Tak Nyaman di Tempat Kerja, Ini 5 Hal yang Akan Terjadi Jika Bertahan

Kamu bisa kehilangan kesempatan mengembangkan diri

Rasa tidak nyaman di tempat kerja bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Mulai dari karena onflik dengan rekan kerja, soal gaji, dan lain sebagainya. Kalau kamu tetap memaksakan diri untuk bertahan di tempat kerja yang sudah bikin kamu nggak nyaman, dampaknya bisa cukup negatif untukmu. Berikut 5 hal yang akan terjadi jika kamu memaksa bertahan!

1. Kehilangan kesempatan mengembangkan diri

Tak Nyaman di Tempat Kerja, Ini 5 Hal yang Akan Terjadi Jika Bertahanunsplash.com/Bench Accounting

Kamu terlalu sibuk dengan mengurus perasaan yang tidak nyaman dan tidak betah di kantor. Sehingga kesempatan dalam mengembangkan karier yang seharusnya bisa kamu manfaatkan malah kamu abaikan karena sudah kehilangan semangat untuk menjalani rutinitas.

2. Mudah lelah dan gampang stres

Tak Nyaman di Tempat Kerja, Ini 5 Hal yang Akan Terjadi Jika Bertahanunsplash.com/Stacey Gabrielle Koenitz Rozells

Setiap hari rasanya lelah terus. Stres dan tertekan setiap saat. Bahkan untuk berangkat ke kantor rasanya tak ada semangat sama sekali. Stres yang kamu rasakan tak akan kunjung hilang meski sudah berusaha untuk tidur cukup dan berolahraga, karena sumber masalahnya ada pada pekerjaan yang mulai tak menyenangkan.

3. Tidak memiliki tujuan

Tak Nyaman di Tempat Kerja, Ini 5 Hal yang Akan Terjadi Jika Bertahanunsplash.com/Laurenz Kleinheider

Kamu akan kerja seperti biasa, terima gaji setiap bulan. Dan yang akan lebih parah lagi ya kamu tidak punya target atau tujuan  jelas apapun. Sehingga lama kelamaan kamu akan kehilangan ambisi dan arah. Jadinya bekerja malah terasa membosankan, tak lagi menantang atau menyenangkan bagimu.

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Membuatmu Lebih Produktif di Tempat Kerja

4. Kesehatan terganggu

Tak Nyaman di Tempat Kerja, Ini 5 Hal yang Akan Terjadi Jika Bertahanunsplash.com/Javi Hoffens

Karena pikiran dan stres, kekebalan tubuh jadi menurun. Akhirnya kamu gampang sekali jatuh sakit. Mudah sekali kamu merasa capek karena sudah merasa terbebani duluan sebelum berangkat ke kantor. Pada akhirnya kamu akan mengorbankan kesehatanmu untuk sesuatu yang sebenarnya nggak layak lagi kamu perjuangkan.

5. Banyak membuang waktu

Tak Nyaman di Tempat Kerja, Ini 5 Hal yang Akan Terjadi Jika Bertahanunsplash.com/Bethany Legg

Rasa bosan juga bisa muncul ketika kamu kebanyakan membuang waktu. Waktu yang kamu miliki nggak kamu pakai dengan baik. Produktivitas pun menurun. Menurunnya produktivitas ini juga bisa membuatmu jadi gampang bosan saat kerja.

Itulah 5 hal yang akan terjadi jika kamu mulai merasa tak nyaman di tempat kerja dan memilih tetap bertahan. Dengan memikirkan kembali target dan tujuan hidup serta merancang ulang rencana soal karier dan masa depanmu adalah jalan terbaik agar terhindar dari kelima hal di atas. Tetap semangat ya!

Baca Juga: 6 Suka Duka Ini Sering Dialami Introvert di Tempat Kerja

Fika Faot Photo Community Writer Fika Faot

English student in Undana.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You