Comscore Tracker

6 Cara Mengatur Mood Baik saat "Work From Home", Makin Produktif!

Jangan kendur buat semangat kerja!

Di tengah pandemi corona yang sedang mewabah ini, memang dianjurkan untuk melakukan semua aktivitas di rumah, seperti halnya saat bekerja. Namun, bagimu yang belum terbiasa bekerja dari rumah maka hal tersebut bisa menjadi sebuah hambatan. Yang mana bisa menganggu produktivitasmu saat melakukan work from home. Termasuk bisa membuat suasana hati gampang berubah-ubah dan tentunya tak selamanya nyaman kamu rasakan.

Tetapi, kamu bisa mengatasinya dengan enam cara berikut yang mana membuat suasana hatimu bisa terkendali dan tentunya bekerja dari rumah lebih menyenangkan.

1. Sempatkan berolahraga dan mandi di pagi hari

6 Cara Mengatur Mood Baik saat Work From Home, Makin Produktif!Pexels/Andrea Piacquadio

Walaupun kamu memiliki sedikit kelonggaran karena bekerja dari rumah, tak ada salahnya untuk tetap menjaga kebugaran badan lewat olahraga yang kamu lakukan di rumah. Olahraga sederhana yang setidaknya bisa membuatmu bergerak selama 25-30 menit.

Mandi di pagi hari layaknya kamu akan berangkat kerja bisa mengatur suasana hati lebih baik lagi, badan yang sudah bugar dan segar akan membantumu lebih semangat dalam melakukan work from home.

2. Jangan lewatkan sarapan dan minum air yang cukup

6 Cara Mengatur Mood Baik saat Work From Home, Makin Produktif!Pexels/Marcus Aurelius

Walaupun kamu berada di rumah dan sewaktu-waktu bisa mengisi perut dengan makan, tak ada salahnya untuk tetap disiplin dalam melakukan jam makan. Termasuk tidak melewatkan sarapan, selain membuatmu lebih bertenaga ketika asupan pagimu tercukupi maka kamu akan lebih mudah untuk membangun konsentrasi.

Termasuk tak lupa minum air yang cukup agar tidak dehidrasi. Yang mana sangat berguna untuk membuat pekerjaanmu lebih cepat diselesaikan sebab lebih fokus.

3. Pakailah pakaian yang nyaman

6 Cara Mengatur Mood Baik saat Work From Home, Makin Produktif!Pexels/Andrea Piacquadio

Walaupun kamu sedang di rumah atau dalam kamar dan biasa mengenakan pakaian rumahan, tak ada salahnya kamu memilih pakaian yang nyaman dikenakan agar tidak mengganggumu dalam bekerja. Pilihlah pakaian yang sekiranya sesuai dengan cuaca atau suhu di sekitar rumahmu. Sehingga kamu tak perlu sibuk mengganti pakaian di tengah pekerjaanmu.

Baca Juga: Rindu Keluar Rumah, 10 Potret Kocak Kelakuan Orang Akibat Kelamaan WFH

4. Atur tempat terbaik dan nyamanmu saat bekerja

6 Cara Mengatur Mood Baik saat Work From Home, Makin Produktif!Pexels/Andrea Piacquadio

Mungkin saja kamu tipe orang yang tidak suka keramaian atau suara berisik saat bekerja. Atau tipe orang yang suka sekali bekerja sembari mendengarkan musik untuk menaikkan mood. Oleh karena itu, pilihlah tempat saat bekerja yang dirasa sesuai dan nyaman bagimu. Jangan sampai karena gangguan sekitar membuat mood-mu mendadak menurun dan akhirnya tidak bersemangat mengerjakan tugas yang ada.

5. Disiplin waktu

6 Cara Mengatur Mood Baik saat Work From Home, Makin Produktif!Pexels/Andrea Piacquadio

Saat bekerja di rumah kamu juga harus disiplin akan waktu, jangan terlalu bermalas-malasan. Cobalah untuk mengatur waktu yang tepat supaya kamu tidak terlalu lelah atau bosan. Sediakan juga waktu beristirahat yang bisa kamu pakai untuk makan siang atau sekadar membuka aplikasi di smartphone untuk menghilangkan rasa jenuh.

6. Sediakan makanan atau minuman ringan

6 Cara Mengatur Mood Baik saat Work From Home, Makin Produktif!Pexels/Marcus Aurelius

Keuntungan saat bekerja dari rumah adalah kamu bisa melakukan hal yang sebenarnya tidak boleh dilakukan di tempatmu bekerja. Sekadar menyediakan beberapa makanan atau minuman ringan apalagi saat pekerjaan yang kamu selesaikan menumpuk dan menimbulkan rasa bosan hingga letih.

Tak ada salahnya sekadar memanjakan diri dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang kamu sukai. Tetapi, perlu diingat jangan sampai berlebihan supaya kalori yang masuk dalam tubuh jumlahnya tidak melebihi batas normal.

Jadi gak ada lagi alasan ya untuk malas-malasan saat bekerja dari rumah karena suasana hati yang gampang berubah-ubah.

Baca Juga: Meskipun Santai, Ini 5 Alasan WFH Gak Selamanya Menyenangkan

Moon Girl Photo Verified Writer Moon Girl

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya