Comscore Tracker

Gak Semua IT Itu Soal Coding, 5 Posisi Ini Gak Butuh Skill Coding

Posisi tepat buat kamu yang masih belum jago coding nih

Zaman sekarang sudah menjadi zaman yang melek teknologi. Buktinya, di berbagai bidang apapun sudah menggunakan teknologi yang super canggih. Gak heran kalau sekarang profesi di dunia IT menjadi pekerjaan yang benar-benar sangat diincar saat ini. 

Mungkin, untuk sebagian orang mengira bahwa pekerjaan IT sangat berkaitan dengan pemrograman atau coding. Justru, Teknik Informatika itu tidak sesempit yang kita bayangkan. Nah, berikut 5 posisi pekerjaan yang cocok untuk kamu yang ingin merambah ke dalam bidang IT dan tidak memerlukan skill coding.

1. UI/UX Design

Gak Semua IT Itu Soal Coding, 5 Posisi Ini Gak Butuh Skill Codingunsplash.com/@alecuffia

Buat kamu yang suka mendesain, tetapi masih ingin berkaitan dengan bidang IT, mungkin menjadi UI/UX Design adalah posisi yang tepat untukmu. User Interface / User Experience adalah salah satu profesi yang hampir mirip tetapi memiliki tugas yang berbeda. 

Sebagai User Interface (UI) Design, kamu akan ditugaskan untuk mendesain suatu halaman dan interaksi setiap elemen yang terdapat dalam aplikasi yang akan kita buat. Sedangkan, User Experience (UX) Design ditugaskan untuk memikirkan rasa nyaman dan memberikan pengalaman terbaik saat user menggunakan produk yang digunakan. Di posisi ini, kamu tidak akan bergelut dengan bahasa pemrograman kok. Hanya perlu skill desain, kamu bisa masuk di posisi ini lho. 

2. Technical Writing

Gak Semua IT Itu Soal Coding, 5 Posisi Ini Gak Butuh Skill Codingunsplash.com/@craftedbygc

Selain di bidang desain, salah satu posisi IT ini cocok buat kamu yang suka dan pandai menulis, yaitu menjadi Technical Writing. Tugas utama dari posisi ini adalah mendokumentasikan suatu produk IT dalam bentuk tulisan. Kamu akan ditugaskan untuk membuat user guide, bahkan sampai menulis FAQ (Frequently Asked Question) juga. Cukup mempunyai skill menulis, kamu tidak perlu memiliki kemampuan coding untuk apply di posisi ini. Bagaimana, tertarik?

3. Software Quality Tester

Gak Semua IT Itu Soal Coding, 5 Posisi Ini Gak Butuh Skill Codingmedium.com/@makersinstitute

Posisi IT lainnya yang tidak ada campur tangan dengan bahasa pemrograman, yaitu Software Quality Tester. Peran dari posisi ini tidak lain hanya menguji dan memastikan suatu perangkat berjalan sesuai dengan fungsinya tanpa ada error sama sekali sebelum akan digunakan untuk pengguna. Meskipun terdengar mudah, tetapi menjadi Software Quality Tester harus jelih saat menguji suatu perangkat yang telah dikembangkan. Tertarik untuk terjun dibidang ini?

Baca Juga: 7 Situs yang Ngajarin Coding dengan Gratis, Skill Terlaris Saat Ini

4. Business Analyst

Gak Semua IT Itu Soal Coding, 5 Posisi Ini Gak Butuh Skill Codingunsplash.com/@rawpixel

Saat ini, di Indonesia sedang gencarnya membangun perusahaan rintisan atau yang pada umumnya disebut dengan startup. Perusahaan yang berbasis IT ini sangat berkembang pesat, karena inovasi yang mereka miliki dan pemahaman yang baik tentang pasar saat ini. Nah, menjadi Business Analyst di sebuah startup bisa menjadi pilihanmu untuk bekerja. Menganalisa target pasar dan mengerti cara untuk memasarkan suatu produk adalah tugas di bidang ini. Coba untuk apply di posisi ini, bisa jadi kamu seseorang yang dapat mengembangkan startup-mu dengan baik. 

5. Project Manager

Gak Semua IT Itu Soal Coding, 5 Posisi Ini Gak Butuh Skill Codingunsplash.com/@rawpixel

Pekerjaan di posisi ini memang tidak membutuhkan skill coding, tetapi seseorang diharapkan untuk memiliki kemampuan yang sangat baik dalam mengendalikan suatu rencana proyek. Selain itu, menjadi Project Manager harus memiliki sikap yang tegas dan keyakinan yang tinggi. Dengan sikap ini, tentu saja akan membuat proyek yang dikerjakan akan berjalan dengan lancar. Buat kamu yang memiliki kriteria tersebut, mungkin posisi ini sangat cocok untukmu.

Nah, itulah 5 posisi di bidang IT yang tidak membutuhkan skill coding. Tertarik untuk apply posisi yang ada di atas?

Baca Juga: 4 Situs untuk Belajar Coding Gratis dan Bersertifikat

Gwenda Hasnaa Sarri Photo Community Writer Gwenda Hasnaa Sarri

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

JADWAL SALAT & IMSAK

23
MEI
2019
18 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 23 May 2019 14:30:05

Progress: 767.353 dari 813.350 TPS (94.34475%)

Just For You