Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Disadari oleh Anak Muda Sekarang, Penting Banget!

Sadari ini sebelum terlambat

Anak muda adalah usia dimana seseorang masih belajar dalam mengembangkan dirinya. Faktor dari lingkungan yang jadi tantangan bagi mereka dalam mengeksplor dirinya.

Namun, ada beberapa hal yang harus disadari oleh anak muda dari sekarang sebelum terlambat, dan biasanya hal-hal ini paling umum terjadi di sekitar kita. Lantas, apa saja hal-hal yang dimaksud yang perlu kita sadari?

1. Pilih-pilih teman itu penting banget 

5 Hal yang Harus Disadari oleh Anak Muda Sekarang, Penting Banget!ilustrasi pertemanan (pexels.com/Ivan Samkov)

Anak muda harus sadar bahwa pilih-pilih teman itu penting banget. Harus bisa memilih teman yang baik untuk kita jadikan teman, jangan sampai memilih teman yang toxic hingga membawa diri kita ke jalan yang tidak baik. Tetaplah berteman dengan siapa saja, asalkan bisa menyaring pertemanan yang positif vibes.

Memiliki lingkungan pertemanan yang positif, dirimu akan jadi terbawa positif juga. Misalkan kamu berada di lingkungan orang-orang yang pintar, kamu akan ketularan pintarnya juga oleh mereka. Atau berada di lingkungan orang-orang sukses, kamu pasti akan ikut sukses juga sama seperti mereka.

2. Ikutin gaya hidup orang lain itu toxic 

5 Hal yang Harus Disadari oleh Anak Muda Sekarang, Penting Banget!ilustrasi berkumpul bersama teman (pexels.com/olia danilevich)

Hal yang harus disadari selanjutnya adalah ngikutin gaya hidup orang lain itu ternyata gak baik, lho. Terlebih jika kamu memaksakan dirimu harus dituntut untuk bisa sama dengan mereka, dan segaya dengan mereka, justru itu semua bikin toxic bagi dirimu sendiri. Kamu yang gak pernah nyaman dan bahagia dengan adanya tuntutan gaya hidup orang lain seperti itu.

Jangan lakukan itu jika kamu tidak bisa melakukannya. Biarkan kamu jadi versi dirimu saja, lakuin gaya sesuka hatimu, semuanya gak harus sama ngikutin orang lain. Jadilah yang berbeda dari orang lain dengan versi dirimu, justru akan terlihat unik dan memikat, dan kamu pun merasa bahagia melakukannya.

3. Kesuksesan itu gak selalu dilihat dari angka 

5 Hal yang Harus Disadari oleh Anak Muda Sekarang, Penting Banget!ilustrasi bahagia (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Orang-orang harus lebih sadar kalau kesuksesan itu tidak selalu dilihat dari angka saja. Kebanyakan orang menyimpulkan sukses itu adalah orang yang punya kekayaan dan berhasil mencetak angka yang besar. Definisi sukses yang sebenarnya bukanlah seperti itu, melainkan sukses adalah sebuah keberhasilan dalam berbagai aspek. Lebih sederhananya, kamu yang tadinya gak bisa jadi bisa, itulah kesuksesan.

Misalnya, dulu kamu mengira jadi penulis itu sulit, tapi seiring berjalannya waktu kamu justru diarahkan jadi suka nulis cerpen, puisi dan sebagainya, alhasil kamu sadar itu keberhasilan dirimu yang awalnya mustahil jadi penulis tapi bisa juga. Sukses didapatkan dari suatu hal kecil yang bisa membuahkan hasil bagi dirimu.

Baca Juga: 5 Kunci Sukses dalam Berkarier ala Angela Tanoesoedibjo, Catat!

4. Berani meminta maaf itu keren banget 

5 Hal yang Harus Disadari oleh Anak Muda Sekarang, Penting Banget!ilustrasi pelukan karena minta maaf (pexels.com/Anna Shvets)

Anak muda harus sadar kalau meminta maaf itu sangat baik untuk dilakukan oleh siapa saja. Meminta maaf bisa mengajarkan kita untuk bertanggung jawab dan melatih sikap kita lebih baik.

Jika merasa punya salah sama seseorang, jangan sungkan untuk meminta maaf, datanglah ke orangnya dan ucapkan maaf yang tulus kepadanya. Perlu diingatkan lagi bahwa meminta maaf itu bukanlah suatu hal yang lemah, melainkan suatu hal yang keren jika kita salah lalu segera meminta maaf, itu sangat berdedikasi tinggi.

5. Berhenti ngejar orang yang gak peduli sama kamu 

5 Hal yang Harus Disadari oleh Anak Muda Sekarang, Penting Banget!ilustrasi wanita (pexels.com/juan mendez)

Hal terakhir yang harus disadari anak muda yaitu berhentilah mengejar orang yang gak peduli sama kamu. Sebagian dari kita pasti pernah mati-matian mengkhawatirkan orang yang gak baik ke kita. Terlalu memikirkan perkataan orang lain yang suka nge-judge kita, sampai kita kurang memperhatikan keadaan sendiri.

Harus lebih tersadarkan bahwa hal itu sangat membebani kita sendiri, jikalau masih terus ngejar orang yang gak pedulian sama kamu. Cukup lepaskan orang-orang semacam itu, jangan dipikirin lagi, sebaiknya pikirkan kebahagiaanmu sendiri, fokus melakukan hal yang kamu sukai untuk masa depan.

Daripada berlarut-larut ngejar orang yang salah, sehingga kesannya membuang waktu mu sia-sia. Yuk, kejarlah kebahagiaanmu sendiri.

Sudah sadarkah apa saja yang harus dan gak boleh dilakukan oleh anak muda sekarang? Semua hal itu adalah nasihat penting untuk kita semua agar kembali ke jalan yang benar.

Baca Juga: 5 Tips biar Gak Minder saat Bertemu Teman yang Lebih Sukses

Gebialya R. Photo Verified Writer Gebialya R.

Learning is the basis of life.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya