Comscore Tracker

5 Alasan Ini Bukti Kalau Pulang Tepat Waktu 'Teng-go' Itu Gak Salah

Asal gak melanggar aturan

Istilah 'tenggo'  (teng langsung Go!) adalah istilah yang digunakan bagi karyawan yang langsung pulang saat jam kerja selesai. Meski tidak ada aturan yang melarang, kebiasaan tenggo seringkali mendapatkan stigma negatif di lingkungan kerja meskipun tidak semua demikian. Hal ini dikarenakan orang yang pulang tenggo akan dianggap kurang bersosialisasi, tidak loyal, dan anggapan-anggapan negatif lainnya.

Meskipun demikian, pulang tenggo adalah hal yang sama sekali tidak salah. Pulang tepat waktu adalah hak setiap pekerja selagi pekerjaan mereka sudah selesai dan tidak ada urusan lain. So, buat kamu yang hobi pulang tenggo, gak perlu khawatir karena 5 alasan ini jadi bukti kalau tenggo itu gak salah.

1. Lebih banyak waktu istirahat

5 Alasan Ini Bukti Kalau Pulang Tepat Waktu 'Teng-go' Itu Gak Salahpexels/Lisa Fotios

Waktu kerja yang panjang dengan berbagai macam masalah dan tekanan tentu membuat tubuh menjadi lelah. Waktu pulang yang ada harus bisa dimanfaatkan untuk istirahat di rumah demi mempersiapkan hari esok. Jangan sampai tubuhmu jadi sakit hanya karena kurang istirahat.

2. Punya banyak waktu bersama keluarga

5 Alasan Ini Bukti Kalau Pulang Tepat Waktu 'Teng-go' Itu Gak Salahpexels/Josh Willink

Selepas lelah bekerja, bertemu keluarga adalah hal yang paling diharapkan. Lelah fisik dan pikiran bisa sirna seketika saat memandang anak, istri, atau orang tua. Karena itu, tidak ada alasan untuk berlama-lama di kantor setelah jam pulang tiba.

3. Tempat tinggal jauh

5 Alasan Ini Bukti Kalau Pulang Tepat Waktu 'Teng-go' Itu Gak Salahpexels/Peter Fazekals

Nah, buat kamu yang rumah atau kosnya jauh dari tempat kerja. Pulang tenggo adalah hal yang mungkin harus dilakukan. Jangan sampai kamu terlambat sampai rumah karena terjebak macet karena terlalu lama di kantor. Hasilnya, jam istirahat terganggu dan kesehatanmu jadi terancam. Jangan sampai deh!

Baca Juga: 7 Alasan Kamu Harus Banget Pulang Kantor Tepat Waktu Mulai Sekarang

4. Punya kerja sampingan

5 Alasan Ini Bukti Kalau Pulang Tepat Waktu 'Teng-go' Itu Gak Salahpexels/Alicia Zinn

Kehidupanmu bukan hanya di kantor. Lebih bagus kalau kamu punya kerja sampingan untuk menambah penghasilan bulanan. Kalau kamu punya kerja sampingan, tak ada salahnya kamu segera pulang saat jam kerja selesai agar kamu bisa segera mengerjakan hal lain.

5. Pulang tepat waktu itu hak setiap pekerja

5 Alasan Ini Bukti Kalau Pulang Tepat Waktu 'Teng-go' Itu Gak Salahpexels/rawpixel.com

Selama tidak melanggar aturan jam kerja, pulang cepat adalah hak setiap pekerja. Tidak ada hal yang salah dari tenggo. Ada banyak hal di luar sana yang bisa dikerjakan daripada harus berlama-lama di kantor tanpa ada hal produktif yang bisa dilakukan.

Itulah alasan yang menunjukkan kalau pulang tenggo itu tidak salah. So, gak perlu khawatir lagi ya buat pulang tepat waktu. Lalu bagi kamu yang punya rekan kerja sering pulang cepat, jangan berpikir negatif dulu. Tidak ada yang tahu apa yang dia lakukan sepulang kerja bukan?

Baca Juga: 5 Tips yang Bisa Kamu Terapkan Supaya Bisa Pulang Bekerja Tepat Waktu

Hamdani Dinul Haq Photo Verified Writer Hamdani Dinul Haq

Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Jember

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You