Comscore Tracker

5 Rekomendasi Anime Movie Sedih yang Menyayat Hati

Siapkan tisumu kalau nonton anime movie ini ya!

Belakangan ini, anime atau animasi asal Jepang semakin digemari oleh semua kalangan karena memiliki genre dan cerita yang beragam dan tentunya menarik. Beberapa anime dapat mencampuradukkan perasaan penonton walaupun hanya berupa animasi.

Bagi kamu yang ingin menonton anime namun tidak memiliki banyak waktu, tidak ada salahnya menonton anime movie . Anime movie memiliki cerita yang lebih ringkas dan padat dibandingkan series sehingga durasinya menjadi lebih singkat. Gak perlu basa-basi lagi, inilah rekomendasi anime movie sedih yang menyayat hati. Jangan lupa siapkan tisu sebelum menonton ya.

1. Kokoro ga Sakebitagatterunda

https://www.youtube.com/embed/sR00hgnKz1w

Sebuah trauma terbesar yang diterima anak bernama Naruse Jun yang memiliki trauma mendalam akibat dijadikan kambing hitam akibat rusaknya rumah tangga kedua orangtuanya.

Kejadian ini bermula ketika Naruse Jun yang memiliki khayalan untuk tinggal di istana. Suatu ketika ia memergoki ayahnya yang memasuki istana bersama seorang wanita dan menceritakan kepada ibunya. Akibat kejadian ini rumah tangga mereka rusak dan Jun disalahkan karena terlalu cerewet dan tidak bisa menjaga kata-katanya. 

Jun bertemu dengan sebuah telur berpakaian ksatria yang membungkam mulutnya sehingga kini Jun tidak dapat berbicara. Apakah Naruse Jun dapat berbicara kembali?

2. Ookami Kodomo no Ame to Yuki

https://www.youtube.com/embed/6etBUwJsAYE

Menceritakan tentang perjuangan seorang single mother untuk membesarkan kedua anaknya yang merupakan keturunan manusia serigala yang telah dinyatakan punah. Hana sebagai ibu dari Ame dan Yuki rela meninggalkan kehidupan kota kemudian memilih untuk tinggal di desa demi keselamatan buah hatinya.

Kehidupan yang dijalani tidak sesuai yang diharapkan. Hana mulai bercocok tanam untuk memenuhi kebutuhan kedua anaknya dan menghemat warisan suaminya yang telah menipis. Selain itu, kurangnya pengalaman membuatnya berkali-kali mengalami gagal panen.

Baca Juga: 6 Movie Anime yang Siap Tayang dalam Waktu Dekat, Ada Tensura!

3. Hotarubi no Mori e

https://www.youtube.com/embed/zOc3pbvFAww

Anime yang bergenre drama, romance, dan supranatural ini memiliki cerita yang sedikit ringan sebab hanya berdurasi 45 menit. Bercerita tentang seorang anak berusia 6 tahun yang berkunjung ke rumah kakeknya. Ia tersesat di sebuah hutan yang dirumorkan banyak ditinggali oleh roh. 

Tanpa sengaja salah satu roh bernama Gin menemukan Hotaru yang sedang menangis. Ia kemudian mengantarnya keluar dari hutan. Ada satu pantangan yang tidak boleh dilanggar yaitu Gin dilarang menyentuh manusia atau dia akan menghilang. Hubungan mereka terus berlanjut, Hotaru mengunjungi hutan setiap libur musim panas. Mereka menikmati kebahagiaan tanpa saling bersentuhan sama sekali.

Benih-benih cinta perlahan tumbuh di antara mereka, namun pantangan diantara mereka menjadi penghalang yang sulit untuk ditembus. Bagaimana mereka menembus penghalang tersebut? Ataukah kisah mereka akan kandas?

4. The Garden of Words

https://www.youtube.com/embed/bnFBoF06SqE

Anime yang bergenre romance ini merupakan salah satu karya Makoto Shinkai yang mengagumkan. Memiliki ciri khas anime garapan Makoto Shinkai, yaitu kisah romance yang tidak biasa dan grafik yang mengagumkan.

Pada awal musim hujan di Tokyo, Akizuki Takao seorang siswa SMA berusia 15 tahun yang memiliki cita-cita sebagai pengrajin sepatu. Ia menggambar sketsa sepatunya pada sebuah taman Shinjuku Gyoen dan membolos pada kelas pertamanya. Secara tidak sengaja ia bertemu dengan Yukino Yukari seorang wanita berusia 27 tahun yang sedang meminum bir dan cokelat, serta membolos dari pekerjaannya. Mereka berjanji untuk bertemu pada taman tersebut ketika hujan turun.

Mereka saling berbincang tentang masalah yang sedang dihadapi. Yukari menyatakan ketertarikan akan keterampilan yang dimiliki Takao, kemudian Takao memilih untuk membuatkannya sepasang sepatu. Ketika musim hujan selesai Takao tidak lagi mengunjungi taman dan fokus untuk menyelesaikan sepatu buatannya.

5. Hotaru no Haka

https://www.youtube.com/embed/4vPeTSRd580

Kisah pilu terjadi pada akhir Perang Dunia II di Jepang membuat masyarakat yang menjadi korban bom menderita. Anime ini termasuk anime lawas yang dibuat pada tahun 1988 oleh Studio Ghibli. Meskipun begitu, cerita di anime ini sangat sedih dan dark. Diangkat dari cerpen semi-autobiografi dengan judul sama yang ditulis oleh Nosaka Akiyuki pada tahun 1967.

Berlatar pada akhir Perang Dunia II di Kobe, Jepang sekitar tahun 1945. Menceritakan perjuangan bertahan hidup kakak beradik bernama Seita dan Setsuko yang kehilangan tempat tinggal akibat serangan udara. Mereka mengungsi di rumah bibi mereka, namun tidak bertahan lama karena sang bibi merasa bahwa mereka berdua merupakan parasit karena mereka tidak bekerja.

Mereka memutuskan untuk tinggal dalam sebuah terowongan di pinggir danau. Pada akhirnya mereka kehabisan simpanan berupa makanan maupun harta benda. Setsuko mencari cara untuk bisa memenuhi kebutuhan makan mereka, salah satunya dengan mencuri. Apakah mereka bisa lolos dari keadaan tersebut?

Itulah 5 rekomendasi anime movie sedih yang wajib kamu tonton. Jika ada anime movie sedih lain yang tidak masuk dalam list diatas, boleh banget kita diskusikan di kolom komentar.

 

Baca Juga: Tertinggi Demon Slayer, 10 Anime Movie Terlaris Sepanjang Masa

Hernadimas Alfattah Photo Writer Hernadimas Alfattah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya