Comscore Tracker

Penuh Toxic People, Ini 5 Tanda Suasana Kantormu Mulai Gak Sehat

Introspeksi diri harus ada pada setiap individu

Rekan kerja merupakan keluarga kedua bagi seorang karyawan, karena, setiap hari selalu bertemu dan bekerja bersama-sama dalam lingkungan yang sama. Hal itu, membuat kita mendambakan kenyamanan di tempat kerja dan kekompakan antar sesama teman kerja.

Namun, situasi di tempat kerja tidak selalu menyenangkan bahkan berbanding terbalik dengan yang kita harapkan. Sehingga kita sering merasa tertekan, malas masuk kantor, hingga klimaksnya, kita ingin segera resign dan mencari pekerjaan baru, meski kita tahu itu tidak mudah.

Nah, sebelum situasi kantormu semakin darurat hingga level siaga yang bikin kamu gak sehat baik secara fisik maupun mental, kenali tanda-tanda berikut.

1. Pimpinan yang otoriter

Penuh Toxic People, Ini 5 Tanda Suasana Kantormu Mulai Gak Sehatdramabeans.com

Pimpinan yang otoriter akan mempengaruhi kinerja semua karyawan menjadi kurang produktif, karena pimpinan yang punya karakter seperti itu, cenderung memberikan perintah yang sewenang-wenang dan tidak sesuai dengan kapasitas karyawannya.

Sikap otoriter dari seorang pimpinan tersebut akan membuat semua karyawan tertekan dan membuat situasi kantor menjadi sangat tidak nyaman.

2. Adanya dualisme kepemimpinan yang sama-sama toxic

Penuh Toxic People, Ini 5 Tanda Suasana Kantormu Mulai Gak Sehatpexels/rawpixel

Dualisme kepemimpinan akan membuat situasi kantor semakin runyam, pasalnya, akan terjadi perang ego antar kedua pemimpin. Bukannya saling memikirkan keberlanjutan perusahaan, situasi saling adu argumen untuk membuktikan siapa yang pantas jadi pemimpin pun tak dapat dihindari. Kacau banget, kan?

Baca Juga: Buang Energi, Ini 7 Jenis Toxic People yang Harus Kamu Hindari

3. 'Penjilat' di mana-mana

Penuh Toxic People, Ini 5 Tanda Suasana Kantormu Mulai Gak Sehatpexels/bruce mars

Sebenarnya, loyalitas itu wajib dimiliki setiap karyawan, namun, jika loyalitas muncul hanya ketika ada atasan dan semata-mata hanya untuk mendapat pujian dan peningkatan penilaian kerja dari atasan, maka itu bukan lagi loyalitas, melainkan sikap sang 'penjilat'.

Suasana kantor pun menjadi forum persaingan yang tak sehat, karena, semua berlomba-lomba menampilkan loyalitas palsunya kepada sang atasan, duh, ngeri kan?

4. Tidak ada satupun role model yang bisa jadi motivator

Penuh Toxic People, Ini 5 Tanda Suasana Kantormu Mulai Gak Sehatpexels/rawpixel

Visi misi perusahaan dapat tercapai ketika semua punya komitmen untuk bekerja semaksimal mungkin, namun, ketika komitmen tersebut sudah tidak ada dalam diri setiap karyawan, atau bahkan pimpinan.

Maka, tak ada satupun role model sebagai motivator untuk bekerja secara profesional. Semua bekerja hanya karena tuntutan waktu dan tugas, tanpa berusaha mewujudkan visi misi perusahaan.

5. Saling menjatuhkan satu sama lain

Penuh Toxic People, Ini 5 Tanda Suasana Kantormu Mulai Gak Sehatpexels/rawpixel

Saling kritik ataupun saling silang pendapat sangat lumrah terjadi di kantor, namun, ketika kritikan itu bukan berupa kritikan yang membangun, dan hanya berpendapat untuk menjatuhkan sesama rekan kerja, tanpa bertujuan mencari solusi, perdebatan panjang tanpa titik temu pun akan terjadi.

Suasana panas pun akan terjadi, ketika tidak ada satu pihak yang dapat memilih dan memilah, mana kritikan menjatuhkan yang hanya perlu ditanggapi dengan senyum, dan mana kritikan membangun yang perlu ditanggapi untuk ditindak lanjuti.

Ketika situasi di tempat kerja berubah menjadi suasana tidak nyaman hingga membuat para karyawannya menjadi tertekan, maka, situasi darurat tersebut harus segera di perbaiki.

Mengadakan rapat intern untuk saling berbicara jujur dari hati ke hati, makan malam tim hingga sering mengadakan liburan bersama menjadi salah satu solusi agar tercipta kekompakan dan kekeluargaan antar satu sama lain.

Jadi, gimana nih guys? Kantormu aman tanpa perlu evakuasi, kan?

Baca Juga: 8 Tips Mudah yang Membuat Kamu Selalu Nyaman Kerja di Kantor

Yuli Soewito Photo Verified Writer Yuli Soewito

Kapan tubuhmu belajar kerja keras kalau bukan sekarang?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya