Comscore Tracker

7 Profesi Identik Laki-laki yang Kini Juga Digeluti Perempuan

Perempuan juga bisa!

Banyak profesi mayoritas didominasi oleh pria. Banyak yang beranggapan bahwa perempuan memiliki keterbatasan sehingga sulit melakukan pekerjaan yang dilakukan oleh pria.

Sekarang lapangan pekerjaan untuk perempuan dan laki-laki sudah terbuka untuk keduanya. Jarak sosial yang memisahkan pekerjaan yang biasa dilakukan pria juga semakin mengecil. Sekarang banyak profesi yang bisa dilakoni oleh perempuan.

Beberapa profesi yang identik dengan pria tersebut telah dirangkum di sini. Yuk, simak ulasannya.

1. Pembalap

7 Profesi Identik Laki-laki yang Kini Juga Digeluti Perempuanthenational.ae

Mengendarai kendaraan dengan kecepatan tinggi di lintasan atau balapan merupakan olahraga yang tidak bisa dilakukan oleh sembarangan orang. 

Pembalap juga identik dengan laki-laki hampir setiap balapan bergengsi yang memacu kecepatan tinggi dilakukan pria, namun jangan salah perempuan juga bisa melakukannya saat ini sudah banyak pembalap perempuan baik untuk kendaraan roda dua maupun roda empat.

2. Pilot

7 Profesi Identik Laki-laki yang Kini Juga Digeluti Perempuanstandard.co.uk

Pengemudi pesawat terbang baik menjadi pilot atau kopilot masih masih didominasi kaum pria. Kebanyakan wanita di dunia dirgantara bekerja sebagai pramugari. 

Menjadi penerbang pesawat dibutuhkan mental dan keahlian yang mumpuni. Menerbangkan pesawat pun merupakan tugas yang memiliki tanggung jawab yang besar, karena menyangkut keamanan penumpang.

Saat ini profesi yang identik dengan pria ini lambat laun telah digeluti juga oleh perempuan. Kini pilot perempuan juga sudah semakin banyak kemampuan mereka tidak kalah dari laki-laki.

3. Atlet sepak bola

7 Profesi Identik Laki-laki yang Kini Juga Digeluti Perempuancnbc.com

Sepak bola olahraga paling populer di dunia ini identik dengan laki-laki hampir setiap kejuaraan bergengsi di dunia yang disorot adalah pemain laki-laki. Pemain perempuan kurang mendapati sorotan.

Dalam beberapa tahun ini pemain sepak bola perempuan telah banyak dikenal publik, mereka sudah dianggap memiliki kemampuan yang tak kalah bagus dari pemain laki-laki. Seperti beberapa tayangan sepak bola wanita yang sudah mulai banyak disiarkan.

Beberapa sekolah sepak bola di Indonesia mulai banyak diminati perempuan. Mereka mulai ikut terjun dalam dunia sepak bola.

Baca Juga: 5 Pola Pikir Ini Harus Dimiliki Jika Ingin Kariermu Cemerlang

4. Atlet angkat besi

7 Profesi Identik Laki-laki yang Kini Juga Digeluti Perempuanrediff.com

Dibanding laki-laki secara fisik perempuan memang lebih lemah, karena perbedaan hormon. Karena fisik yang lebih lemak atlet angkat besi perempuan masih jarang dibanding peminat laki-laki. Selain itu olahraga angkat besi pun jauh kalah populer dibanding olahraga lain seperti bulu tangkis, basket, sepak bola, dan olahraga lainya.

Dengan melakukan latihan rutin dan mengonsumsi suplemen yang menunjang, perempuan juga bisa menjadi atlet angkat besi. Di Indonesia atlet angkat besi perempuan juga banyak yang berprestasi salah satunya Sri Wahyuni Agustiani yang kerap memperoleh medali di berbagai kejuaraan dunia.

5. Pemadam kebakaran

7 Profesi Identik Laki-laki yang Kini Juga Digeluti Perempuanreal-fix.com

Pemadam kebakaran profesi yang memiliki tugas berat untuk memadamkan kebakaran dan bahkan menerobos api untuk menyelamatkan. Pekerjaan berat seperti itu biasanya identik dengan laki-laki.  

Saat ini profesi pemadam kebakaran banyak juga perempuan yang menekuninya, meski masih jauh lebih banyak laki-laki yang bekerja di bidang tersebut.

6. Masinis

7 Profesi Identik Laki-laki yang Kini Juga Digeluti Perempuanjakartamrt.co.id

Masinis profesi pengemudi kereta ini identik dengan pria. Di Indonesia hampir semua masinis laki-laki, baru pada akhir tahun 2014 di buka pendaftaran untuk masinis perempuan oleh PT. KAI. Saat ini di MRT ada 6 masinis perempuan.

7. Nahkoda

7 Profesi Identik Laki-laki yang Kini Juga Digeluti Perempuancruisecrazies.com

Nahkoda profesi ini juga identik dengan pria, terutama di kapal kontainer pengangkut barang atau di kapal militer.

Perofesi nahkoda menuntut untuk berlayar jauh mereka harus memahami cuaca dan laut tempat mereka berlayar. Di Indonesia yang negara kepulauan sangat dibutuhkan nahkoda untuk transportasi.

Saat ini nahkoda perempuan di Indonesia sudah cukup banyak, walaupun masih jauh lebih banyak pria. Kapten Kartini merupakan pelopor nahkoda perempuan Indonesia, dalam literatur sejarah dia tercatat sebagai nahkoda perempuan pertama Indonesia.

Bagaimana kalian para pembaca perempuan ada yang berminat bekerja di salah satu profesi di atas?

Baca Juga: Biar Cepat Kelar! Ini 5 Tips Menghalau Sikap Perfeksionis dalam Karier

Ifan Wijaya Photo Community Writer Ifan Wijaya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You