Comscore Tracker

Keren dan Inspiratif! Ini Kisah Womenpreneur Masa Kini 

Kini gerak perempuan semakin luas dan tak terbatas 

“Berdiri tegar, ciptakan bisnis, berdayakan ekonomi komunitas”

Lewat pemikiran dan tulisannya, Raden Ajeng Kartini mampu mendobrak norma-norma sosial yang membelenggu dan mengurung perempuan. Konsep emansipasi yang dibawa menggema hingga seluruh pelosok nusantara, bahkan hingga kini diartikulasikan dengan baik oleh banyak perempuan Indonesia.

Beberapa di antaranya adalah womanpreneur yang juga menjadi mitra GoTo Financial ini. Penasaran bagaimana kisahnya? Simak di bawah, ya!

1. Utama Spice: berdayakan petani lokal  

Keren dan Inspiratif! Ini Kisah Womenpreneur Masa Kini Salah satu petani lokal di Utama Spice (dok. GoTo Financial)

Tak perlu jauh-jauh untuk mencari seseorang sebagai panutan Ria Templer, Owner Utama Spice. Pasalnya, usaha yang kini Ria kembangkan terinspirasi dari sang Ibu yang suka menciptakan produk ramah lingkungan.

Utama Spice sudah ada sejak 1989 dengan produk unggulannya yakni essential oil dan produk perawatan wajah natural. Perjalanan Ria membesarkan nama Utama Spice tentu tak sendiri. Ia turut memberdayakan petani lokal dan keluarganya yang terletak di Ubud, Bali.

Menjadi salah satu womenpreneur yang sukses di Indonesia tentu terasa membanggakan. Namun, bagi Ria, tak ada yang lebih membahagiakan selain mampu memberikan dampak positif bagi para komunitas sekitar supaya ikut bergerak bangkit bersama. Kalau belum tahu, sebanyak 90 persen karyawan Utama Spice adalah perempuan. Berkat mereka, kini Utama Spice sudah hadir di tujuh kota besar di Indonesia. Keren, ya!

Dalam memproduksi kemasan, Ria juga bekerja sama dengan social entrepreneur lokal di Bali, lho. Dengan begitu, ia bisa memberikan penghasilan tambahan bagi para mantan pengemis dengan memberikan pekerjaan yang layak.

Menurut Ria, perempuan terkadang dianggap kurang mampu untuk memimpin dan berkarya. Padahal, perempuan juga bisa melakukan hal-hal hebat yang dilakukan laki-laki.

"If you find yourself in a room full of men, jangan merendah dan pastikan untuk percaya nilai yang kita miliki bisa jauh lebih baik," kata Ria.

Perkembangan bisnis Utama Spice yang dijalankannya selama puluhan tahun ini jadi lebih efisien dengan bantuan Moka, salah satu produk dan layanan GoTo Financial. Berkat Moka, Ria lebih mudah menentukan strategi bisnis berdasarkan insight real time dari Moka. Ketika perempuan dan teknologi bersatu, mereka bisa membuat hal-hal hebat untuk memberdayakan sekitar.

2. With Love The Brand: rangkul ibu rumah tangga  

Keren dan Inspiratif! Ini Kisah Womenpreneur Masa Kini Stefani Amanda, CoFounder With Love The Brand (dok. GoTo Financial)

Industri fashion kini sedang naik daun. Hal itu terbukti dari makin banyaknya brand lokal dengan ciri khas yang mampu menarik perhatian. Bahkan, untuk urusan kualitas, merek dalam negeri berani bersaing dengan produk luar, lho.

With Love The Brand menjadi salah satu brand Indonesia yang menarik perhatian. Di balik kesuksesannya, ternyata Sang CoFounder With Love The Brand, Stefani Amanda, telah mempekerjakan ibu rumah tangga di Jakarta dan sekitarnya untuk menjadi penjahit.

Kalau pada awal sepak terjangnya hanya ada satu pasang penjahit, kini brand asal Jakarta sudah ada sejak 2018 ini mampu mempekerjakan 50 ibu rumah tangga dan keluarganya untuk ikut melesat bersama With Love The Brand.

"Kami ingin tumbuh besar dengan membawa orang-orang sekitar, terutama ibu rumah tangga. Mereka berandil hebat dalam memastikan produk With Love The Brand dapat diterima dengan baik oleh masyarakat," ujar Stefani.

Tak hanya sekadar mempekerjakan, Amanda turut memberikan fasilitas berupa alat jahit pribadi pada masing-masing ibu rumah tangga. Dengan begitu, para ibu bisa bekerja dari rumah sembari mengurus anak dan keluarga.

Supaya efisien dan menjangkau pasar yang lebih luas, With Love The Brand menggunakan solusi payment gateway Midtrans dari GoTo Financial. Pembayaran non-tunai di website pun kini jadi lebih mudah.

3. Kita Art Friends: kenalkan karya seniman lokal lewat masker  

Keren dan Inspiratif! Ini Kisah Womenpreneur Masa Kini Nirmala Trisna, CoFounder Kita Art Friends (dok. GoTo Financial)

Atas kecintaannya pada seni lokal Indonesia, membuat Nirmala Trisna dan sang suami memutuskan mendirikan usaha Kita Art Friends. Tak hanya sekadar impulsif, Nirmala sudah berkecimpung di dunia seni dan kreatif melalui Kita Satu Bali sejak 2000. Bersama Kita Art Friends, Nirmala menjual merchandise berupa masker dan mini pouch.

Awalnya, hanya ada lima seniman saja ketika Kita Art Friends berdiri. Namun, kini usaha yang dikembangkan Nirmala dan sang suami ini sudah berkolaborasi dengan lebih dari 30 seniman untuk memproduksi masker berdesain seni khas lokal.

Misi Nirmala memang ingin mendekatkan seni kepada seluruh lapisan masyarakat. Melalui Kita Art Friends, Nirmala berhasil membantu menghubungkan para seniman kontemporer lokal dengan kolektornya.

Selain itu, Nirmala memanfaatkan Kita Art Friends sebagai ladang berbagai kebaikan, lho. Dari setiap masker yang laku terjual di masa pandemik, semua hasil penjualan akan didonasikan melalui Palang Merah Indonesia (PMI) setiap bulannya sejak 2020.

Demi memudahkan operasional dan penjualan semakin menjangkau banyak pelanggan, Kita Art Friends mengandalkan toko online GoStore. Dengan begitu, masker yang dipromosikan dapat dipasarkan secara online dengan lebih mudah melalui media sosial. Istimewanya lagi, Kita Art Friends juga memberdayakan penjahit di keluarga sekitar yang terdampak masa pandemik.

Ketiga UMKM mitra GoTo Financial di atas mampu berkembang pesat berkat perempuan hebat di baliknya. Tak hanya mementingkan keuntungan, mereka pun peduli terhadap keberlangsungan hidup dan masa depan perempuan lainnya.

Baik Ria Templer, Stefani Amanda, dan Nirmala Trisna, mereka mampu menginterpretasikan sosok Kartini masa kini yang peduli pada sesama. Tak mau berhasil sendiri, mereka mengajak orang lain, khususnya perempuan, untuk ikut maju bersama. Keren banget, ya, mereka!

Fernanda Saputra Photo Verified Writer Fernanda Saputra

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bima Anditya Prakasa

Berita Terkini Lainnya