Comscore Tracker

5 Tips Menjadi Pribadi yang Menyenangkan di Tempat Kerja, Gampang!

Semua orang pasti akan suka denganmu

Dalam dunia kerja pertemanan memang gak bisa disamakan dengan hubungan personal biasa. Bagaimana pun tetap ada batasan profesional yang harus dijaga. Tujuannya tak lain untuk menjaga kondusifnya tiap pekerjaan yang ada.

Bersikap ramah pada semua orang merupakan salah satu contoh hal kecil yang bisa dilakukan, untuk menjaga hubungan baik dengan semua. Gak perlu ribet lima hal berikut bisa membuatmu disukai oleh rekan kerja.

1. Tunjukkan ketertarikan dan aktiflah dalam mendengar

5 Tips Menjadi Pribadi yang Menyenangkan di Tempat Kerja, Gampang!Ilustrasi kantor (pexels.com/Mikhail Nilov)

Gak bisa ditampik bahwa dalam dunia profesional, kemampuan, dan attitude diharapkan seimbang besarnya. Menunjukkan ketertarikan dan kepedulian terhadap pekerjaan merupakan salah satu usaha yang bisa dilakukan.

Menjadi pendengar yang baik saat meeting dengan menghargai orang lain, serta berbicara pada waktunya menunjukkan bahwa kamu orang yang memiliki integritas tinggi dalam pekerjaan. Rekan kerjamu akan merasa nyaman dengan orang yang kooperatif dalam pekerjaan. Terlebih jika secara personalpun kamu orang menyenangkan.

2. Biasakan untuk berpikiran terbuka terhadap setiap kemungkinan

5 Tips Menjadi Pribadi yang Menyenangkan di Tempat Kerja, Gampang!Ilustrasi karier (pexels.com/George Milton)

Melanjutkan poin pertama selalu jadikan dirimu orang yang gak mudah puas akan apa yang diraih. Dengan selalu terbuka pada setiap kemungkinan atau jadi seorang yang open minded. Hal kecil yang bisa jadi contohnya adalah dengan menerima masukan yang diberikan oleh orang lain.

Ternyata memang bukan hal yang mudah untuk mendengar pendapat rekan kerja. Karena kamu merasa telah memiliki dan meyakini pemikiranmu sendiri. Ketahui bahwa dengan berdiskusi dan mau mengosongkan gelas kembali akan membuat kemungkinan makin beragam.

Baca Juga: 5 Tipe Kepribadian Pemicu Konflik dalam Hubungan, Hindari Secepatnya!

3. Jangan meminta feedback tanpa tujuan yang jelas

5 Tips Menjadi Pribadi yang Menyenangkan di Tempat Kerja, Gampang!Ilustrasi menulis (pexels.com/Judit Peter)

Hindari mencari perhatian dengan menanyakan kinerjamu selama ini apalagi hanya untuk validasi. Selama pekerjaan terselesaikan dengan benar jangan menuntut hal yang lebih lagi.

Percayalah bahwa semua rekan kerjamu mengerti dan menghargai profesionalitasmu itu. Jadi kamu tidak perlu mencari perhatian lewat hal-hal kecil tadi. Karena merekapun memiliki banyak pekerjaan yang lebih penting untuk diselesaikan.

4. Pertimbangkan semua masukan dari rekan kerja tanpa terkecuali

5 Tips Menjadi Pribadi yang Menyenangkan di Tempat Kerja, Gampang!Ilustrasi rekan bisnis (pexels.com/Alexander Suhorucov)

Pastikan bahwa selama ini kamu merangkul semua pihak dalam tim. Usahakan agar tidak ada satu orangpun yang luput dari perhatianmu.

https://www.idntimes.com/tag/hubunganMenjaga hubungan baik dengan semua rekan kerja memang gak semudah yang dikira. Jadi dengan menghormati dan menghargai mereka akan membuat dirinya diperhatikan olehmu. Ingat untuk tetap jadi pribadi supel dimanapun tempatnya.

5. Hindari melakukan sesuatu hanya untuk pembuktian semata

5 Tips Menjadi Pribadi yang Menyenangkan di Tempat Kerja, Gampang!Ilustrasi bercerita (pexels.com/SHVETS production)

Tak jarang kamu merasakan diri lebih tertantang hanya karena meladeni perkataan orang lain. Sehingga kamu mau melakukan hal tersebut. Nyatanya dalam bekerja, pastikan bahwa kamu memiliki produktivitas yang selalu terpelihara.

Jika ritme kerjamu masih naik turun tentu bukan tidak mungkin akan memengaruhi flow dalam sebuah pekerjaan. Karena apapun yang kamu kerjakan, nyatanya berhubungan dengan divisi lain. 

Memang menyeimbangkan antara hubungan personal dan profesional kadang gak mudah. Tapi kamu harus menyadari bahwa integritas dalam bekerja tetaplah hal pertama dalam dunia profesional. Pastikan bahwa dirimu cukup fleksibel untuk keduanya, ya!

Baca Juga: 5 Trigger Karyawan Resign dari Pekerjaan, 'PR' bagi HRD

Daisy Photo Verified Writer Daisy

Sky doesn't explain itself high

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya