Comscore Tracker

Terjebak di Karier Ekstrover, 7 Hal ini Pasti Dirasakan Para Introver

Hanya saja, mereka juga jago berpura-pura

Tak dapat dipungkiri pekerjaan yang sedang ditekuni tidak jarang sangat berbeda dengan karakter yang dimiliki. Namun, hal tersebut tentu tidak menjadi batasan agar tetap bisa berkarya.

Tak terkecuali untuk para pemilik kepribadian introver, terkadang banyak dari mereka yang melakoni peran sebagi guru, sales representative, marketing ataupun pekerjaan lain yang menuntutnya berhubungan dengan banyak orang.

Untuk kamu yang merasa relate dengan apa yang disebutkan di atas, tujuh hal ini pasti pernah kamu rasakan.

1. Tidak pernah benar-benar menikmati office outing  

Terjebak di Karier Ekstrover, 7 Hal ini Pasti Dirasakan Para Introverilistrasi pasangan (unsplash.com)

Office outing yang bertujuan untuk merekatkan kekompakan antar pegawai akan terasa menyenangkan sebenarnya. Namun nyatanya kamu tidak benar-benar merasakan hal tersebut.

Mengikuti kegiatan seperti itu buatmu hanya sebagai kewajiban belaka, bukan selebihnya. Bisa jadi kamu hanya takut dengan konsekuensi yang timbul jika menolak bergabung dengan salah satu kegiatan kantor tersebut.

2. Selalu membuat persiapan sebelum bertemu klien 

Terjebak di Karier Ekstrover, 7 Hal ini Pasti Dirasakan Para IntroverIlustrasi interview (unsplash.com)

Dalam dunia profesional, bertemu relasi ataupun klien rasanya memang suatu kewajiban apalagi jika pekerjaanmu menuntut hal tersebut. Uniknya para introver pasti akan melakukan simulasi dan memikirkan hal tersebut sebelum benar-benar menemui mereka.

Tidak jarang, mereka akan menyiapkan kalimat apa yang akan diucapkan hingga apa saja yang harus dihindari atau tidak dilakukan. Bukan tanpa alasan hal itu mereka lakukan sebagai strategi untuk mengurangi nervous saat bertemu orang lain walaupun telah bekerja cukup lama.

3. Memaksakan diri agar bisa lebih spontan 

Terjebak di Karier Ekstrover, 7 Hal ini Pasti Dirasakan Para IntroverIlustrasi interview (unsplash.com)

Terkenal sebagai perencana yang baik, tak jarang membuat para introver berusaha untuk keluar dari zona nyamannya. Mereka sering memaksakan diri untuk melatih agar terbiasa dengan hal spontan dan tak terencana.

Bukan tanpa alasan, dunia profesional yang menuntut untuk adaptif terkadang mengharuskan semua orang memiliki sifat tersebut. Jika tidak tentu akan membuat para introver lebih mudah kecewa jika hal yang terjadi tidak sesuai perencanaan awal yang telah mereka buat.

4. Sering kali membuat orang lain salah paham 

Terjebak di Karier Ekstrover, 7 Hal ini Pasti Dirasakan Para IntroverIlustrasi kantor (unsplash.com)

Karakternya yang terlihat kaku dan sopan membuat introver sering disalahpahami. Jika belum mengenal orang lain dengan baik introver cenderung melindungi diri dengan bersifat secukupnya saja, yang kadang kala dikira tidak ramah

Bukan hanya soal itu saja, tak jarang introver juga disalahpahami karena terlihat kurang antusias dalam mengomunikasikan sesuatu. Padahal dalam hatinya mereka sangat bersemangat, namun pembawaannya saja yang memang tenang sehingga dikira sebaliknya.

5. Membawa beban pekerjaan sampai rumah 

Terjebak di Karier Ekstrover, 7 Hal ini Pasti Dirasakan Para Introverilustrasi seorang wanita (unsplash.com)

Sebagai pendengar yang baik, tak jarang si introver dicari untuk menuangkan cerita dari rekan kantor mereka. Hal inilah yang membuat introver terlalu banyak menyerap emosi orang lain sehingga stres pekerjaan bisa jadi bahan pikiran ketika di rumah.

Alasan lain karena introver cenderung sulit membagi cerita dan mengekspresikan diri ke orang lain. Itulah yang menyebabkan mereka memikirkan apapun sendiri bahkan sampai jam luar kantor.

6. Kerja tim sebenarnya membuat tersiksa saja 

Terjebak di Karier Ekstrover, 7 Hal ini Pasti Dirasakan Para Introverilustrasi seorang wanita (unsplash.com)

Walaupun menjadi sebuah rutinitas, namun team project sebenarnya bukan keahlian si introver. Mereka akan lebih menikmati untuk bekerja sendiri jika memang bisa memilih.

Bukan berarti introver tidak bisa kooperatif atau egois, pada dasarnya introver akan lebih produktif jika bisa sebebas mungkin dengan diri sendiri.

7. Ingin resign tapi akhirnya bertahan 

Terjebak di Karier Ekstrover, 7 Hal ini Pasti Dirasakan Para Introverilustrasi seorang wanita (unsplash.com)

Banyak hal yang membuat introver rasanya ingin resign dari pekerjaan yang ditekuni. Namun hal itu nyatanya hanya ucapan belaka, karena merekapun mempertimbangkan berbagai aspek jika meninggalkan pekerjaan tersebut. Misalnya karena besarnya tanggung jawab yang telah dipercayakan untuknya. Nilai moral menjadi pertimbangan besar untuk introver dalam mengambil keputusan.

Setiap orang pada dasarnya memang memiliki karakternya masing-masing. Namun demikian semua itu tentu bisa dimaksimalkan dan disiasati agar bisa sukses dalam segala bidang, termasuk karier.

Sugar Photo Verified Writer Sugar

Sky doesn't explain itself high

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya