Comscore Tracker

5 Tips Mengawali Hari Baru di Tempat Kerja, Jangan Jadikan Beban! 

Hari pertama kerja sering kali bikin kepikiran

Hari pertama masuk kerja selalu mendebarkan untuk siapapun. Walau telah menyelesaikan pendidikan dengan baik, namun tetap saja masih ada hal yang dikhawatirkan. Bagaimanapun kamu selalu jadi seperti anak baru terlepas dari pendidikan ataupun pengalaman kerjamu sebelumnya.

Membayangkan akan seperti apa lingkungan kerja baru, tak jarang membuatmu stres sendiri. Tak perlu khawatir berlebihan, tetap tenangkan diri dengan lima tips berikut ini di hari pertamamu bekerja.

1. Perbanyak senyum dan berusahalah mengingat nama rekan kerja

5 Tips Mengawali Hari Baru di Tempat Kerja, Jangan Jadikan Beban! Ilustrasi perempuan optimis (unsplash.com/@wiesehofer)

Memasuki lingkungan baru tentu akan menuntutmu untuk jadi orang yang aktif dan bisa adaptif. Bagaimanapun karena kamu orang baru sudah selayaknya banyak mencari tahu mengenai lingkunganmu saat ini.

Akan lebih baik jika kamu bisa bersikap ramah dengan siapa saja. Mengingat nama rekan kerja yang lainpun akan jadi poin plus bagimu. Perlu kamu ketahui, jika hal itu dilakukan nantinya akan menunjukkan bahwa kamu memberikan perhatian lebih pada mereka.

2. Tanamkan kepercayaan diri dengan kemampuanmu 

5 Tips Mengawali Hari Baru di Tempat Kerja, Jangan Jadikan Beban! Ilustrasi perempuan karier (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Insecure kerap kali menghampiri saat akan memulai hari yang baru. Sebaik apapun kualitas yang ada pada dirimu nyatanya tetap tak bisa mengalahkan kekhawatiran lebih yang dipunya. Jangan biarkan hal itu terus mengganggu pikiranmu. Percayalah bahwa kamu adalah kandidat terbaik pilihan perusahaan.

Buktikan hal itu dengan menunjukkan proforma terbaik yang dipunya. Tetap pertahankan optimisme yang sebelumnya kamu gunakan untuk mendapatkan posisi ini. Jangan biarkan user menilaimu berbeda dengan apa yang kamu tampilkan saat proses rekrutmen.

Baca Juga: 5 Bekal Diri yang Kamu Perlukan kalau Tiba-tiba Pindah Tempat Kerja

3. Jangan ragu meminta bantuan jika memang diperlukan 

5 Tips Mengawali Hari Baru di Tempat Kerja, Jangan Jadikan Beban! Ilustrasi perempuan (pexels.com/cottonbro)

Sebagai orang baru selalu ingat untuk mengosongkan gelasmu. Walaupun pernah bekerja pada bidang yang sama, sadari bahwa akan tetap ada hal berbeda yang dijalankan. Gak ada salahnya menjadi orang yang bijaksana dengan bertanya pada rekan atau orang yang lebih paham mengenai tempat kerjamu yang baru.

Berdiskusi dengan banyak orang akan lebih mudah mengenalkanmu dengan mereka. Selain itu kamupun gak akan sungkan lagi jika membutuhkan bantuan.

4. Amati lingkungan dan proses dalam pekerjaanmu 

5 Tips Mengawali Hari Baru di Tempat Kerja, Jangan Jadikan Beban! Ilustrasi rekan bisnis (pexels.com/Alexander Suhorucov)

Jadilah pegawai yang cerdas dengan mengamati bagimana alur kerja di kantormu. Pelajari bagaimana lingkungannya. Hal ini akan jadi krusial untukmu, tujuannya agar mudah dalam mengetahui apa yang harus dikerjakan. Pastikan jika kamu memberikan perhatian yang lebih pada hal tersebut.

Walaupun bertanya itu wajar tapi akan lebih baik jika kamu setidaknya mempunyai pegangan atau pengetahuan tentang pekerjaanmu. Hubungkan tiap kegiatan menjadi suatu pola dalam pekerjaan. Jika kamu lakukan, akan membuatmu mengetahui dengan siapa akan berkoordinasi dan memudahkan alur dalam bekerja.

5. Mulai buat rancangan strategis untuk penyelesaian pekerjaan 

5 Tips Mengawali Hari Baru di Tempat Kerja, Jangan Jadikan Beban! Ilustrasi bisnis (pexels.com/Vlada Karpovich)

Setelah merasa cukup dalam mengamati dan melakukan riset tentang lingkungan, mulai pikirkan mengenai rencana dan strategi dalam bekerja. Seringnya dalam satu hari akan ada target yang harus kamu capai.

Oleh karena itu biasakan untuk membuat rancangan harian agar tak ada satupun tugas yang terlewatkan. Hindari bekerja tanpa ada rencana. Bukan malah memudahkan hal itu hanya akan bikin masalah baru saja.

Semua orang pasti pernah melewati hari pertamanya dalam bekerja. Gak perlu terlalu diribetkan, karena semua akan berjalan baik selama kamu menanggapinya dengan lebih santai.

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Kualitas Pekerjaan sesudah Menikah, Penting!

Daisy Photo Verified Writer Daisy

Sky doesn't explain itself high

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya