Comscore Tracker

Sudah Jengah tapi Gak Bisa Resign? Kuatkan Dirimu dengan 5 Cara Ini

Kamu kudu kuat!

Ada banyak hal yang membuat seseorang tak betah menjalani pekerjaannya. Lingkungan kerja yang tak sehat, perlakuan tak menyenangkan dari bos atau rekan kerja, hingga masalah upah yang tak sepadan dengan beban kerja kerap menjadi pemicu munculnya keinginan untuk resign alias mengundurkan diri.

Namun kendati sangat ingin, bagi sebagian orang resign bukanlah solusi yang realistis untuk diambil dalam waktu dekat. Entah karena masih ada tanggung jawab yang harus diselesaikan atau merasa harus bertahan karena baru beberapa bulan bekerja, seseorang terkadang lebih memilih untuk tetap menjalani pekerjaan yang dibencinya alih-alih segera resign.

Nah jika kamu sedang berada di situasi yang sama dan tak tahu harus berbuat apa, berikut hal-hal positif yang dapat kamu lakukan agar dapat tetap semangat meski sudah tak kerasan di tempat kerja.

1. Mengikuti kegiatan lain di luar kantor

Sudah Jengah tapi Gak Bisa Resign? Kuatkan Dirimu dengan 5 Cara Inithenannydoctor.com

Mengikuti kegiatan lain akan mengalihkan perhatianmu dari segala hal tak menyenangkan yang terjadi di kantor. Kamu dapat mengikuti kegiatan akhir pekan seperti volunteering dan workshop atau bergabung di komunitas tertentu.

Selain baik untuk mengalihkan pikiran, mengikuti kegiatan-kegiatan ini juga dapat membantumu memperluas jaringan pertemanan.

Namun jika kamu tidak terlalu suka pergi ke tempat ramai, mengambil pekerjaan freelance atau menekuni hobi dapat kamu jadikan pilihan untuk melepaskan pikiran sejenak dari penderitaanmu yang sekarang.

2. Menuliskan hal-hal positif di buku catatan

Sudah Jengah tapi Gak Bisa Resign? Kuatkan Dirimu dengan 5 Cara Inipexels/Lisa Fotios

Mungkin ini akan terasa sulit, tapi cobalah memikirkan sesuatu yang positif dari pekerjaanmu. Ini akan sangat membantumu mengurangi rasa stres, terutama karena kamu berencana akan bertahan selama beberapa waktu ke depan.

Pikirkan hal-hal positif dari aspek yang paling kecil sekalipun. Misalnya kamu menyukai jarak kantor yang dekat dari rumah sehingga tak perlu macet-macetan di jalan, atau ruang kerjamu yang pemandangannya bagus, atau apapun.

Jangan lupa tuliskan semua itu di buku catatan agar kamu dapat membacanya lagi sewaktu-waktu. Dengan begitu, pikiranmu akan tetap fokus pada hal-hal positif.

Baca Juga: 7 Tanda Ini Membuatmu Harus Memilih: Bertahan atau Resign Kerja

3. Mempelajari ilmu baru

Sudah Jengah tapi Gak Bisa Resign? Kuatkan Dirimu dengan 5 Cara Inipexels/Bruce Mars

Seperti poin pertama, mempelajari ilmu baru juga akan membuatmu lupa sejenak dengan penderitaan yang sedang kamu alami di tempat kerja.

Kamu dapat memilih ilmu yang nantinya bisa kamu jadikan nilai tambah saat melamar pekerjaan baru atau bahkan ilmu yang membukakan peluang untukmu memulai bisnis sendiri.

4. Memperbarui resume

Sudah Jengah tapi Gak Bisa Resign? Kuatkan Dirimu dengan 5 Cara Iniunsplash/Burst

Meski kamu belum bisa resign dalam waktu dekat, cobalah untuk mempersiapkan resume dari sekarang.

Hal ini akan membuatmu merasa lebih baik karena alih-alih menangisi nasib, kamu memilih fokus mempersiapkan diri untuk mencari pekerjaan yang lebih baik. 

5. Menentukan "batas waktu"

Sudah Jengah tapi Gak Bisa Resign? Kuatkan Dirimu dengan 5 Cara Inipexels/Pixabay

Tidak bisa dipungkiri, kenyataan bahwa kamu harus bertahan di pekerjaan yang tak memberi kebahagiaan memang akan membuatmu semakin tertekan hingga berujung frustasi. 

Oleh karena itu, kamu perlu meyakinkan diri bahwa keadaan ini tidak akan berlangsung selamanya. Misalnya dengan menargetkan tanggal resign, meski itu 4 atau 6 bulan lagi. Hal ini dapat memberimu suntikan semangat karena setiap hari kamu akan mendapati hari resign yang kamu nanti-nantikan semakin dekat.

Menjalani pekerjaan yang tidak membuat kerasan memang akan sangat menguras energi. Namun dengan melakukan hal-hal diatas, semoga kamu dapat merasa lebih baik hingga hari resign tiba, ya. Semangat!

Baca Juga: 5 Kegiatan yang Membuatmu Tetap Produktif Meski Sudah Resign

Friska Zrt Photo Writer Friska Zrt

a tree hugger

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya