Comscore Tracker

6 Suka Duka Ini Sering Dialami Introvert di Tempat Kerja

Dunia kerja penuh dengan liku-liku

Menjadi seorang introvert di tempat kerja sering kali tidak mudah. Harus menghabiskan banyak energi untuk bertemu banyak orang setiap harinya, hingga hubungan dengan teman kantor yang tak selalu baik-baik saja.

Akan tetapi jadi introvert di tempat kerja tak selalu merana. Ada saja hal lain yang bisa jadi alasanmu untuk tetap bertahan. Bagi kamu para introvert di luar sana, 6 suka duka ini pasti pernah atau sedang kamu rasakan di tempat kerja. Apa saja itu? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Awal masuk kerja, kamu merasakan sulitnya beradaptasi

6 Suka Duka Ini Sering Dialami Introvert di Tempat Kerjaunsplash.com/Dylan Gilis

Di mulai dari dukanya dulu. Perkara adaptasi mungkin adalah salah satu yang paling sulit bagimu yang memiliki kepribadian introvert. Sulitnya memulai obrolan dan masuk ke lingkar pertamanan orang-orang di kantor membuatmu butuh waktu lebih lama untuk mencapai kata betah di tempat kerja. Imbasnya pun performa kerjamu sering kali belum maksimal di awal masa kerja.

2. Sering mendapat anggapan negatif dan jadi bahan omongan di kantor

6 Suka Duka Ini Sering Dialami Introvert di Tempat Kerjaunsplash.com/Bethany Legg

Sebenarnya mendapat anggapan negatif sudah sering kamu alami, akan tetapi di tempat kerja anggapan-anggapan ini bisa mempengaruhi performamu bila dimasukkan hati. Mulai dari dianggap sombong karena tidak mau berbaur, penyendiri, hingga anti-sosial karen tidak mau nongkrong sepulang kerja.

Baca Juga: Catat, Ini 5 Alasan Kenapa Bekerja Remote Cocok untuk Millennial

3. Temanmu itu-itu saja, jadi sulit cari bantuan

6 Suka Duka Ini Sering Dialami Introvert di Tempat Kerjaunsplash.com/Tim Gouw

Imbas dari sulitnya beradaptasi di tempat kerja membuatmu sulit mendapat pertolongan karena sedikit yang mengenalmu lebih jauh dan temanmu itu-itu saja. Untuk yang satu ini, jangan sungkan-sungkan menolong orang lain, agar kamu mudah dapat pertolongan ketika kesusahan.

4. Tapi karena konsentrasimu tinggi, kerjaanmu jadi cepat selesai

6 Suka Duka Ini Sering Dialami Introvert di Tempat Kerjaunsplash.com/Adeolu Eletu

Nah sekarang masuk ke sukanya nih. Orang dengan kepribadian introvert adalah orang yang memiliki tingkat konsentrasi tinggi. Karena kelebihan ini, saat kamu mendapatkan job yang harus dikerjakan individu, kerjaanmu jadi cepat selesai. Jadi bisa bantu-bantu kerjaan lain kan?

5. Lingkar pertemananmu yang sempit membuat kalian jadi partner kerja yang solid

6 Suka Duka Ini Sering Dialami Introvert di Tempat Kerjaunsplash.com/Brooke Cagle

Lingkar pertemanan yang sempit membuat hubungan dengan rekan kerjamu terbangun lebih cepat. Hal ini dikarenakan kualitas pertemanan lebih menonjol daripada kuantitas bagi para introvert. Hasilnya, kalian jadi tim yang solid.

6. Bagimu waktu bersama keluarga adalah segalanya

6 Suka Duka Ini Sering Dialami Introvert di Tempat Kerjaunsplash.com/Simon Abrams

Jam pulang mungkin menjadi saat paling menyenangkan. Untuk itu kamu langsung cabut pulang demi melepas penat dan bertemu dengan keluarga di rumah. Bagimu, nongkrong hanya akan menghabiskan energi.

Baca Juga: 5 Hal yang Wajib Diperhatikan Fresh Graduate Saat Melamar Kerja

Hamdani Dinul Haq Photo Community Writer Hamdani Dinul Haq

Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Jember

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You