Comscore Tracker

4 Pekerjaan Keren yang Cocok Banget Buat si Kutu Buku

Nomor 3 asyik juga nih. Malah bisa dapat buku juga

Sebagai seorang kutu buku, tentu buku sudah menjadi bagian penting dari hidupmu. Lembaran-lembaran kertas berisikan tulisan tersebut merupakan sahabat terbaik yang kamu miliki.

Tak sama dengan aktivitas lain yang kadang membuatmu merasa bosan, buku selalu berhasil membuatmu merasa penasaran.

Lalu, pernahkah terlintas di benakmu, kalau jika saja kamu mau berusaha lebih, hobimu ini bisa mendatangkan penghasilan yang kadang tidak sedikit jumlahnya bagi dirimu.

Bayangkan saja, betapa nikmatnya hidup jika kamu mengerjakan sesuatu yang sesuai dengan hobimu. Sambil menyelam minum air, hobimu jalan dan keuanganmu pun lancar.

Ada begitu banyak pekerjaan masa kini yang cocok bagi si kutu buku. Kamu yang masih kuliah pun bisa mencoba melakukannya, hitung-hitung mendapatkan uang jajan lebih untuk modal membeli buku baru.

Percaya deh, empat pekerjaan keren di bawah ini tak hanya menjamin keberlangsungan hobimu, tapi juga meningkatkan kondisi finansialmu.

1. Proofreader

4 Pekerjaan Keren yang Cocok Banget Buat si Kutu Bukuhttp://www.artofproofreading.com

Seorang proofreader biasanya dipekerjakan di perusahaan penerbitan. Bekerja sebagai seorang proofreader, kamu bakal bertanggung jawab atas pengecekan dan perbaikan kesalahan pada isi tulisan, atau buku sebelum karya tersebut dipublikasikan.

Pengecekan ini dilakukan terkait dengan tata bahasa, struktur kalimat, ketepatan penggunaan tanda baca, dan pengejaan dalam sebuah karya tulis.

Kamu yang sudah sangat sering 'melahap' isi buku tentu saja sangat teliti dan jeli melihat kesalahan-kesalahan yang terdapat di dalam bacaan tersebut, bukan?

2. Penulis Lepas

4 Pekerjaan Keren yang Cocok Banget Buat si Kutu Bukuhttps://www.thebalance.com

Gak ada salahnya lho, kamu mencoba menuliskan informasi-informasi dari apa yang kamu dapat ketika membaca buku atau tulisan.

Membangun sebuah tulisan bagi orang yang memiliki segudang informasi dari bacaannya tentu bukan hal yang begitu sulit. Anggap saja sebagai latihan untuk kecakapanmu dalam merangkai kata.

Menjadi seorang freelance writer atau penulis lepas, kamu bisa menulis kapan dan di mana saja kamu berada. Fleksibel sekali, kan? Tak hanya menulis untuk media konvensional seperti tabloid atau koran.

Namun kamu bisa menulis artikel untuk media online. Zaman sekarang, mudah sekali lho ditemukan lowongan pekerjaan sebagai seorang penulis lepas nan berbayar di dunia maya.

3. Resensator Buku

4 Pekerjaan Keren yang Cocok Banget Buat si Kutu Bukuhttps://medium.com

Setelah kamu membaca sebuah buku, pasti ada tanggapan serta penilaianmu atas buku tersebut. Nah, ulasanmu atas buku yang kamu baca tersebut disajikan dalam bentuk resensi buku.

Banyaknya jumlah dan ragam buku yang telah kamu baca, tentu saja membuatmu memiliki kemampuan lebih dalam menilai sebuah buku seobjektif mungkin.

Terkadang, tak hanya honor yang akan kamu dapat saat meresensi sebuah buku. Tak jarang, seorang resensator buku atau book reviewer juga sering dihadiahi buku baru lho.

Kamu sendiri harus pintar-pintar melihat media mana saja yang memang memberikan imbalan atas resensi yang telah kamu buat, baik itu di media konvensional maupun media online.

4. Editor

4 Pekerjaan Keren yang Cocok Banget Buat si Kutu Bukuhttps://www.thebalance.com

Seorang editor bertanggung jawab atas karya tulis yang akan diterbitkan. Dialah yang berhak memutuskan apakah sebuah tulisan layak untuk terbit dan dinikmati oleh pembaca atau tidak. Pekerjaan menyeleksi dan menyunting sebuah bacaan, editorlah jagonya.

Dengan menjadi seorang editor, kamu akan bisa mendapatkan informasi-informasi terbaru, yang mungkin saja belum kamu ketahui dari bacaan sedang kamu seleksi dan perbaiki. Tentu saja, hal ini berdampak akan lebih luasnya ilmu pengetahuan yang kamu miliki.

Bayangkan juga, kamu merupakan orang pertama yang menjadi pembaca dari sebuah calon karya tulis baru yang mungkin saja menjadi sebuah fenomena.

Masih ragu untuk mencoba melakukannya?

ghafsari Photo Community Writer ghafsari

Thriller is not my cup of tea

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You