Comscore Tracker

Lakukan 5 Hal Ini agar Tidak Tegang ketika Berbicara di Depan Publik

Perbanyak latihan sebelum manggung, ya

Presentasi kini menjadi hal yang lazim dilakukan dan semua orang dituntut untuk pandai dalam melakukannya. Baik di lingkungan sekolah maupun pekerjaan, presentasi penting dan menjadi nilai lebih bagi seseorang yang mampu melakukannya dengan baik.

Namun, sering kali rasa gugup berujung pada ketegangan saat melakukan presentasi dan berakhir dengan presentasi yang kacau serta tidak berkesan. Untuk mengurangi rasa gugup dalam diri, berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat presentasi, lho.

Simpel namun bisa membuat perubahan besar dalam presentasi yang kamu lakukan. Apa saja? simak terus, ya!

1. Rajin latihan sebelum naik panggung

Lakukan 5 Hal Ini agar Tidak Tegang ketika Berbicara di Depan PublikPexels.com/AndreaPiacquadio

Latihan menjadi hal mendasar yang wajib dilakukan sebelum melakukan presentasi. Namun, sayangnya hal penting ini kerap kali dilewatkan begitu saja sehingga presentasi dilakukan seadanya dan tidak menarik.

Latihan bisa kamu lakukan dengan banyak membaca terlebih dahulu topik apa yang akan kamu sampaikan. Dengan banyak membaca kamu akan lebih cepat dalam merangkai setiap kalimat yang akan diucapkan sehingga presentasi yang kamu lakukan bisa lebih mudah di mengerti oleh orang lain.

Setelah dirasa cukup dalam membaca, kamu bisa mulai berlatih berbicara sambil melihat cermin untuk meningkatkan dan melatih rasa percaya diri.

2. Tanamkan pikiran bahwa kamu bisa

Lakukan 5 Hal Ini agar Tidak Tegang ketika Berbicara di Depan PublikPexels.com/AndreaPiacquadio

Apa yang akan terjadi sesuai dengan apa yang kamu pikirkan sebelumnya. Hal ini terdengar seperti omong kosong, tapi sebenarnya memiliki pengaruh besar, lho. Pikiran yang muncul akan mengendalikan diri dan menentukan tindakan apa yang diambil selanjutnya. Dengan berpikir bisa, maka presentasi yang kamu lakukan dijamin akan berlangsung dengan lancar tanpa kendala.

Tapi jika kamu berpikir tidak bisa, merasa bodoh, dan selalu menghina diri sendiri karena berpikir tidak mampu, maka siap-siap saja presentasi yang kamu lakukan juga akan kacau. Semua berawal dari pikiranmu sendiri. Jadi mulai sekarang, ubah pola pikirmu menjadi luas, dengan berpikir kalau kamu bisa, ya.

Baca Juga: 5 Tips Public Speaking biar Lancar buat Pemula, Bocoran dari Ahli

3. Jangan membebani diri

Lakukan 5 Hal Ini agar Tidak Tegang ketika Berbicara di Depan PublikPexels.com/AndreaPiacquadio

Ekspektasi yang tinggi dan ingin selalu menjadi yang terbaik terkadang menjadi beban tersendiri dan membuat presentasi berjalan penuh tekanan sehingga tidak bisa menyampaikan keseluruhan topik pembicaraan dengan jelas.

Daripada tegang, cobalah untuk rileks. Cari satu per satu topik yang ingin dibahas, jika tidak paham pelajarilah setenang mungkin dan jangan terlalu menjadikan topik tersebut sebagai beban. Jika kamu rileks, hasilnya pun tidak kalah luar biasa, lho.

4. Percaya pada diri sendiri

Lakukan 5 Hal Ini agar Tidak Tegang ketika Berbicara di Depan PublikPexels.com/AndreaPiacquadio

Percaya pada kemampuan diri merupakan hal yang wajib dilakukan sebelum memulai presentasi. Dengan percaya pada diri sendiri, kamu akan mampu melewati setiap tantangan yang muncul saat mencoba membahas lebih lanjut setiap topik dalam presentasi. Kekuatan dari kepercayaan juga akan mampu menghasilkan presentasi yang berkualitas dan tentunya memiliki kesan penting pada audience.

5. Tersenyum dengan tulus

Lakukan 5 Hal Ini agar Tidak Tegang ketika Berbicara di Depan PublikPexels.com/ThisIsEngineering

Senyum merupakan obat untuk mengurangi rasa tegang yang ada. Senyum juga memberikan kesan menarik dan ramah sehingga audience merasa tertarik pada presentasi yang akan kamu lakukan. Sebelum melakukan presentasi, cobalah untuk lebih tenang dan tersenyum. Dengan senyum yang kamu berikan, presentasimu dijamin akan berlangsung dengan seru dan terasa lebih mudah untuk dilakukan.

Itulah lima hal yang mesti dilakukan agar tidak tegang saat berbicara di depan publik. Jangan lupa untuk melakukan kelima hal tersebut secara rutin agar kamu dapat merasa lebih mudah dalam melakukan presentasi, ya.

Baca Juga: 5 Cara Efektif Menghilangkan Rasa Gugup Ketika Presentasi di Kantor

Alia Azhara Photo Verified Writer Alia Azhara

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya