Comscore Tracker

Mengejar Mimpi di Usia 30 Tahun? 7 Hal Ini yang Harus Kamu Lakukan 

Gak ada kata terlambat!

Hidup memang tidak selalu bisa ditebak. Mungkin di usia remaja kamu fokus pada hal lain yang membuatmu tidak bisa menggapai cita-cita atau bahkan melupakan mimpimu.

Tidak semua orang beruntung dan memiliki privilege dalam mengejar mimpinya. Jika saat ini kamu berumur 30 tahun atau lebih, dan berpikir bahwa mengejar mimpi adalah mustahil. Kamu salah, kamu tetap bisa kok mengejar mimpi di usiamu saat ini. Nah, di bawah ini tujuh hal yang harus kamu lakukan untuk mencapainya, ya!

1. Berdamai dengan masa lalu

Mengejar Mimpi di Usia 30 Tahun? 7 Hal Ini yang Harus Kamu Lakukan ilustrasi memegang burung (pexels.com)

Berdamai dengan masa lalu adalah hal pertama yang harus kamu lakukan. Selama ini kamu pasti merasa terbebani dengan masa lalu yang menuntutmu untuk bersikap realistis dan juga menjauh dari mimpimu. 

Berdamai dengan masa lalu penting agar kamu bisa mengejar apa yang ingin kamu capai dengan hati yang lebih tenang. Kamu boleh tetap bersikap realistis dan tetap bisa mengejar mimpi, kok!

Yuk, berdamai dengan masa lalu kamu. Sekelam dan sepahit apa pun, jadikan itu tempat pembelajaran yg terbaik. Jika sulit, kamu bisa minta bantuan profesional untuk menanganinya agar jalanmu meraih mimpi lebih mudah!

2.  Mengingat misi dan tujuan awal

Mengejar Mimpi di Usia 30 Tahun? 7 Hal Ini yang Harus Kamu Lakukan ilustrasi memegang buku (unsplash.com/David Iskander)

Coba ingat kembali, apa sih misi dan tujuanmu dalam meraih mimpi ini? Dalam salah satu podcast Raditya Dika, ia mengungkapkan bahwa seseorang yang memiliki misi dalam berkarya dan yang tidak akan berbeda bobot dari karya dan pekerjaan yang dijalani.

Jika misi dan tujuan berkarya dan bekerja hanyalah materi dan popularitas, tentu hasilnya akan berbeda dengan seseorang yang yang menjalani pekerjaan atau membuat sebuah karya dengan misi dan tujuan yang lebih besar dan mulia. Memiliki misi yang besar dan tulus akan membuat pekerjaan dan karyamu akan jauh lebih berkualitas. 

Jadi, Guys, kamu harus memiliki misi dan selalu mengingat tujuan awal, ini juga bisa membantumu untuk kuat dan gak menyerah. Saat kamu jatuh dan melewati hari-hari buruk, mimpimu akan menjadi alasan utama untuk kamu tetap berjuang dan berjalan.

Baca Juga: 5 Hal yang Seharusnya Gak Membuatmu Malu, Salah Satunya Impian!

3. Repetitive dan konsistensi

Mengejar Mimpi di Usia 30 Tahun? 7 Hal Ini yang Harus Kamu Lakukan ilustrasi bekerja (unsplash.com/Csaba Balazs)

Banyak orang yang tidak paham begitu besarnya pengaruh konsistensi dan repetitive dalam sebuah perjalanan hidup. Dengan melakukan pengulangan secara konsisten, kamu akan membentuk kebiasaan baru yang lebih baik.

Dilansir Science Daily, kita bisa mengubah kebiasaan baik dengan mengulang kebiasaan tersebut sampai kita terbiasa. Menurut penelitian yang melibatkan University of Warmick, Dr Elliot Ludvig dan rekannya di Princeton and Brown University, menunjukan bahwa kebiasaan baik dan buruk lebih bergantung pada seberapa sering kamu melakukan suatu tindakan. 

Nah, walaupun repetitive terlihat membosankan, seperti bangun pagi, bekerja dan melakukan rutinitas yang sama setiap hari. Namun, sebenarnya kebiasaan yang berulang itu adalah suatu hal yang mampu membawamu kepada hal yang lebih besar nantinya. Namun, pastikan kebiasaan berulang yang kamu lakukan setiap hari adalah kebiasaan baik, ya!

4. Meningkatkan keterampilan

Mengejar Mimpi di Usia 30 Tahun? 7 Hal Ini yang Harus Kamu Lakukan ilustrasi memasak (freepik.com)

Banyak orang yang terlalu puas dengan keahlian yang mereka miliki saat ini, sedangkan ilmu itu terus berkembang. Cobalah untuk mengambil sekolah formal dan informal, seperti kembali kuliah atau mengikuti banyak sekali sertifikasi skill tertentu.

Kamu juga bisa menambahkan keahlianmu dengan memanfaatkan media sosial untuk sarana belajar, mengikuti komunitas, rajin membaca, menonton video atau mendengar audio seperti podcast tentang pengalaman orang-orang yang bekerja di bidang yang ingin kamu raih.

Saat opportunity datang kepadamu, kamu sudah memiliki bekal yang lebih banyak karena kamu sudah memperluas skill-mu di bidang tersebut.

Baca Juga: 5 Tips Dapat Pekerjaan Impian ala Vina Maulina, Asisten Direktur BUMN

5.  Menjalani gaya hidup seimbang

Mengejar Mimpi di Usia 30 Tahun? 7 Hal Ini yang Harus Kamu Lakukan ilustrasi yoga (unsplash.com/Надя Кисільова)

Menjalani pola hidup seimbang menjadi salah satu kunci jika ingin meraih impianmu. Makan makanan sehat dan juga berolahraga 30 menit setiap hari wajib kamu lakukan. Yoga dan meditasi juga perlu dilakukan agar kamu bisa memiliki kualitas tidur dan mental yang sehat.

Dilansir Mayoclinic, aktivitas fisik merangsang berbagai bahan kimia di otak agar kamu bisa merasa rileks, bahagia dan juga tidak cemas. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah meraih mimpimu, bukan?

6. Menentukan deadline, goals dan review

Mengejar Mimpi di Usia 30 Tahun? 7 Hal Ini yang Harus Kamu Lakukan ilustrasi belajar (unsplash.com/Firmbee.com)

Tanpa menentukan deadline dan goals, kamu sulit mencapai impianmu. Memulai semuanya di usia 30 tahun, kamu harus memiliki strategi yang lebih baik. 

Dilansir INC, terdapat sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Applied Psychology menemukan bahwa orang yang berkomitmen pada tujuan lebih termotivasi. Ini mengikutsertakan struktur di otak seperti bagian otak Amigdala, bagian otak yang berkaitan dengan proses emosional. Selain itu juga lobus frontal, bagian otak yang berperan penting dalam mengendalikan gerak tubuh, menilai, merencanakan sesuatu, memecahkan masalah dan pengendalian diri. 

Kamu harus memiliki target, deadline atau goals. Lakukan review secara berkala agar kamu tahu apa saja step yang harus kamu stop dan kamu lanjutkan.

7. Merayakan setiap keberhasilan

Mengejar Mimpi di Usia 30 Tahun? 7 Hal Ini yang Harus Kamu Lakukan ilustrasi keberhasilan (freepik.com)

Meniti karier dengan profesi baru atau baru mulai untuk meraih mimpi mungkin kamu akan mengalami banyak kegagalan, cemooh dan juga kesulitan lainnya. Namun, dalam setiap titik keberhasilan jangan lupa untuk mengapresiasinya, ya!

Sekecil apa pun pencapaian yang kamu lakukan untuk meraihnya adalah proses dari hasil kerja kerasmu. Rayakan setiap keberhasilan karena saat kamu mengalami kegagalan lagi, kamu akan mengingat bahwa kamu pun pernah mengalami pencapaian dan keberhasilan.

Itu dia tujuh hal yang harus kamu lakukan untuk mencapai mimpimu di usiamu saat ini. Gak ada kata terlambat. Banyak loh orang sukses yang memulai karirnya bahkan di usia lebih dari 50 tahun. Sekarang kamu hanya tinggal memilih, mengejar mimpimu sekarang, atau menyesal di kemudian hari. Life is choice, Guys!

Baca Juga: 8 Tips untuk Fresh Graduate dalam Meraih Karier Impian

Icha Hulalata Photo Writer Icha Hulalata

Living Without Social Media || Email: Ichahulalata91@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya