Comscore Tracker

Fresh Graduate Sulit Peroleh Pekerjaan Selama Pandemik? Ini Kata HRD

#IDNTimesLife HRD siap berbagi solusi denganmu

"Kenapa di masa pandemi, lowongan pekerjaan lebih banyak untuk orang yang sudah memiliki pengalaman? Sebenarnya, kalau fresh graduate tetap daftar, dilirik gak sih sama HRD? Kalau untuk fresh graduate itu, apa memang kecil ya kemungkinan diterimanya?"

Apakah ada yang merasakan seperti kutipan di atas? Selama pandemik banyak masyarakat yang sukar mencari kerja, salah satunya fresh graduate

Hal ini disebabkan, sebagian perusahaan terpaksa menutup usahanya atau merampingkan jumlah karyawan. Karena itu, persaingan mencari pekerjaan menjadi semakin ketat.

Lalu, bagaimana dengan fresh graduate? Apakah kecil kemungkinan mereka untuk mendapat pekerjaan seperti kutipan di atas? Albert Mahendra (HR officer Jakmall.com) dan Karoline A Sinaga, M.Psi, Psi. (HR practitioner and psychologist) menjawabnya di bawah ini.

1. Kesulitan mencari pekerjaan, baik saat pandemik maupun tidak, itu tetap menjadi masalah umum

Fresh Graduate Sulit Peroleh Pekerjaan Selama Pandemik? Ini Kata HRDadegan drama Mouse (dok. tvN/Mouse)

Karoline menjelaskan jika problematika sulit mendapatkan pekerjaan adalah masalah yang terus ada. Saat pandemik ataupun tidak, kendala ini terus ada.

"Sebenarnya, yang namanya lowongan kerja atau kesulitan mencari pekerjaan itu, pandemi dan nonpandemi itu, tetap jadi masalah. Cuma pada saat pandemi ini, makin besarlah masalah ini, terutama bagi teman-teman yang fresh graduate," katanya.

2. Albert pun tidak menampik jika perusahaan lebih mencari kandidat berpengalaman saat ini

Fresh Graduate Sulit Peroleh Pekerjaan Selama Pandemik? Ini Kata HRDScene drama Taxi Driver (dok. SBS)

Albert menyebut bahwa memang akan lebih sedikit lowongan untuk fresh graduates. "Hal ini dikarenakan perusahaan juga pasti mengalami dampak dari pandemi COVID-19," kata Albert.

Perusahaan akan lebih memutar otak agar usahanya bisa tetap berjalan di tengah gempuran ketidakpastian.

"Perusahaan juga akan mengurangi rekrutmen untuk fresh graduate dan lebih mencari yang pengalaman agar perusahaan bisa lebih sustain dan bertahan di tengah pandemi ini," tambah dia.

3. Fresh graduate tetap bisa melamar pekerjaan yang syaratnya minimal 1 tahun pengalaman kerja

Fresh Graduate Sulit Peroleh Pekerjaan Selama Pandemik? Ini Kata HRDadegan drama Doom at Your Service (dok. Viu/Doom at Your Service)

Meski keadaan serbasulit, bukan berarti fresh graduates harus pasrah begitu saja. Karoline pun memberikan saran agar kamu tetap bisa melamar pekerjaan meski perusahaan punya syarat tenaga berpengalaman.

"Saran aku, kalau memang requirement itu disebutkan minimal 1 tahun pengalaman, itu gak apa-apa, daftar aja karena biasanya kami dari segi HR, akan lihat satu tahun kurang, gak semata-mata satu tahun gitu," katanya.

Baca Juga: IPK Tinggi atau Pengalaman Organisasi, Mana yang Lebih HRD Pilih?

4. Jika perusahaan mencari kandidat dengan pengalaman minimal 2 atau 3 tahun bekerja, kamu bisa pertimbangkan lowongan ini lain waktu

Fresh Graduate Sulit Peroleh Pekerjaan Selama Pandemik? Ini Kata HRDadegan drama Doom at Your Service (dok. tvN/Doom at Your Service)

Sementara itu untuk lowongan yang mensyaratkan pengalaman kerja lebih dari setahun, kamu bisa eliminasi.

"Kalau misalnya udah disebutin 2 atau 3 tahun, sebaiknya gak usah mencoba. Karena itu juga bikin kamu berekspektasi, kan?" beber sosok yang bekerja di perusahaan tambang tersebut.

Bagi Karoline, penting agar fresh graduates lebih bijak dalam memilih pekerjaan yang diinginkan. Soal melamar pekerjaan dengan pengalaman minimal 1 tahun yang disebut sebelumnya, ia mengatakan bahwa tidak juga hal tersebut terjadi, maka harus dicoba terlebih dahulu apply terlebih dahulu.

5. Senada dengan Karoline, Albert menyarankan agar fresh graduates menilik kembali berkas-berkasnya agar perusahaan melirik

Fresh Graduate Sulit Peroleh Pekerjaan Selama Pandemik? Ini Kata HRDadegan drama True Beauty (dok. Viu/True Beauty)

"Untuk teman-teman yang fresh graduate, bukan berarti tidak dilirik, ya. Coba untuk dilihat lagi berkas-berkas kamu, mulai dari CV kamu. Apakah sudah menarik?" saran pria asal Yogyakarta ini. Bagaimana pun, CV adalah sarana untuk memamerkan keahlianmu.

"Lalu, apakah kamu sudah memiliki portofolio yang bagus juga?" tambahnya. Jika kamu memiliki portofolio yang mumpuni, bukan tidak mungkin perusahaan akan melirik dan mengangkatmu jadi karyawannya.

Bagi para fresh graduate yang berjibaku mencari pekerjaan, jangan sampai semangatmu kendor, ya! Pastikan berkas-berkas terutama portofoliomu, menarik perhatian HRD. Niscaya, pekerjaan impian saat pandemik datang deh!

Baca Juga: 5 Jenis Jawaban Membosankan saat Interview HRD, Sebaiknya Kamu Hindari

Lita Michelle Photo Verified Writer Lita Michelle

I believe the grass is no more greener on the other side

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo
  • Yudha

Berita Terkini Lainnya