Comscore Tracker

Lakukan Cara Elegan Ini untuk Menghadapi Persaingan di Kantor

Kuncinya adalah percaya diri dan jadi diri sendiri

Dalam dunia kerja, tidak jarang kita akan bertemu dengan persaingan antar rekan kerja di kantor. Munculnya persaingan, biasanya didasari sikap ambisius para karyawan untuk menjadi yang terbaik di antara rekannya yang lain. Namun ada juga, beberapa orang yang mengalami beban ketika harus mengalami persaingan antar rekan kerjanya. Hal itu bisa membuat produktivitas kerja semakin menurun.

Persaingan khususnya dalam pekerjaan, sebenarnya bisa dihadapi secara sehat. Lalu apa yang harus kita lakukan agar menghadapi persaingan dengan cara yang positif? Berikut hal-hal yang bisa dilakukan untuk menghadapi persaingan di kantor 

1. Berpikir positif menjadi kunci utama yang harus kamu miliki

Lakukan Cara Elegan Ini untuk Menghadapi Persaingan di Kantorpexels.com/bruce mars

Langkah awal yang bisa kamu lakukan adalah selalu berpikir positif tentang persaingan yang sedang kamu hadapi. Kamu harus memiliki pemikiran, bahwa persaingan bukanlah suatu hal yang akan merugikan dirimu. Sebaliknya, bahwa persaingan merupakan hal yang wajar dan bagus untukmu, rekan kerja dan kinerja perusahaan.

Selain itu, persaingan juga bisa memberikan dampak yang postitif terhadap dirimu dan kariermu ke depannya. Karena dengan adanya persaingan, akan membuatmu bisa mengeluarkan kemampuan terbaik yang kamu punya. 

2. Jangan fokus terhadap kemampuan orang lain! Tingkatkan kemampuan yang kamu miliki

Lakukan Cara Elegan Ini untuk Menghadapi Persaingan di Kantorpexels.com/burst

Untuk membuat persaingan menjadi sehat, kamu harus memiliki keyakinan bahwa kamu memiliki kemampuan, yang belum tentu dimiliki oleh rekan kerjamu. Jangan memiliki pemikiran yang berlebih tentang kemampuan orang lain, yang mungkin saja bisa menghambat kinerjamu di kantor. Supaya kemampuanmu terlihat menonjol, kamu harus memiliki rasa percaya diri terhadap skill yang kamu miliki.

Cara-cara lain yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuanmu adalah dengan mencoba untuk mengikuti pelatihan-pelatihan yang dapat membantu mengembangkan skill yang kamu miliki. 

3. Bersikap professional juga penting!

Lakukan Cara Elegan Ini untuk Menghadapi Persaingan di Kantorpexels.com/Christina Morillo

kemampuan yang harus kamu miliki dalam menghadapi persaingan adalah dengan bersikap profesional. Tidak banyak orang yang bisa menanamkan sikap profesional dalam dirinya ketika dihadapkan dengan persaingan di tempat kerja. Kalau kamu sedang ada masalah pribadi, jangan pernah membawa masalah yang sedang kamu alami ke tempat kerjamu.

Kalau hal itu sampai terjadi, maka bukan kamu saja yang akan terkena masalah, tapi itu akan berdampak pada pekerjaan, rekan kerja bahkan bisa berpengaruh terhadap perusahaan. Jadi berusahalah untuk bersikap profesional, walaupun itu sulit kamu sedang memiliki masalah.

Baca Juga: 5 Tanda Ini Menunjukkan Atasanmu Toxic Leadership, Ketahui Sejak Dini!

4. Cobalah untuk lebih inisiatif

Lakukan Cara Elegan Ini untuk Menghadapi Persaingan di Kantorpexels.com/mentatdgt

Persaingan adalah peluang untuk menonjolkan kemampuan yang kamu miliki. Sikap inisiatif terhadap pekerjaan bisa menjadi langkah tepat untuk tujuan tersebut. Tidak ada salahnya bersikap insiatif terhadap atasan.

Hal itu bukan untuk menunjukkan sikap ingin mencari perhatian terhadap bosmu. Tapi hal itu perlu kamu lakukan agar kamu tidak menyia-nyiakan waktu yang kamu miliki ketika kamu sudah menyelesaikan pekerjaan sebelumnya.

Mintalah pekerjaan tersebut dengan tulus kepada atasanmu, bukan karena kamu mengharapkan sesuatu seperti pujian ataupun hal lainnya. Ingat, niat yang baik akan menghasilkan yang baik pula 

5. Bekerja sama dengan pesaing bisa membuat kamu dan rekanmu berkembang lebih baik

Lakukan Cara Elegan Ini untuk Menghadapi Persaingan di Kantorpexels.com/Oleg Magni

Jangan menganggap pesaing sebagai orang yang akan menghambat kariermu! Dalam dunia kerja, kerjasama adalah hal yang paling utama dan ketika bekerja sama kamu tidak boleh membedakan rekan-rekan setim mu di kantor. Walaupun kamu merasa tidak cocok dengan rekanmu, tapi cobalah untuk selalu bersikap baik kepadanya. Jangan menunjukkan sikap bahwa kehadirannya menganggumu.

Jika pesaingmu kesulitan terhadap suatu hal yang sedang dikerjakan, kamu bisa membantu rekan kerjamu dalam pekerjaannya. Hilangkan rasa takut untuk tersaingi di dalam dirimu, karena mungkin saja suatu saat kamu memerlukan bantuannya kelak. Dengan bekerjasama, bisa membantu kamu dan rekan kerjamu berkembang menjadi lebih baik lagi. 

6. Selalu berikan yang terbaik

Lakukan Cara Elegan Ini untuk Menghadapi Persaingan di Kantorpexels.com/CoWomen

Kita tidak diharuskan untuk mengikuti atau menjadi seperti yang diinginkan orang lain terhadap diri kita. Jangan terlalu menghiraukan orang-orang yang merendahkan kemampuanmu atau menganggap remeh dirimu.

Sikap yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi itu semua adalah dengan cara, selalu memberikan yang terbaik dari kemampuan yang kamu miliki. Karena yang tahu apa yang terbaik untuk dirimu adalah kamu sendiri, bukan orang lain. 

Itulah sikap yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi persaingan di kantor. Selamat Mencoba!

Baca Juga: Ini 5 Manfaat Penting Mengambil Jeda Sejenak di Sela Kesibukan Kerja

Topic:

  • Geralda Talitha
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya