Comscore Tracker

Waspada, 5 Ciri Rekan Kerja yang Berpotensi Menebar Rumor Tentangmu

Jangan sampai kamu jadi korban rumor selanjutnya

Rekan kerja adalah hal yang pasti akan kamu jumpai saat bekerja di suatu perusahaan. Tentu, setiap rekan kerja mempunyai sifat-sifat yang berbeda satu sama lain. Bila rekan kerjamu memiliki sifat positif, pastinya hal ini tidak akan jadi masalah. Yang perlu diwaspadai adalah rekan kerja yang punya sifat buruk atau negatif. 

Salah satunya adalah rekan kerja yang suka menebar rumor. Bukan bermaksud untuk berprasangka buruk, namun alangkah baiknya kalau kamu dapat mewaspadai rekan kerjamu bila ada yang suka menebar rumor. Lalu, apa ciri kalau kalau rekan kerjamu juga berpotensi menebar rumor tentangmu? Yuk kita simak!

1. Dia senang membicarakan keburukan orang lain

Waspada, 5 Ciri Rekan Kerja yang Berpotensi Menebar Rumor Tentangmuunsplash.com/You X Ventures

Pastinya, orang yang suka menebar rumor juga senang membicarakan keburukan orang lain. Dengan kata lain, ia punya kebiasaan menggosip rekan kerjamu yang lainnya. Kebiasaan buruk dan tidak terpuji ini seakan-akan sudah mendarah daging dalam dirinya. 

Kalau di depanmu saja ia berani membicarakan segudang hal buruk tentang orang lain, bukan tidak mungkin ia juga akan membicarakan keburukanmu di kemudian hari. Apalagi bila rumor dan keburukan yang ia lontarkan sama sekali tidak benar dan berujung dengan fitnah. Duh, kamu harus waspada dan ekstra hati-hati nih!

2. Ia adalah penjilat yang ulung

Waspada, 5 Ciri Rekan Kerja yang Berpotensi Menebar Rumor Tentangmupexels.com/Rebrand Cities

Bila selama kamu bekerja, kamu telah melihat dan mengenal kalau ternyata rekan kerjamu adalah seorang penjilat yang ulung, maka kamu juga harus hati-hati lho. Ia adalah seseorang yang bermuka dua dan suka berpura-pura baik hanya di depan bos atau atasan dengan tujuan tertentu.

Mungkin saja, ia menggunakan segala cara untuk menjatuhkan rekan kerjanya yang lain, termasuk dirimu. Ya, salah satunya dengan menebar rumor-rumor yang sudah pasti tidak bisa ia pertanggung jawabkan. Jadi, jangan anggap remeh bila rekan kerjamu punya sifat yang tidak baik, ya.

Baca Juga: 5 Tips Jitu dan Cerdas Menghadapi Rekan Kerja ‘Cari Muka’, Waspada!

3. Bukan saingan, ia lebih menganggapmu sebagai musuh

Waspada, 5 Ciri Rekan Kerja yang Berpotensi Menebar Rumor Tentangmuunsplash.com/You X Ventures

Bersaing secara sehat dengan rekan kerja adalah hal yang wajar. Tidak ada yang salah dengan itu, sebab sikap kompetitif memang diperlukan agar dapat mengembangkan kualitas dan kemampuan diri.

Nah, yang menjadi masalah adalah kalau kamu punya rekan kerja yang menganggapmu sebagai musuh, bukan sebagai kompetitor atau saingan. Kamu harus selalu waspada ya, bukan berburuk sangka namun untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tak diinginkan.

4. Kamu tahu kalau sudah ada orang lain yang jadi korbannya

Waspada, 5 Ciri Rekan Kerja yang Berpotensi Menebar Rumor Tentangmupexels.com/fauxels

Jika kamu mengetahui berdasarkan bukti atau kenyataan yang ada, sudah ada orang lain yang jadi korban dari rumor yang ia tebar, maka kamu juga wajib untuk berhati-hati. Coba lihat, apakah rekan kerjamu yang sebelumnya menebar rumor sudah benar-benar berubah dan menyesalinya?

Bila belum, maka itu artinya ia masih berpotensi untuk menebar rumor tentang orang lain, termasuk tentang dirimu. Ya, bukan berarti kamu harus memperlakukannya dengan tidak baik, sebaiknya bersikap seperti biasa saja dan tetap waspada. Mudah-mudahan, ia bisa menyadari kesalahannya dan berubah menjadi pribadi yang lebih baik.

5. Apalagi kalau sebelumnya ia pernah menebar rumor tentang dirimu

Waspada, 5 Ciri Rekan Kerja yang Berpotensi Menebar Rumor Tentangmuunsplash.com/Christian Fregnan

Tak bermaksud untuk berprasangka buruk, namun bila ternyata kamu sudah pernah menjadi korban rumor dan rekan kerjamulah yang menebar rumor tersebut, bukan berarti ia tidak akan melakukannya lagi, 'kan? 

Jika memang terbukti bahwa rekan kerjamu pernah menebar rumor tak sedap tentangmu, maka sebaiknya kamu menasihatinya dulu baik-baik. Bila ia tidak mau mengerti dan menyesalinya, maka pilihan ada di tanganmu entah kamu akan bersikap tegas atau langsung menjauhinya.

Jadi, itulah kelima ciri rekan kerja yang berpotensi menebar rumor tentang dirimu. Tetap waspada dan bersikap bijak dalam menghadapi rekan kerjamu, ya!

Baca Juga: Tidak Profesional, 6 Kebiasaan Ini Bikin Kamu Dibenci Rekan Kerja

Frederick K Photo Community Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You