Comscore Tracker

6 Cara Unik Menyelesaikan Banyak Hal, makin Produktif!

Bye-bye, kerjaan numpuk!

Aduh, siapa di sini yang suka pusing tujuh keliling dengan tugas atau kerjaan dan deadline yang seabrek? Rasanya sudah lemas duluan sebelum mengerjakan, ya. Akhirnya malah rebahan dan kebablasan scroll media sosial berjam-jam.

Jangan berkecil hati dulu, ada cara unik menyelesaikan banyak hal agar kamu tetap produktif, kok. Penasaran, kan, apa saja cara unik menyelesaikan banyak hal tersebut? Simak lengkapnya berikut ini!

1. Batasi to-do-list kamu

6 Cara Unik Menyelesaikan Banyak Hal, makin Produktif!ilustrasi membatasi to-do-list (pexels.com/Artem Podrez)

Jangan bilang kamu suka bikin to-do-list super panjang dengan niat mau produktif, tapi akhirnya malah pada gak kelar sesuai target. Cara itu ternyata keliru, lho. 

Harusnya kamu batasi to-do-list harian. Kerjakan yang paling penting dan mendesak. Cukup satu sampai tiga daftar aja. Jika gak bisa, buatlah sesedikit mungkin.

2. Ukur hasilmu, bukan waktumu

6 Cara Unik Menyelesaikan Banyak Hal, makin Produktif!ilustrasi mengukur hasil (pexels.com/fauxels.com)

Terlihat sibuk, belum tentu produktif, ya. Maka dari itu, hitunglah hasil yang bisa kamu selesaikan, bukan hanya mengacu kepada waktunya saja. Jangan-jangan kamu menghabiskan banyak waktu, tapi gak efisien.

Lima jam yang produktif lebih baik dibanding sepuluh jam yang sibuk, tapi penuh distraksi. Jadi, bukan masalah waktunya. Fokuslah pada output yang bisa kamu hasilkan. 

3. Bangun rutinitas "bersiap-siap sebelum bekerja"

6 Cara Unik Menyelesaikan Banyak Hal, makin Produktif!ilustrasi bersiap sebelum bekerja (pexels.com/Gustavo Fring)

Setiap pekerjaan biasanya punya turunan tugas lagi. Misalnya, saat kamu membuat kue, pasti akan ada sesi menyiapkan bahan dan alat, membuat adonan, memasak hingga menyajikan. Maka dari itu, cobalah bangun rutinitas "bersiap-siap sebelum bekerja".

Tujuannya agar kamu tahu apa saja yang sekiranya bakal dihadapi dan perlu disiapkan. Alhasil, saat bekerja bisa jadi lebih produktif dan fokus. Pekerjaan pun jadi lebih cepat selesai.

Baca Juga: 5 Akibat Punya Prinsip Biar Lambat Asal Selamat, Hati-Hati

4. Lacak apa yang membuat kamu buang-buang waktu

6 Cara Unik Menyelesaikan Banyak Hal, makin Produktif!ilustrasi melacak hal yang membuang waktu (pexels.com/Anna Fou)

Setiap orang punya kebiasaan buang-buang waktu yang berbeda. Ada yang scroll media sosial tanpa henti, maraton menonton series, main gim belasan pertandingan hingga nongkrong di kafe sampai pagi. 

Buatlah daftarnya dengan baik. Alih-alih dijauhi atau dihindari secara penuh, lebih baik kamu gunakan kebiasaan tersebut sebagai coping stress. Namun, dengan porsi yang wajar, ya. 

5. Istirahatlah secara teratur

6 Cara Unik Menyelesaikan Banyak Hal, makin Produktif!ilustrasi beristirahat (pexels.com/Mentatdgt)

Bagi orang gila kerja, sering berisitirahat terasa seperti dosa. Padahal, tubuh kamu perlu mengambil jeda setelah bekerja untuk menyegarkan kembali pikiran dan fisik. Jadi, jangan egois sama diri sendiri, ya.

Cobalah mengambil jeda lima menit setiap bekerja setengah jam. Gunakan waktu tersebut untuk peregangan, menarik napas hingga mengistirahatkan mata sesaat. Badan jadi segar, produktivitas pun lancar.

6. Lihat foto-foto bayi hewan

6 Cara Unik Menyelesaikan Banyak Hal, makin Produktif!ilustrasi anak hewan (pexels.com/Pixabay)

Berdasarkan penelitian Hiroshi Nittono dari Universitas Hiroshima, melihat foto atau video lucu hewan dapat meningkatkan produktivitas kamu, lho. Jadi, gak ada salahnya untuk memperhatikan anak kucing, anjing dan hewan lainnya.

Kamu yang suka melihat konten seperti itu pasti merasakan sendiri 'kan sensasi setelah menontonnya? Perasaan jadi lebih bahagia dan bergairah untuk menjalani hidup.

Sudah paham, kan, bagaimana cara unik menyelesaikan banyak hal? Dengan melakukan cara tersebut, dijamin kerjaanmu selesai dengan baik dan makin produktif!

Baca Juga: Terapkan 5 Prinsip Ini agar Tercipta Hubungan Asmara Sefrekuensi

Alfikri Saga Photo Verified Writer Alfikri Saga

Aktif menulis artikel humor, pengembangan diri, arsitektur, entertainment dan wisata.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya