Comscore Tracker

5 Pikiran dan Perasaan Fresh Graduate Saat Pertama Kali Bekerja

Selalu ada pertama kali dalam segala hal, termasuk bekerja

Bagi fresh graduate setelah menaklukkan tantangan dalam mencari pekerjaan, tibalah saatnya pekerjaan itu berada digenggaman. Memulai bekerja pasti dihantui berbagai pikiran tentang jobdesk, lingkungan kerja dan segala hal di dalamnya. Nah, pikiran berikut ini pasti pernah terlintas di pikiran dan dirasakan oleh fresh graduate ketika pertama kali bekerja. 

1. Bertanya pada diri sendiri tentang kesesuaian pekerjaan dengan dirinya

5 Pikiran dan Perasaan Fresh Graduate Saat Pertama Kali BekerjaPexels/Rawpixel.com

Pekerjaan memang layaknya jodoh. Jika ada kesesuaian antara diri dengan pekerjaan dan lingkungan kerjanya, maka bisa disebut berjodoh. Namun sebaliknya, jika pekerjaan dan lingkungan kerja berbanding terbalik dengan prinsip yang dipegang, maka bisa disebut tidak berjodoh. Oleh karena itu, pertanyaan akan muncul di benak para fresh graduate tentang pekerjaan yang baru saja menerimanya. 

2. Beradaptasi menjadi hal yang menantang

5 Pikiran dan Perasaan Fresh Graduate Saat Pertama Kali Bekerjapexels.com/christinamorillo

Memasuki tempat baru apalagi dunia kerja, memang membutuhkan adaptasi yang luar biasa. Perbedaan sebelum bekerja dan setelah bekerja akan jauh berbeda. Oleh karena itu, adaptasi sangat penting untuk dilakukan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja. 

Baca Juga: 5 Kegiatan Produktif yang Bisa Kamu lakukan Saat Menunggu Pekerjaan

3. Berpikiran dapatkah melaksanakan jobdesk yang ada

5 Pikiran dan Perasaan Fresh Graduate Saat Pertama Kali BekerjaPexels/energepic.com

Selalu ada hal baru dan pengalaman pertama dalam segala hal di hidup kita. Seperti halnya melaksanakan jobdesk untuk pertama kali. Pikiran kita selalu terbayangkan akankah berhasil menaklukkan tantangan itu? Sehingga membuat diri menanyakan seberapa mampu untuk melakukannya. 

4. Merasa canggung karena belum tahu banyak hal

5 Pikiran dan Perasaan Fresh Graduate Saat Pertama Kali Bekerjapexels/fauxels

Perasaan canggung dan merasa tidak tau apa-apa tentang pekerjaan seringkali menghinggapi fresh graduate yang baru pertama kali bekerja. Namun, kembali lagi ikuti saja alur yang diberikan oleh mentor atau senior yang membimbingmu. Pasti perlahan kamu akan mempelajari satu hal ke hal lain dengan tanggung jawab dari yang mudah bertahap hingga semakin meningkat.

5. Overthinking dan ingin menyerah

5 Pikiran dan Perasaan Fresh Graduate Saat Pertama Kali Bekerjatheceomagazine.com

Overthinking bisa terjadi ketika berpikir hal-hal akan hal yang belum tentu terjadi. Namun sudah ketakutan akan risiko yang akan dihadapi nantinya. Hal ini kadang menjadi penyebab untuk menyerah. Hal yang perlu dilakukan adalah dengan mengendalikan pikiran yang terlalu jauh dan melihat realita yang ada. Kemudian fokus pada yang sedang terjadi pada saat itu. 

Nah, pastikan kamu bisa melewati masa pertama kali bekerja dengan baik ya para fresh graduate. Perlahan kamu pasti akan menjadi experience, karena semua hanya tentang waktu dan pengembangan diri. 

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Kamu Mesti Memilih Pekerjaan Sesuai Hobi

Hesti Mahmudah Photo Verified Writer Hesti Mahmudah

Belajar meracik kata-kata

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya