Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Kurang Menghargai Pencapaianmu Sendiri, Sayang Banget!

Banyak cara positif untuk menghargai pencapaian sendiri

Biasanya perasaan bangga akan ikut muncul saat sudah berhasil meraih suatu pencapaian. Lalu, apakah perasaan bangga tersebut sama dengan perasaan menghargai?

Bangga dengan pencapaian sendiri tentu sangat boleh ya. Hanya saja, kita juga sangat perlu menghargai hasil pencapaian sendiri. Sebab jika kamu memiliki lima tanda berikut, itu artinya kamu masih kurang menghargai pencapaianmu sendiri. Yuk kita simak! 

1. Enggan meluangkan waktu untuk beristirahat, bahkan saat sudah mencapai keberhasilan

5 Tanda Kamu Kurang Menghargai Pencapaianmu Sendiri, Sayang Banget!pexels.com/Andrea Piacquadio

Hargailah pencapaianmu dengan tetap memberikan waktu yang cukup untuk beristirahat. Meski sangat sibuk, jangan pernah lupa untuk memperhatikan kesehatanmu sendiri ya.

Mungkin saat belum berhasil, kamu sering memaksakan diri sampai-sampai hampir tak ada waktu untuk beristirahat. Tentu saja hal ini tidak baik bagi kesehatan. Jangan sampai saat sudah berhasil pun, kamu masih mengabaikan kesehatan sendiri. Itu artinya kamu belum menghargai pencapaianmu sendiri. 

2. Menganggap kalau "me time" bukanlah hal yang penting

5 Tanda Kamu Kurang Menghargai Pencapaianmu Sendiri, Sayang Banget!pexels.com/Andrea Piacquadio

Me time, bukan hanya berbicara tentang istirahat yang diperlukan oleh diri sendiri. Ya, meski me time sering ditujukan untuk istirahat sejenak, banyak aktivitas atau kegiatan positif yang dapat dilakukan selama me time.

Misalnya saja mengisi waktu luang dengan menekuni hobi yang bermanfaat. Jadi, me time itu juga sangat penting lho sebagai bentuk penghargaan atas pencapaian sendiri. 

3. Sering tergoda untuk menyombongkan semua hasil pencapaian 

5 Tanda Kamu Kurang Menghargai Pencapaianmu Sendiri, Sayang Banget!unsplash.com/LinkedIn Sales Navigator

Sungguh sangat disayangkan jika semua hasil pencapaianmu digunakan untuk menyombongkan diri.

Bukankah kesombongan itu sama saja dengan tidak menghargai pencapaianmu sendiri? Jadi, jangan biarkan dirimu tergoda untuk menyombongkan hasil pencapaian sendiri yang sesungguhnya hanya membuang-buang waktu. 

Baca Juga: Agar Gak Mudah Mengeluh, Ini 5 Alasan Kamu Perlu Merefleksi Pencapaian

4. Memanfaatkan hasil pencapaian untuk tujuan yang tidak tepat

5 Tanda Kamu Kurang Menghargai Pencapaianmu Sendiri, Sayang Banget!pexels.com/Mike Greer

Hasil pencapaian itu bisa terlihat dalam banyak bentuk, entah itu dalam bentuk materi, ilmu, jabatan dan masih banyak lagi.

Nah, sebaiknya hasil pencapaian itu dimanfaatkan dengan tujuan yang tepat agar semakin baik dan bermanfaat. Jika hasil pencapaianmu ditujukan untuk hal yang tidak tepat maka mungkin saja akan menjadi hal yang merugikan diri sendiri, lho. 

5. Tidak berinisiatif untuk terus mengembangkan hasil pencapaian yang sudah ada

5 Tanda Kamu Kurang Menghargai Pencapaianmu Sendiri, Sayang Banget!pexels.com/Andrea Piacquadio

Boleh-boleh saja puas dengan hasil pencapaian sendiri, namun sebaiknya jangan langsung berhenti sampai di situ saja ya.

Sebab, menghargai pencapaian sendiri juga dapat dilakukan dengan terus mencoba untuk mengembangkan hasil pencapaian yang sudah ada. Mungkin memang tidak mudah, tapi tak ada salahnya kok untuk terus mencoba menjadi lebih baik lagi. 

Jadi, itulah kelima tanda kalau kamu kurang menghargai pencapaianmu sendiri. Coba deh pikirkan dengan baik, kalau bukan diri kita yang paling menghargai hasil pencapaian sendiri, siapa lagi orang yang akan melakukannya? Semoga bermanfaat! 

Baca Juga: 7 Alasan Kenapa Gak Perlu Memamerkan Pencapaian Kita kepada Orang Lain

Frederick K Photo Verified Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya