Comscore Tracker

5 Alasan Penting Kenapa Pegawai dan Atasan Harus Sering Komunikasi

Kerjasama yang utama

Dalam hal apapun, komunikasi merupakan salah satu hal yang biasanya menjadi pondasi utama sebuah hubungan sosial. Termasuk saat bekerja, komunikasi antara atasan dan bawahan mutlak diperlukan agar menciptakan suasana kerja yang nyaman dan menyenangkan. Tak hanya menjalin pertautan secara emosional, komunikasi yang efektif juga bisa menjadi salah satu solusi efektif terciptanya tujuan perusahaan.

Nah, berikut ini beberapa alasan mengapa komunikasi sangat diperlukan dalam pekerjaan yang harus dilakukan oleh atasan dan para bawahannya.

1. Menciptakan suasana kerja yang menyenangkan dan menghilangkan ketegangan

5 Alasan Penting Kenapa Pegawai dan Atasan Harus Sering KomunikasiPixabay.com/089photoshootings

Sudah pasti, komunikasi yang efektif tentu saja akan memberikan suasana dan lingkungan kerja yang kondusif dan menyenangkan. Meski masih harus menghormati kedudukan masing-masing, ketegangan para bawahan terhadap atasan sudah pasti akan mencair seketika. Suasana kerja yang hangat dan bersahabat akan mencuatkan semangat kerja bagi seluruh pegawainya.

2. Meminimalisir persepsi dan interpretasi yang salah kaprah

5 Alasan Penting Kenapa Pegawai dan Atasan Harus Sering KomunikasiPixabay.com/rawpixel

Karena komunikasi sudah dijadikan kebiasaan, maka persepsi dan interpretasi yang salah kaprah antara bos dan bawahannya sudah pasti akan tergerus dengan sendirinya. Dengan adanya komunikasi, tak ada lagi prasangka dan dugaan-dugaan negatif seorang bos kepada bawahan, atau dari pegawai kepada atasannya.

3. Kinerja menjadi terarah, terencana, dan sesuai dengan target

5 Alasan Penting Kenapa Pegawai dan Atasan Harus Sering Komunikasiindiatoday.in

Meski tak formal sekalipun, komunikasi yang efektif antara atasan dan pegawai biasanya akan membahas juga masalah-masalah pekerjaan. Karena dibicarakan secara berkala, maka kinerja para pegawai sudah pasti akan terencana, terarah, dan sesuai dengan target perusahaan. Maka jangan heran saat kamu menjadikan komunikasi sebagai bagian penting kehidupan, kamu akan merasakan kekuatan besar untuk melakukan pekerjaan lebih baik.

Baca Juga: 5 Sisi Baik yang Bisa Dipetik Saat Tak Kunjung Mendapat Pekerjaan 

4. Ide-ide tak terduga dan segar sudah pasti akan didapatkan

5 Alasan Penting Kenapa Pegawai dan Atasan Harus Sering KomunikasiPixabay.com/rawpixel

Karena dibicarakan secara langsung, komunikasi efektif di dalam kantor biasanya akan melahirkan ide-ide segar dan terduga dari para pegawainya. Karena isi kepala dan pikiran setiap pegawai berbeda-beda, maka akan selalu saja ada hal-hal tak terduga yang bisa mengembangkan potensi demi kemajuan perusahaan.

5. Mampu mencapai tujuan perusahaan secara efektif, efisien, dan maksimal

5 Alasan Penting Kenapa Pegawai dan Atasan Harus Sering Komunikasishrm.org

Dan akhirnya, komunikasi yang sudah terjalin baik antara bos dan pegawai tentu saja akan menemukan muara titik terang; terciptanya tujuan perusahaan. Tujuan perusahaan yang sudah dicapai tentu saja tak akan berhasil tanpa adanya kerja sama dari berbagai pihak, termasuk komunikasi yang efektif antara bos dan bawahannya.

Jika komunikasi sudah terjalin dengan baik, maka kinerja dan kesejahteraan kamu dalam bekerja pun sudah pasti akan baik dan meningkat.

Baca Juga: 5 Gambaran Perjuangan Jobseeker yang Gak Kunjung Dapat Pekerjaan

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You