Comscore Tracker

5 Cara Meningkatkan Mood di Pagi Hari agar WFH Terasa Menyenangkan

Pekerjaan akan cepat selesai kala kita bahagia!

Work from home (WFH) menjadi akrab dilakukan para pekerja di masa pandemik ini. Beradaptasi dengan kebiasaan baru tidaklah selalu mudah sedangkan masa ini belum tahu kapan berakhirnya. Ada yang merasa kelelahan jika terus melakukan meeting online atau pekerjaan yang semakin menumpuk hingga melebihi batas waktu kerja yang seharusnya. 

WFH memang tidak semudah itu, namun kamu punya pilihan untuk menikmatinya dalam menjalani hal tersebut. Semua berawal dari caramu memulai hari untuk membangun suasana hati atau moodmu agar menjadi positif. Berikut lima cara mengawal pagi harimu agar WFH berjalan menyenangkan. 

1. Bangun di awal pagi 

5 Cara Meningkatkan Mood di Pagi Hari agar WFH Terasa Menyenangkanpexels/andrea piacquadio

Bangun di awal pagi memang memiliki segudang manfaat. Selain kamu dapat beribadah tepat waktu, kamu juga dapat menghirup segarnya udara pagi. Waktu yang dimiliki bisa dimanfaatkan untuk melakukan banyak hal dan terhindar dari perasaan dikejar waktu sehingga membuatmu lebih tenang. Ketenangan ini yang berpengaruh pada mood-mu agar tetap positif sepanjang hari.

2. Lakukan rutinitas pagi hari

5 Cara Meningkatkan Mood di Pagi Hari agar WFH Terasa MenyenangkanPexels/Gustavo Fring

Orang yang memiliki rutinitas pagi hari akan mempengaruhi dirinya sehari penuh dalam melakukan pekerjaan sehingga menjadi lebih produktif. Baik itu membersihkan rumah, menyiapkan sarapan, membaca buku atau berita terkini hingga mendengarkan podcast atau musik untuk membuat suasana hatimu lebih bahagia dan hidup. 

Baca Juga: 10 Desain Kantor Ramah Anak untuk Orangtua yang WFH

3. Olahraga ringan yang tidak membutuhkan waktu lama

5 Cara Meningkatkan Mood di Pagi Hari agar WFH Terasa MenyenangkanUnsplash/Christopher Campbell

Menjaga kesehatan menjadi hal krusial di masa pandemi, salah satunya dengan berolahraga. Ketika kamu sudah bangun di awal pagi, sempatkanlah untuk melakukan olahraga ringan yang bisa dilakukan di rumah saja. Baik itu senam aerobik, lari di sekitar halaman rumah atau sekedar naik turun tangga.

Bagimu yang WFH tentu akan merasa kelelahan karena terus berada di depan laptop seharian, jadi olahraga ringan di awal pagi dapat meregangkan otot-otot tubuhmu sehingga lebih siap untuk bekerja seharian. 

4. Sarapan jangan sampai terlewatkan

5 Cara Meningkatkan Mood di Pagi Hari agar WFH Terasa MenyenangkanPexels/Flo Dahm

Kebutuhan utama nih yang tidak boleh kamu lewatkan. Meskipun WFH kamu tidak bisa menyepelekannya dengan dalih kamu bisa makan kapanpun kamu mau. Padahal sarapan sebelum WFH sangat dianjurkan agar kamu memiliki energi yang cukup untuk kebutuhan tubuhmu. Tentu hal ini akan berpengaruh pada tingkat konsentrasi dalam menyelesaikan pekerjaan sehingga selesai lebih cepat dan tepat. 

5. Tetap mandi meskipun WFH

5 Cara Meningkatkan Mood di Pagi Hari agar WFH Terasa MenyenangkanPexels/Ekaterina Bolovtsova

Setelah semua aktivitas diatas dilakukan, pastinya kamu berkeringat. Oleh karena itu, kamu perlu mandi agar kembali segar dan tidak mengantuk saat WFH. Bukan berarti WFH, kamu jadi malas untuk mandi ya, justru kamu perlu melakukannya agar semangat dalam menjalani pekerjaanmu. 

Melakukan ritual pagi hari sebelum WFH nyatanya memiliki dampak yang baik dalam meningkatkan mood-mu dalam sehari penuh. Jadi lakukanlah lima cara diatas ya, demi WFH yang terasa menyenangkan. 

Baca Juga: 5 Tips Sehat Buat Kamu yang Terlalu Sering "Zoom Meeting" Saat WFH

Hesti Mahmudah Photo Verified Writer Hesti Mahmudah

Belajar meracik kata-kata

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya