 2021 IDN Times Dimulai, 5 Hal Ini Wajib Kamu Siapkan  

Fatma Roisatin Nadhiroh Photo Verified Writer Fatma Roisatin Nadhiroh

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya