Comscore Tracker

7 Mindset Pemula dalam Meniti Karier, Jangan Fokus Soal Uang Saja!

Tidak instan namun butuh proses untuk mapan secara finansial

Masa-masa dalam meniti karier bisa dibilang hal yang penuh tantangan, tekanan maupun hambatan. Pasalnya setiap orang memiliki waktunya sendiri untuk menemukan karier impian yang menjadikannya pribadi yang utuh. Ada yang dalam waktu singkat dapat mewujudkannya, namun ada pula yang butuh memakan proses lama untuk menggapainya.

Semua menginginkan hasil akhir berupa uang sebagai bentuk yang terlihat dari kerja kerasnya. Namun jangan hanya fokus dengan uang, kamu perlu menerapkan 7 mindset berikut agar kamu dapat menjadi pribadi yang berkembang disamping meniti karier. 

1. Kamu sedang belajar, yang terpenting adalah ilmu pengetahuan

7 Mindset Pemula dalam Meniti Karier, Jangan Fokus Soal Uang Saja!Unsplash/Madison Yocum

Dunia kerja sangatlah berbeda dengan kuliah maupun sekolah. Tentunya memasuki lingkungan profesional membuatmu mempelajari hal yang benar-benar baru. Jika kamu hanya bekerja asal-asalan dengan harapan selalu menanti gaji bulanan, kamu akan melewatkan kesempatan belajar.

Seharusnya mindset-mu ketika sedang meniti karier difokuskan dengan menyerap berbagai ilmu pengetahuan dari rekan kerja maupun atasan. 

2. Gak apa-apa ada kendala beradaptasi, tetap jalani dan nikmati

7 Mindset Pemula dalam Meniti Karier, Jangan Fokus Soal Uang Saja!Pexels/energepic.com

Pasti setiap orang mengalami kesulitan ketika pertama kali terjun dalam dunia kerja. Tidak masalah jika mengalami kendala dalam proses beradaptasi. Meski begitu, kamu harus tetap menjalaninya dan menikmati ketidaknyamanan tersebut, bukannya menghindar atau malah menyerah saat itu juga. 

Baca Juga: Meski Berstatus Karyawan Kontrak, Ini 5 Tips Supaya Kariermu Melejit

3. Melakukan kesalahan adalah wajar dan jadi bagian dari pengalaman

7 Mindset Pemula dalam Meniti Karier, Jangan Fokus Soal Uang Saja!Unsplash/Sebastian Herrmann

Guru terbaik adalah pengalaman baik itu keberhasilan maupun kegagalan. Begitupun ketika kamu melakukan kesalahan dalam pekerjaan, gak apa-apa jika ditegur dan diarahkan bagaimana seharusnya, karena penting untuk kamu alami. Hal ini akan membuatmu menyadari bahwa melakukan kesalahan bukanlah hal yang fatal namun wajar, apalagi kodrat manusia tidak lepas berbuat salah. Asalkan kamu belajar untuk melakukannya lebih baik lagi. 

4. Gali minat serta potensi dengan maksimal

7 Mindset Pemula dalam Meniti Karier, Jangan Fokus Soal Uang Saja!Instagram/Clahayes

Kini saatnya kamu menggali beragam informasi untuk memenuhi kebutuhan akan minat yang ingin kamu tuntaskan. Manfaatkan fasilitas dan kesempatan untuk berkembang di kantor untuk memaksimalkan potensimu. Baik itu mengikuti pelatihan maupun turut andil bertanggung jawab dalam event maupun project penting perusahaan.

5. Cari mentor untuk pengembangan dirimu 

7 Mindset Pemula dalam Meniti Karier, Jangan Fokus Soal Uang Saja!Unsplash/Icons8 Team

Banyak orang sukses memiliki mentor sebagai tempat mereka untuk mengevaluasi diri atau konsultasi dari segala keresahan. Mencari mentor bisa kamu lakukan ditempat kerja. Tentukan siapa yang menurutmu memiliki role model yang baik dan bisa diajak berdiskusi, kemudian jalinlah hubungan baik dengannya. 

6. Tantang diri melakukan hal di luar zona nyamanmu

7 Mindset Pemula dalam Meniti Karier, Jangan Fokus Soal Uang Saja!pexels/minervastudio

Memahami jobdesk sesuai dengan posisi pekerjaanmu memang memerlukan waktu. Namun ketika ada pekerjaan diluar jobdesk-mu, pertimbangkan untuk menerima tantangan tersebut. Terapkan mindset jika menyelamkan diri di luar zona nyamanmu akan menambah ilmu dan pengalaman yang berguna bagi kehidupan. 

7. Mulailah menjalin relasi yang kuat 

7 Mindset Pemula dalam Meniti Karier, Jangan Fokus Soal Uang Saja!pexels/fauxels

Penting bagi pemula dalam meniti karier untuk menjalin relasi dengan baik dengan semua rekan kerja, atasan maupun klien dari perusahaan. Di samping relasimu bertambah dan lingkup pergaulanmu luas, tentunya kamu juga akan lebih mudah dalam mengembangkan diri maupun mempermudah urusanmu di kemudian hari. 

Bagi kamu yang pemula dalam meniti karier wajib terapkan 7 mindset di atas ya, agar fokusmu tidak hanya soal uang juga namun lebih pada pengembangan diri yang berdampak lebih besar di masa depan. 

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Bahagia Atas Kesuksesan Orang Lain juga Penting

Hesti Mahmudah Photo Verified Writer Hesti Mahmudah

Belajar meracik kata-kata

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya