Comscore Tracker

6 Cara Elegan Ketika Ingin Ajukan Resign Meski Berstatus Pegawai Baru

Bisa dicontoh nih buat kalian yang mau resign!

Dalam kehidupan, terkadang apa yang kita bayangkan sangat jauh berbeda dengan kenyataan. Sebagai manusia biasa, kamu pasti pernah memimpikan bekerja di sebuah perusahaan bonafid dengan gaji selangit, rekan-rekan kerja yang saling memotivasi, dan lingkungan kerja yang sehat.

Namun nahasnya, kamu malah terdampar di sebuah perusahaan yang saling bertolak belakang dengan impian dan bayangan kamu sebelumnya. Sudah pekerjaan tidak sesuai dengan keahlian, gaji di bawah standar hidup layak, rekan kerja yang saling menjatuhkan, dan atasan yang kurang profesional, siapa yang tidak merasa tertekan?

Ketika kamu merasa kurang atau tidak sreg dengan pekerjaan yang sekarang, pasti terbersit dalam fikiran untuk mengajukan resign. Namun, permasalahannya bukan tentang mudah atau tidaknya mengajukan resign, melainkan kamu masih merupakan pegawai baru yang baru beberapa minggu bekerja.

Di satu sisi kamu harus bertahan karena harus beradaptasi dengan lingkungan kerja baru, sementara di sisi lain hati kamu memberontak ingin segera hengkang dari perusahaan. Daripada menyiksa diri dengan tetap bekerja, mengajukan resign adalah pilihan yang tidak selalu salah.

Namun ingat, sebelum mengajukan pengunduran diri, tak ada salahnya melakukan beberapa hal di bawah ini agar kamu bisa dianggap sebagai pegawai yang beretika.

1. Mencoba beradaptasi lebih lama

6 Cara Elegan Ketika Ingin Ajukan Resign Meski Berstatus Pegawai Barubuydirectonline.com.au

Kamu tentu saja tidak bisa menentukan ketidakcocokan atau kecocokan kamu dengan lingkungan kerja hanya dalam beberapa waktu singkat. Perlu adaptasi yang cukup lama sehingga benar-benar bisa menyimpulkan bahwa perusahaan tersebut sesuai atau tidak dengan passion yang selama ini kamu inginkan.

Cobalah beradaptasi setidaknya selama 3 bulan sebelum kamu benar-benar meniatkan diri untuk segera hengkang dari perusahaan. Jika selama jeda waktu tersebut kamu masih merasa tidak nyaman dengan lingkungan kerja tersebut, tidak ada alasan lagi kamu untuk bertahan lebih lama di sana.

2. Telisik alasan utama ketidaknyamanan di kantor

6 Cara Elegan Ketika Ingin Ajukan Resign Meski Berstatus Pegawai Barucareerbuilder.com

Terkadang, masalah kenyamanan atau ketidaknyamanan kamu terhadap lingkungan kerja sebenarnya hanya masalah persepektif. Kamu merasa tidak nyaman dengan perusahaan tersebut, padahal orang lain merasa baik-baik saja bekerja di sana.

Telisik lebih dalam alasan mengapa kamu merasa tidak sreg dengan perusahaan sehingga menyebabkan kamu merasa tidak nyaman. Jika alasannya hanya karena tidak cocok dengan rekan kerja, atasan, ataupun pekerjaan, bisa jadi hal tersebut hanya masalah pandangan pribadi yang sifatnya sementara.

Namun, jika memang ketidakcocokan tersebut berlangsung lama dan menyebabkan kehidupan kamu menjadi terganggu, resign memang merupakan pilihan terbaik.

3. Bandingkan sisi positif dan negatifnya

6 Cara Elegan Ketika Ingin Ajukan Resign Meski Berstatus Pegawai Baruthebalance.com

Selalu ada dua sisi dari setiap hal dalam kehidupan, termasuk dalam dunia kerja yang sedang kamu hadapi. Buatlah daftar berupa hal-hal yang saling bertolak belakang tentang sesuatu yang membuat kamu nyaman dan tidak nyaman.

Mungkin saja kamu tidak suka dengan rekan kerja tapi memiliki atasan yang baik hati. Bisa juga kamu kurang sreg dengan lingkungan kerja namun suka dengan fleksibilitas waktu yang diterapkan perusahaan.

Jika hal-hal negatif dari daftar yang kamu buat lebih banyak daripada hal-hal positifnya, kamu memang harus segera mengajukan pengunduran diri.

4. Diskusikan permasalahan dengan atasan

6 Cara Elegan Ketika Ingin Ajukan Resign Meski Berstatus Pegawai Baruinternationalscienceediting.com

Jika merasa atasan kamu adalah seorang bos yang akomodatif yang mau mendengar segala keluhan bawahannya, jangan sungkan untuk mendiskusikan ‘keresahan’ kamu dengannya. Jelaskan secara gamblang alasan-alasan dan penyebab kamu merasa tidak sreg dengan lingkungan kerja kamu yang sekarang dan minta pendapatnya secara langsung.

Bisa saja atasan kamu memberikan masukan yang positif dan bersedia memindahkan dan menempatkan kamu ke divisi yang sesuai dengan keahlian kamu. Namun jika masih merasa tidak sreg dengan perusahaan meski berbeda divisi, pilihan ada di tangan kamu: bertahan atau resign.

5. Pastikan sudah memiliki cadangan pekerjaan lain

6 Cara Elegan Ketika Ingin Ajukan Resign Meski Berstatus Pegawai Baruaveree.co.uk

Jangan sampai setelah mengajukan resign kamu belum memiliki cadangan pekerjaan lain yang lebih baik atau setidaknya sepadan dengan tempat kerja yang sekarang. Kamu tidak mau kan luntang-lantung mencari pekerjaan kesana-kemari padahal pekerjaan sebelumnya masih bisa diandalkan.

Bukankah lebih baik berstatus sebagai ‘pegawai’ daripada sebagai ‘pengangguran’ yang akan membuat hidupmu semakin tidak bermutu. Kemukakan juga alasan positif mengapa kamu hengkang dari perusahaan padahal masih berstatus sebagai pegawai baru.

Hal tersebut dimaksudkan agar tidak sulit menjelaskan ketika ditanya penyebab resign-nya kamu dari perusahaan lama.

6. Sampaikan dan resign dengan elegan

6 Cara Elegan Ketika Ingin Ajukan Resign Meski Berstatus Pegawai Barucommunity.mystar12.com

Jika semua pertimbangan telah membuat kamu yakin bahwa kamu memang harus segera resign, maka kamu harus melakukan hal tersebut dengan elegan. Jangan mentang-mentang kamu akan berniat hengkang dari perusahaan, kamu bekerja asal-asalan dan sama sekali tidak peduli dengan kemajuan perusahaan.

Satu hal yang harus kamu pahami, perusahaan biasanya akan lebih mengingat ‘hal-hal baik’ pegawai ketika akan berhenti kerja daripada ‘hal-hal baik’ pegawai ketika kamu mulai bekerja. Jadi, tinggalkan kesan baik bagi perusahaan sebelum kamu memang benar-benar tidak terikat lagi dengan perusahaan tersebut.

Dengan menerapkan langkah-langkah di atas, setidaknya kamu bisa meninggalkan kesan baik bagi perusahaan. Meskipun perusahaan tidak memberikan kenyamanan yang benar-benar sesuai dengan keinginanmu, tidak lantas membuat kamu berbuat seenaknya tanpa memperhatikan norma dan etika.

Resign-lah dengan cara yang baik dan elegan, niscaya kebaikan di perusahaan baru pun akan kamu dapatkan.

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya