Comscore Tracker

Wajib Tahu, Begini 8 Cara Sehat Menjadi Karyawan yang Disenangi Atasan

Bisa jadi karyawan teladan dan kebanggaan, nih!

Disegani apalagi disenangi orang lain mungkin menjadi kepuasan tersendiri bagimu. Kamu merasa lebih percaya diri dan nyaman ketika bertemu dengan orang banyak. Tak terkecuali kamu yang mungkin menjadi seorang bawahan atau karyawan di tempatmu bekerja.

Selain berusaha membangun hubungan yang baik sesama karyawan, kamu juga ingin menjalin hubungan baik dengan atasan. Apalagi bila keadaannya kamu disenangi oleh atasan, pasti menjadi sebuah nilai lebih di mata karyawan lain.

Nah, supaya kamu makin bersemangat ketika bekerja. Simak delapan cara sehat supaya kamu jadi karyawan yang disenangi oleh atasan.

1. Bersikap proaktif

Wajib Tahu, Begini 8 Cara Sehat Menjadi Karyawan yang Disenangi AtasanUnsplash/You x Ventures

Cobalah untuk melakukan inisiatif lebih ketika akan menjalankan proyek atau tugas di tempat kerjamu. Entah dengan sebuah ide atau gagasan, kamu juga bisa mengerjakan tugasmu dengan baik serta tepat waktu.

Dengan melakukannya secara konsisten, maka sikapmu akan menjadi yang paling menonjol, sebab kamu berkontribusi lebih banyak dan aktif daripada karyawan lainnya.

2. Disiplin waktu dan sikap

Wajib Tahu, Begini 8 Cara Sehat Menjadi Karyawan yang Disenangi AtasanUnsplash/Brad Neathery

Usahakan untuk datang bekerja dengan tepat waktu. Jangan sampai merusak citramu walau hanya sedikit dengan sikap terlambatmu. Kamu juga harus mampu mengerjakan segala tugas yang dibebankan padamu dengan cermat dan memuaskan.

Jangan buat karyawan lain apalagi atasanmu menunggu hasil pekerjaanmu. Berilah mereka kesan yang menggambarkan bahwa kamu adalah sosok yang disiplin dan memiliki kemampuan di atas rata-rata.

3. Patuhi segala SOP yang ada

Wajib Tahu, Begini 8 Cara Sehat Menjadi Karyawan yang Disenangi AtasanUnsplash/Daria Nepriakhina

Pentinganya mematuhi Standar Operasional Prosedur (SOP) juga wajib kamu simak dan terapkan sebagai karyawan. Patuhilah apa yang sudah tempat kerjamu tetapkan. Misalnya dilarang berpacaran dengan teman satu kantor atau pulang sebelum waktunya. Hal seperti itu harus kamu pahami betul.

Sebab image sebagai karyawan yang disenangi atasan ialah selalu mematuhi peraturan, tata tertib dan masing-masing tugas karyawan dengan sebaik-baiknya.

Baca Juga: Karyawan dengan 5 Zodiak Ini Jadi Kesayangan Bos, Kamu Termasuk?

4. Jangan sampai melakukan kesalahan yang sama berulang kali

Wajib Tahu, Begini 8 Cara Sehat Menjadi Karyawan yang Disenangi AtasanUnsplash/Green Chameleon

Sedikit kesalahan dalam sewaktu-waktu merupakan hal yang wajar, sebab kita sendiri hanyalah manusia yang punya keterbatasan masing-masing. Namun alangkah baiknya kamu dapat meminimalisir kesalahan yang ada dengan mengetahui apa kelemahan dan kelebihanmu.

Sehingga kamu dapat menekan atau mengurangi sikap yang sekiranya membuatmu melakukan kesalahan. Dan memaksimalkan kelebihan untuk dapat menguntungkanmu dan juga tempatmu bekerja.

5. Cepat tanggap

Wajib Tahu, Begini 8 Cara Sehat Menjadi Karyawan yang Disenangi AtasanUnsplash/Patrick Amoy

Ketika ada pekerjaan menumpuk atau perintah atasan, maka kamu harus cepat tanggap dalam merespon hal tersebut. Kamu harus berusaha ekstra dan sungguh-sungguh, supaya yang dikehendaki oleh atasanmu dapat terpenuhi dengan baik.

Sehingga kamu dapat nilai lebih di mata atasan sebagai karyawan yang bisa diandalkan dalam situasi apa pun.

6. Bersinergi dengan tim

Wajib Tahu, Begini 8 Cara Sehat Menjadi Karyawan yang Disenangi AtasanUnsplash/Annie Spratt

Tak hanya mampu bekerja sendirian, kamu juga harus mampu ketika ditunjuk atau diminta bekerja sama dengan kelompok. Kamu harus memperlihatkan kemampuanmu dengan baik ketika melakukan kerja sama tim.

Hal itu akan menjadi tantangan, karena bila kelompokmu mampu menyelesaikan segala tugas, maka otomatis atasanmu akan menilai baik kepribadian dan skill-mu.

7. Menjaga kebersihan diri dan kesopanan

Wajib Tahu, Begini 8 Cara Sehat Menjadi Karyawan yang Disenangi AtasanUnsplash/Marius Ciocirlan

Pastikan kamu memakai pakaian yang sesuai dan tidak begitu mencolok. Bila kamu perempuan gunakan riasan secukupnya yang masih terlihat segar dan natural. Untuk laki-laki pastikan rambutmu tersisir baik atau setidaknya gunakan gel atau minyak rambut, supaya rambutmu wangi dan rapi sepanjang kamu bekerja. Serta pastikan kamu gunakan parfum atau deodoran, agar orang lain merasa nyaman berinteraksi denganmu apalagi jika dengan atasanmu.

Jangan lupa bersikaplah sopan dan hati-hati dalam berucap maupun bertindak apalagi di tempat kerja. Karena hal itu juga mempengaruhi penilaian atasan terhadapmu, kamu masih bisa membuatnya terkesan tanpa bersikap berlebihan.

8. Murah senyum dan ramah

Wajib Tahu, Begini 8 Cara Sehat Menjadi Karyawan yang Disenangi AtasanPexels/fauxels

Jangan terbiasa memasang wajah datar atau masam ketika kamu berada di lingkungan tempat kerja. Hal tersebut sangat penting supaya teman kerjamu merasa nyaman dan aman ketika ingin menganjakmu berbincang atau berdiskusi.

Walaupun mungkin kamu jarang berinteraksi langsung dengan atasan. Pastikan agar kamu bersikap rendah hati dan ramah agar teman kerja bahkan atasanmu akan merasa dihormati.

Sudah siap belum untuk mempraktekkan delapan cara di atas? Semoga kamu mampu menjadi karyawan yang baik serta teladan, ya!

Baca Juga: 5 Cara Menghadapi Rekan Kerja Introvert Saat Diberi Proyek Bersama

its gracie Photo Verified Writer its gracie

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya