Comscore Tracker

Berbekal Kecintaan akan Bollywood, Siti Nurjanah Jadi Penulis Terbaik 

Siti Nurjanah, Millennial of the Month March 2020 

Sebagai anak muda, kita harus menyibukkan hari-hari kita dengan berkarya. Karena hidup tanpa karya itu sakit dan memalukan. (Siti Nurjanah)

Film Bollywood memang identik dengan drama musikal dan tariannya yang khas. Namun, jangan salah, kualitasnya tidak kalah dari film-film sekelas Hollywood, lho. Itulah yang dirasakan Siti Nurjanah, community writer yang Maret ini dinobatkan sebagai Millennial of the Month IDN Times Community!

Kalau beberapa tahun terakhir artikel-artikel hiburan IDN Times identik dengan artis Indonesia dan Korea, Siti Nurjanah membuatnya kian beragam dengan mengirim banyak artikel artis Bollywood. Jangan salah, penggemar Bollywood di Indonesia juga melimpah, lho. Gak heran kalau artikel-artikel Siti sering banget viral. Buat kamu yang penasaran sama Siti Nurjanah yang bisa jadi penulis top bulan ini, simak wawancara eksklusifnya berikut ini, yuk!

1. Membuat tugas akhir kuliah dan artikel IDN Times Community jadi rutinitas Siti Nurjanah sehari-hari 

Berbekal Kecintaan akan Bollywood, Siti Nurjanah Jadi Penulis Terbaik dok. pribadi/Siti Nurjanah

Siti Nurjanah atau akrab disapa Nunuy saat ini tengah berjuang keras untuk menyelesaikan tugas akhirnya di jurusan Pendidikan IPS UPI (Universitas Pendidikan Indonesia). Sejak berkuliah di UPI, Nunuy mengaku mendapat banyak dorongan untuk produktif menulis dan ikut perlombaan, terutama dari para dosen.

Sejak mengikuti Kompetisi Pemikiran Kritis Mahasiswa (KPKM) yang diselenggarakan oleh Kemenristekdikti dan meraih juara keempat, dara berumur 23 tahun ini merasakan bahwa ia memiliki potensi untuk berkarya melalui tulisan. Singkat cerita, potensi inilah yang membawa Nunuy berkarya di IDN Times Community.

Adapun, kegiatan Nunuy saat ini adalah menyelesaikan tugas akhir kuliah dan mengirim artikel ke IDN Times Community. Di masa pandemik COVID-19 sekarang ini, Nunuy mengaku kalau IDN Times Community membuat hari-harinya tetap positif dan produktif.

2. Nunuy menyesal gak kenal IDN Times Community dari lama  

Berbekal Kecintaan akan Bollywood, Siti Nurjanah Jadi Penulis Terbaik dok. pribadi/Siti Nurjanah

Awalnya, Nunuy adalah pembaca artikel-artikel lifestyle IDN Times. Saat melihat bagian bawah artikel, Nunuy menyadari kalau IDN Times Community adalah platform yang membuka kesempatan untuk para pembaca untuk turut menjadi penulis.

Pada pertengahan 2018, Nunuy mendaftar sebagai community writer. Namun, ia baru mengirimkan artikel pertamanya pada 12 Juni 2019 dan langsung terbit! Adapun, judul artikelnya adalah “10 Pesona Soha Ali Khan, Ipar Kareena Kapoor yang Awet Muda”. Meski begitu, Nunuy agak menyesal baru mengenal IDN Times Community saat itu.

Ada cerita menarik saat saya mengontrak mata kuliah Bahasa Indonesia. Dosennya mengatakan bahwa kami bisa mendapat nilai A tanpa ikut perkuliahan dan mengerjakan tugas. Syaratnya cuma satu yaitu menulis artikel dan diterbitkan oleh media, lokal pun tidak masalah. Coba saya sudah aktif menulis di IDN Times sejak 2017, saya pasti dengan bangga menunjukkan artikel-artikel saya yang berhasil terbit supaya mendapat nilai A dengan mudah, hehe. Apalagi, IDN Times cakupannya nasional.

Baca Juga: 5 Sisi Menyenangkan Jadi Seorang Community Writer di IDN Times

3. Lantas, kenapa sih Nunuy suka bikin artikel artis Bollywood?  

Berbekal Kecintaan akan Bollywood, Siti Nurjanah Jadi Penulis Terbaik dok. pribadi/Siti Nurjanah

Artikel-artikel artis Bollywood yang dikirim Nunuy ke IDN Times Community tentu saja berangkat dari kecintaannya akan film-film Hollywood.

Karena Bollywood adalah industri film yang besar dan dinamis, banyak artisnya yang berhasil mendunia, seperti Amitabh Bachchan, Shah Rukh Khan, Salman Khan, Aamir Khan, Hrithik Roshan, Aishwarya Rai, dan Priyanka Chopra Jonas. Bagi saya, sangat menarik untuk mengulik segala-sesuatu tentang Bollywood dan mengangkatnya menjadi sebuah tulisan.

Bagi Nunuy, artikel seputar Bollywood tak akan ada matinya karena setiap tahun pasti ada saja wajah baru, festival, dan ajang penghargaan yang digelar di India. Ia berharap tulisannya bisa memberikan informasi, pengetahuan, dan bisa menggambarkan apa yang terjadi di Bollywood sana kepada para penggemar Bollywood di Indonesia. Ia pun berharap kalau masyarakat Indonesia bisa melihat Bollywood dari sudut pandang positif dan gak terfokus pada stereotip “Film India itu, mau sedih atau senang, yang penting nari.”

4. Jika dijumlah, artikel-artikel Nunuy sudah dibaca ratusan ribu kali! Belum lagi, ia mendapat penghasilan tambahan dari karya-karyanya  

Berbekal Kecintaan akan Bollywood, Siti Nurjanah Jadi Penulis Terbaik dok. pribadi/Siti Nurjanah

Sudah ratusan artikel yang dikirimkan Nunuy. Pembacanya pun juga sudah mencapai ratusan ribu. Adapun, artikel tertingginya, “11 Artis Bollywood yang Memutuskan Pindah Agama, Ada Hema Malini!”, mendapat lebih dari 80 ribu pembaca.

Ketika mendapat notifikasi artikel terbit, Nunuy mengaku senangnya bukan main. Ia merasa seperti diberikan kepercayaan dan didukung oleh segenap editor. Ia pun menganggapnya sebagai motivasi untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas artikel yang akan ia kirimkan ke depannya.

Jutaan rupiah pun sudah ia hasilkan dari artikelnya. Belum lagi, IDN Times Community sering bagi-bagi bonus poin. Uang yang ia hasilkan biasa Nunuy pakai untuk jajan, beli kuota internet, bekal praktikum, bayar kosan, bahkan ia pun pernah pakai untuk bayar kuliah!

5. Di IDN Times Community, semua bisa menulis apa pun dan saling berbagi ilmu  

Berbekal Kecintaan akan Bollywood, Siti Nurjanah Jadi Penulis Terbaik dok. pribadi/Siti Nurjanah

Nunuy memang fokus menulis artikel artis Bollywood di IDN Times Community, tapi ia pun juga pernah menulis topik seru lain, seperti pengalaman KKN (Kuliah Kerja Nyata), Pendidikan Bela Negara, dan pengalaman praktikum di Baduy dalam.

Ia pun bersyukur karena di IDN Times Community, ia bisa banyak berkembang. Itu karena setiap tulisannya banyak mendapat masukan maupun revisi sebelum diterbitkan.

Saya banyak belajar dari editor dan teman-teman community writer lain tentang pemilihan gambar, kalimat pembuka dan penutup yang efektif, subjudul yang menarik, dan gaya bahasa yang tepat supaya artikel saya terlihat "hidup".

Dari pengalaman seru selama di IDN Times Community, Nunuy mengaku semangat untuk mengajak teman-teman, kakak tingkat, dan adik tingkatnya ikut serta menulis artikel di IDN Times Community.

Jadi, apa kamu juga ingin menjadi Millennial of the Month seperti Nunuy? Kirim karyamu sebaik-baiknya dan sebanyak-banyaknya, ya!

Baca Juga: 5 Pengalaman Akan Kamu Rasakan Selama Menulis di IDN Times Community

IDN Times Community Photo Verified Writer IDN Times Community

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya