Comscore Tracker

10 Hal yang Tanpa Sadar Menyebabkan Kamu Suka Menunda Pekerjaan

Kebiasaan buruk ini bikin gak produktif

Pernah mendengar istilah procrastinate atau procrastinator? Istilah ini memang jaang terdengar. Kita lebih familiar dengan istilah 'suka menunda pekerjaan'. Menunda pekerjaan memang sebuah kebiasaan yang sangat buruk. Selain bikin banyak pekerjaan gak selesai tepat waktu, juga bisa merugikan orang lain. Terutama kamu yang bekerja secara kelompok.

Procastinate gak cuma menyangkut menunda pekerjaan seperti tugas atau deadline kantor saja. Tapi juga pekerjaaan-pekerjaan lain seperti tugas membersihkan rumah sampai menunda jadwal servis motor.

Memang sih saat menunda pekerjaan kita seakan punya banyak waktu luang, tapi banyak juga kesempatan yang kita buang untuk melangkah lebih maju.

Coba perhatikan deh 10 kebiasaan buruk di bawah ini. Jangan-jangan kamu sering melakukan salah satunya. Yuk hindari dan mulai bekerja lebih cepat dan tepat!

1. Meremahkan pekerjaan besar sebagai sesuatu yang kecil dan menganggap semua mudah

10 Hal yang Tanpa Sadar Menyebabkan Kamu Suka Menunda Pekerjaanunsplash.com/Christoper Gower

Seperti dikutip dari Lifehack.org, salah satu hal yang bikin kita menunda pekerjaan adalah karena mellihat suatu pekerjaan kecil sebagai pekerjaan yang berat. Sebagai contoh adalah saat membersihkan rumah. Saat kita harus membersihkan rumah sekaligus seperti menyapu, mengepel lantai, gantai sprei, hingga membersihkan kamar mandi semua akan terasa berat jika dikerjakan dalam sehari.

Kita bisa membaginya dalam beberapa waktu agar lebih ringan. Misal menyapu tiap pagi, mengepel lantai dua hari sekali, membersihkan kamar mandi seminggu sekali hingga mengganti sprei dua minggu sekali. Hal ini juga bisa diterapkan dalam mengerjakan tugas kuliah atau kantor. Bagi-bagi lah pekerjaanmu yang terasa besar itu menjadi beberapa part kecil.

2. Kadang, sebelum mulai mengerjakan kita sudah lebih dulu takut gagal

10 Hal yang Tanpa Sadar Menyebabkan Kamu Suka Menunda Pekerjaanunsplash.com/Rawpixel

Siapa yang suka ragu-ragu dalam mengerjakan tugas kuliahnya? Bisa jadi rasa ragu-ragumu itu muncul karena kamu takut gagal. Padahal mencoba mengerjakan saja belum. Karena sudah terlebih dulu merasa gagal, kamu jadi malas buat mengerjakan tugasmu. Jangan takut mencoba. Gagal adalah salah satu bentuk proses dalam belajar. Kalau tidak pernah gagal, kita gak akan tahu mana yang salah dan mana yang benar.

3. Disiplin boleh, tapi jangan terlalu perfeksionis

10 Hal yang Tanpa Sadar Menyebabkan Kamu Suka Menunda Pekerjaanunsplash.com/Freestock

Tugas presentasi masih minggu depan. Kamu berusaha mengerjakannya semaksimal mungkin. Tapi, saat H-1 presentasi, tugasmu masih juga belum selesai. Waduh, sepertinya kamu terlalu banyak poleh tugas sana-sini deh. Sebab, kamu ingin presentasimu sempurna. Akhirnya, kamu cuma mengumpulkan data sebanyak-banyaknya dan bingung mau memasukkan yang mana. Lagi-lagi tugas gak selesai. 

4. Seakan-akan kamu ingin mengerjakan semuanya sendirian, tapi...

10 Hal yang Tanpa Sadar Menyebabkan Kamu Suka Menunda Pekerjaanunsplash.com/Rawpixel

Pagi-pagi kamu sibuk mengerjakan tugas, sambil bikin nasi goreng, bikin kopi, menunggu cucian kering sampai nonton TV. Akhirnya semua gak ada yang selesai. Duh, jangan sok bisa multi-tasking. Sebab, kemampuan manusia juga terbatas. Apalagi kamu yang terbiasa menunda pekerjaan. Sebaiknya prioritaskan dulu pekerjaan mana yang lebih penting. Lalu kerjakan yang lain.

Baca Juga: Jadilah Millennial Cerdas, Terapkan 5 Hal Ini Saat Cari Kerja

5. Kendalikan diri, jangan terbawa hawa nafsu

10 Hal yang Tanpa Sadar Menyebabkan Kamu Suka Menunda Pekerjaanunsplash.com/Laurent Perren

Eits, tenang, maksudnya hawa nafsu disini adalah hawa nafsumu untuk selalu scrolling Instagram, nyobain filter baru Snapchat, sampai baca tweet receh di Twitter. Hal-hal kecil seperti ini bia mengganggu konsentrasimu. Awalnya cuma lima menit, gak kerasa kamu udah 1 jam senyum-senyum sendiri lihat timeline Instagram. Kesampingkan dulu main media sosial. Mereka bisa menunggu. Tapi tugasmu gak bisa.

6. Merasa punya banyak waktu, akhirnya kamu lalai

10 Hal yang Tanpa Sadar Menyebabkan Kamu Suka Menunda Pekerjaanunsplash.com/Rawpixel

Masih seminggu lagi. Ah masih 3 hari lagi kumpuplin tugasnya. Masih bisa besok juga. Trlalu banyak excuse soal waktu seperti ini bikin kamu stuck gak mengerjakan tugas. Sebab, kamu merasa masih punya banyak waktu. Padahal, waktu terus berjalan. Coba bikin deadline pada dirimu sendiri. Saat berhasil melewatinya dengan baik, beri dirimu sendiri reward.

7. Membuat daftar pekerjaan merupakan hal yang penting. Jangan terlewat!

10 Hal yang Tanpa Sadar Menyebabkan Kamu Suka Menunda Pekerjaanunsplash.com/The Journal Garden

Membuat daftar pekerjaan sering dianggap remeh oleh banyak orang. Padahal dengan membuat daftar atau list, kamu jadi tahu mana pekerjaan yang bisa kamu prioritaskan terlebih dulu. Sehingga kamu gak akan kerepotan saat tiba-tiba banyak tugas menumpuk. Dalam list kamu perlu mencantumkan bentuk tugas, deadline selesai, hingga cara-cara agar tugas tersebut selesai tepat waktu.

8. Bikin tugas sendiri, masak sendiri, cuci baju sendiri... akhirnya semua terbengkalai. Duh, kamu kurang motivasi

10 Hal yang Tanpa Sadar Menyebabkan Kamu Suka Menunda Pekerjaanunsplash.com/Emma Matthews

Mengerjakan semua serba sendirian memang membuat kita malas. Sebab, kita gak termotivasi atau terpacu untuk menyelesaikan tugas tersebut. Kalau sudah seperti ini, carilah motivasi. Seperti mencari saingan agar kamu bisa merasa lebih unggul. Atau sekedar curhat pada orang tua agar mereka bisa menyemangatimu.

9. Karena kurang motivasi, kamu akhirnya... malas

10 Hal yang Tanpa Sadar Menyebabkan Kamu Suka Menunda Pekerjaanunsplash.com/Sander Wehkamp

Malas seakan memang jadi penyakit yang harus dibasmi. Karena malas, kita jadi meremehkan semuanya. Lebih mementingkan tidur daripada cuci baju, atau lebih pilih nonton drama Korea daripada bikin presentasi. Boleh memanjakan diri, tapi jangan sampai keterusan. Sebab, kemalasan adalah awal dari kegagalan. Take this note guys!

10. Bingung memulai dari mana bikin kamu gak punya gambaran apa yang mau dikerjakan

10 Hal yang Tanpa Sadar Menyebabkan Kamu Suka Menunda Pekerjaanunsplash.com/Jesica Lewis

Dan terakhir, satu hal yang bikin kamu nunda pekerjaan adalah kamu ingung mulai dari mana. Saat bikin presentasi, coba dulu dengan membuat slide perkenalan. Atau saat mau mencuci baju, coba dulu dengan memisahkan pakaian berwarna dan putih. Mulai mengerjakan tugas gak melulu harus langsung dengan sesuatu yang besar.

Hayo ngaku, siapa yang suka menunda pekerjaan? Bagaimana sih caramu mengatasi masalah-masalah ini? Bagi tipsnya di bawah ya!

Baca Juga: Selalu Tampil Percaya Diri, Ini 5 Pekerjaan yang Pas Buat Orang ENFP

Baca Juga: 7 Dampak yang Terjadi Ketika Kamu Suka Menunda Pekerjaan

Grace Putri Aria Photo Writer Grace Putri Aria

sedang belajar menjadi penulis yang baik

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah
  • Novaya

Berita Terkini Lainnya