Comscore Tracker

Miliki Banyak Relasi, Ini 6 Tips Cerdas Meningkatkan Networking!

Mau sukses kudu pinter cari relasi nih

Tidak bisa dipungkiri, memiliki relasi atau koneksi di zaman sekarang akan sangat membantu dalam setiap hal, salah satunya masalah karir. Dengan memiliki relasi yang cukup banyak akan memudahkan kamu untuk dapat bertukar informasi tentang apa yang mungkin tidak kamu ketahui.

Berikut 6 tips untuk meningkatkan networking yang kamu miliki!

1. Gunakan prinsip 'Network anywhere and everywhere'

Miliki Banyak Relasi, Ini 6 Tips Cerdas Meningkatkan Networking!Unsplash.com/Annie Spratt

Mudah saja untuk mulai membangun network hal ini bisa dimulai dari acara atau tempat apapun yang kamu datangi. Tanpa kamu sadari, setiap event yang mungkin kamu datangi berkemungkinan untuk mempertemukan kamu kepada orang-orang baru yang mungkin suatu saat nanti dapat membantu kamu dalam hal tertentu.

Selain itu, buat kamu yang sering melakukan kegiatan atau bekerja di co-working yang notabene mempertemuukan kamu dengan beragam orang-orang baru, tidak ada salahnya untuk kamu mulai mengakrabkan diri dengan mereka.

Ingat, networking anywhere and everywhere!

2. Beranikan diri untuk bertemu dengan lebih banyak orang lagi

Miliki Banyak Relasi, Ini 6 Tips Cerdas Meningkatkan Networking!Unsplash.com/ Jessica Castro

Berikutnya, jangan ragu untuk bergabung dengan komunitas yang kamu sukai. Dengan bergabung di dalamnya, kamu akan bertemu orang yang memiliki visi sama dengan dirimu. Tips yang kedua ini mungkin sedikit memaksa kamu untuk menjadi orang yang ekstrovert. Tidak ada salahnya untuk menjadi yang pertama untuk say hello kepada yang lain. Selain itu juga bisa menambah kepercayaan diri yang kamu miliki sekaligus, kan?

3. Setelah bertemu secara langsung, jangan lupa berteman secara online juga

Miliki Banyak Relasi, Ini 6 Tips Cerdas Meningkatkan Networking!Unsplash.co/Dylan Gillis

Berikutnya adalah ada baiknya untuk kamu tidak hanya berhubungan secara offline, setelah bertemu langsung add media sosial yang dimiliki. Jika ingin lebih profesional, kamu mungkin bisa add linkedIn untuk lebih mengenal bagaimana orang tersebut. Selain itu, dengan berteman secara online tentu akan terus membuat kalian saling mengingat, bukan?

Baca Juga: Kuasai 7 Trik Komunikasi Ini Biar Kamu Sukses Menggaet Relasi

4. Jangan ragu untuk berteman dengan siapapun

Miliki Banyak Relasi, Ini 6 Tips Cerdas Meningkatkan Networking!Unsplash.com/Andrea Tummons

Usahakan untuk kamu bisa mengenal semua orang yang kamu temui. Akrabkan diri kamu dengan siapapun di sekolah, kampus, ataupun di lingkungan kerja kamu. Saat kamu mengenal mereka semua dengan baik tentu akan membuat kamu merasa lebih nyaman di tempat tersebut.

5. Akan lebih baik saat kamu mampu mengingat nama mereka

Miliki Banyak Relasi, Ini 6 Tips Cerdas Meningkatkan Networking!Unsplash.com/Kinga Cichewicz

Saat kamu mampu mengingat nama setiap relasi yang kamu punya akan menjadi hal positif buat kamu. Relasimu akan merasa bahagia karena secara tidak langsung hal tersebut menunjukkan kalau kamu menaruh perhatian kepada mereka. Nyatanya, tidak banyak orang mampu mengingat banyak nama di awal pertemuan, kan?

6. Saling merekomendasikan jika memang sesuai dengan kriteria

Miliki Banyak Relasi, Ini 6 Tips Cerdas Meningkatkan Networking!Unsplash.com/John Schnobrich

Hal ini berlaku untuk siapapun termasuk kamu. Ketika kamu mengetahui suatu peluang dan kamu merasa mengenal orang yang sesuai untuk mengisinya kamu bisa merekomendasikan orang tersebut.

Di zaman sekarang semakin banyak relasi akan jadi semakin baik pula, kan. Karena ada kemungkinan untuk seseorang di luar sana yang mengenal dan mengetahui potensi yang kamu punya untuk melakukan hal tersebut.

Itulah 6 tips untuk meningkatkan networkingmu. Jangan ragu untuk mencoba. Semoga harimu menyenangkan!

Baca Juga: 5 Tips Agar Kamu dan Rekan Kerja Mempunyai Hubungan yang Baik

Daisy Photo Community Writer Daisy

Sky doesn't explain itself high

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You