Comscore Tracker

8 Prospek Karier Lulusan Perhotelan, Gak Cuma Kerja di Hotel

Ternyata gak cuma bekerja di hotel lho!

Apa sih yang terlintas di pikiranmu saat mendengar kata perhotelan? Pasti kamu akan berpikir, lulusan perhotelan hanya bisa bekerja di hotel. Selain itu, masih banyak orang yang menganggap remeh jurusan ini. Hal itu seakan sudah melekat bagi para lulusan perhotelan. Padahal, jurusan ini tidak hanya membuat para mahasiswanya untuk bekerja di hotel saja lho!

Lingkup karier di bidang ini sebenarnya lumayan luas untuk bisa kamu tekuni dan dijadikan sumber penghasilanmu nantinya. Yuk, simak prospek karier apa yang bisa dipilih oleh lulusan perhotelan!

1. Manager Restoran

8 Prospek Karier Lulusan Perhotelan, Gak Cuma Kerja di Hotelunsplash/Austin Distel

Bukan hanya perusahaan saja yang membutuhkan manager. Sebuah restoran juga pastinya membutuhkan manager untuk mengatur dan mengawasi jalannya operasional setiap harinya.

Gak cuma itu, manager restoran juga punya hak untuk memecat dan merekrut karyawan, menghadapi tamu secara langsung, hingga mengawasi kebutuhan dapur secara langsung.

2. Event dan Wedding Sales Manager

8 Prospek Karier Lulusan Perhotelan, Gak Cuma Kerja di Hotelunsplash/Amy Hirschi

Lulusan perhotelan ternyata gak hanya bisa bekerja di hotel saja lho! Lulusan ini juga bisa jadi sales manager untuk mengatur event dan wedding. Pasalnya, hotel seringkali dijadikan pilihan untuk tempat mengadakan berbagai acara, seperti pesta pernikahan, pesta ulang tahun dan lain sebagainya.

Berbagai posisi yang bisa kamu lakukan di antaranya event coordinator/manager, wedding coordinator/planner/sales manager, atau banquet sales manager.

3. Food and Beverage Manager

8 Prospek Karier Lulusan Perhotelan, Gak Cuma Kerja di Hotelimdb.com/David Lee

Kamu uka dengan bidang kuliner tapi gak punya keahlian untuk memasak? Mungkin food and beverage manager bisa dijadikan pilihan karier kamu nih! Setiap hotel pasti akan membutuhkan F&B manager untuk mengatur operasional dapur dan menetapkan standar kualitas makanan untuk disajikan kepada tamu.

Selain itu, kamu juga bisa mengembangkan pilihan menu yang akan disajikan. F&B manager gak hanya dibutuhkan di hotel saja, di restoran dan kapal pesiar juga membutuhkan posisi ini untuk mengatur makanan yang akan disajikan pada para tamu.

Baca Juga: 10 Universitas Tertua di Dunia, Ada yang Lebih dari Seribu Tahun Lho

4. Food and Beverage Service

8 Prospek Karier Lulusan Perhotelan, Gak Cuma Kerja di Hotelunsplash/Petr Sevcovic

Food and beverage serving juga menjadi salah satu prospek dari lulusan perhotelan nih. F&B serving sangat dibutuhkan di restoran dan hotel untuk mengantarkan pesanan makanan ataupun minuman kepada para tamu. Dalam menyajikan makanan, juga gak sembarangan lho!

Para F&B serving ini sudah mempelajari bagaimana cara menyajikan makanan kepada para tamu sesuai dengan standar yang ada. Seorang F&B serving juga dituntut untuk bisa menjelaskan setiap detail makanan yang ditawarkan oleh restoran ataupun hotel. Agar tamu tahu apa saja makanan yang disajikan 

5. Wirausahawan Perhotelan atau Restoran

8 Prospek Karier Lulusan Perhotelan, Gak Cuma Kerja di Hotelunsplash/CoWomen

Siapa bilang lulusan perhotelan tidak bisa menjadi pemimpin? Gak selamanya lulusan ini hanya berkarier sebagai pegawai hotel ataupun restoran saja. Kamu juga bisa menjadi seorang pebisnis di bidang penginapan.

Untuk menjadi wirausahawan perhotelan  pasti kamu harus mengetahui bagaimana sistem mengatur perhotelan ataupun restoran, strategi apa yang bisa kamu jalani untuk membuat bisnis hotel dan restoranmu menjadi sukses. Hal-hal itu bisa kamu pelajari di jurusan perhotelan.

6. Chef

8 Prospek Karier Lulusan Perhotelan, Gak Cuma Kerja di Hotelimdb.com/The Weinstein Company

Buat kamu yang punya hobi memasak dan ingin berkarier sebagai seorang chef, kamu bisa nih masuk ke jurusan perhotelan. Di jurusan ini, gak cuma diajarkan bagaimana mengatur sebuah hotel saja, tapi juga akan diajarkan bagaimana cara membuat makanan.

Bahkan, kamu juga diajari cara menata makanan agar terlihat sempurna dan memiliki kesan artistik untuk disajikan kepada para tamu. Menarik kan?

7. Barista

8 Prospek Karier Lulusan Perhotelan, Gak Cuma Kerja di Hotelunsplash/Ali Yahya

Jika kamu sering pergi ke kedai kopi ataupun restoran, pasti kamu pernah melihat orang khusus menyajikan kopi. Orang itu disebut dengan barista. Dalam jurusan perhotelan, kamu akan diajarkan bagaimana teknik dan cara yang dilakukan meracik kopi seperti espresso, latte, cappuccino dan masih banyak lagi.

Selain itu, kamu juga bisa mempelajari cara menggambar di minuman yang kamu buat agar terlihat menarik. Seru banget ya?

8. Patissier

8 Prospek Karier Lulusan Perhotelan, Gak Cuma Kerja di Hotelinternationalculinarystudio.com

Gemar membuat kue ataupun dessert? Mungkin kamu bisa mengembangkan hobi dalam pembuatan pastry dengan mengambil jurusan perhotelan nih. Gak hanya membuat para lulusannya bekerja di hotel, tapi kamu juga bisa lho jadi seorang pattisier.

Pattisier itu sama seperti chef, tapi mereka lebih fokus dalam membuat dessert ataupun kue. Seperti kue ulang tahun, kue untuk pernikahan, dan jenis makanan manis lainnya. Dengan ilmu yang sudah didapat, kamu juga bisa nih membuat toko kue sendiri untuk menjual hasil kue buatanmu.

Itulah beberapa prospek lulusan perhotelan. Jadi, kamu tertarik untuk berkarier di bidang perhotelan?

Baca Juga: 5 Cara Cerdas Sukses dengan Gadget Di Usia 20-an bagi Fresh Graduate

Topic:

  • Geralda Talitha
  • Pinka Wima

Just For You