Comscore Tracker

Waspada, Ini 6 Ciri Khas Loker Abal-abal yang Kian Marak

Jangan langsung percaya dengan iming-iming tak masuk akalnya ya?

Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, orang memang dituntut harus bekerja. Namun di zaman sekarang, mendapat pekerjaan bukanlah sebuah perkara mudah.

Perbandingan antara jumlah pencari kerja tidak sebanding dengan tempat kerja. Akibatnya, pengangguran merajalela dimana-mana.

Hal ini membuat orang-orang tak bertanggungjawab mulai melancarkan aksi tak terpujinya. Dengan membuat lowongan pekerjaan fiktif atau palsu.

Biasanya orang-orang ‘nekat’ ini mulai menjaring orang-orang yang memang sedang mengalami kesulitan untuk mencari pekerjaan. Lalu, bagaimana sih ciri-ciri sebuah lowongan pekerjaan abal-abal yang patut diwaspadai?

Simak ulasan di bawah ini, dan pastikan kamu yang sedang mencari info lowongan pekerjaan tidak langsung percaya dengan iming-iming gaji selangit yang tidak masuk akal.

1. Jebakan dan modus sebagai HRD

Waspada, Ini 6 Ciri Khas Loker Abal-abal yang Kian Marakthebalance.com

Di awal-awal perekrutannya, biasanya loker abal-abal akan langsung mengaku sebagai HRD yang sedang mencari kandidat pegawai terbaik. Dengan kalimat-kalimat yang meyakinkan, mereka akan habis-habisan mengerahkan segala daya agar korban terjerat dalam perangkapnya.

Padahal, sejatinya sebuah perusahaan tidak akan mati-matian mengajak orang lain untuk masuk dalam perusahaannya. Setiap perusahaan biasanya akan melakukan sistem rekrutmen sesuai dengan prosedur seperti perusahaan umum lainnya.

2. Langsung menelepon dengan nomor seluler biasa

Waspada, Ini 6 Ciri Khas Loker Abal-abal yang Kian Marakpenningtonosteopathy.co.uk

Hati-hati jika mendapat telefon yang menawarkan pekerjaan dengan menggunakan nomor telepon seluler biasa. Umumnya, setiap perusahaan biasanya akan menggunakan nomor telepon resmi (nomor kantor) ketika memanggil calon peserta untuk mengikuti tes.

Nomor telepon seluler biasa, kerap digunakan oleh orang-orang tak bertanggung jawab untuk menipu. Lebih berbahaya lagi jika si penelpon menggunakan ilmu hipnotis untuk mengeruk keuntungan finansialnya sendiri.

3. Menggunakan website dan domain email gratisan

Waspada, Ini 6 Ciri Khas Loker Abal-abal yang Kian Marakfossbytes.com

Nah, inilah yang menjadi pembeda utama antara loker murni dan loker abal-abal. Perusahaan resmi, tentu saja memiliki website resmi yang biasanya berakhiran .go.id, ac.id, or.id, co.id tanpa nama lain lagi dibelakangnya.

Sedangkan loker abal-abal sudah pasti akan menggunakan website dengan menggunakan domain blog gratis seperti wordpress.com, blogspot.com dan sejenisnya. Alamat email loker fiktif pun biasanya mengambil domain gratisan seperti @yahoo, @gmail, @ymail, dan sejenisnya.

Jadi, cukup mudah membedakan loker murni dengan loker bodong dari penggunaan website dan email saja.

4. Lokasi wawancara jauh dari tempat tinggal

Waspada, Ini 6 Ciri Khas Loker Abal-abal yang Kian Marakbisnow.com

Jika kamu berdomisili di Serang, Banten tapi mendapat lokasi wawancara di Papua. Sudah pasti kamu terjebak dalam loker abal-abal.

Lokasi tes yang jauh dari tempat tinggal peserta biasanya sengaja dibuat jauh agar calon korban bisa mengeluarkan biaya. Entah biaya untuk akomodasi, penginapan selama tes atau biaya-biaya tak masuk akal lainnya.

5. Tanpa melalui tes formal tapi langsung wawancara

Waspada, Ini 6 Ciri Khas Loker Abal-abal yang Kian Marakurbanbalance.com

Kamu wajib waspada jika mendapat telepon dari sebuah perusahaan meski sebelumnya kamu tidak mengirimkan surat lamaran ke perusahaan tersebut. Untuk meyakinkan para calon korban, mereka biasanya akan mempermudah seleksi penerimaan tanpa tes dan hanya akan melakukan wawancara.

Kebanyakan pelamar memang kerap merasa malas melakukan tes formal dan ingin segera langsung masuk tahap wawancara. Padahal, trik seperti itu biasanya hanya dilakukan oleh perusahaan abal-abal yang sudah banyak menjerat korban.

6. Meminta sejumlah uang

Waspada, Ini 6 Ciri Khas Loker Abal-abal yang Kian Marakmikeiamele.com

Nah, ini lah yang paling sering terjadi saat ada perusahaan yang meminta sejumlah uang agar bisa masuk dalam perusahaannya. Anehnya, masih banyak saja orang-orang yang tertipu dengan trik-trik kotor perusahaan bodong seperti ini.

Pola pikir manusia zaman now yang segala sesuatunya bisa diselesaikan dengan uang menjadi penyebab utama orang terjerat dalam penipuan seperti ini. Padahal, sejatinya perusahaan resmi tidak akan memungut biaya apapun dari seleksi penerimaan pegawainya.

Teliti dan hati-hati ketika mendapatkan iklan lowongan pekerjaan yang tiba-tiba datang tak terduga melalui broadcast. Pastikan perusahaan yang akan kamu lamar memiliki nama yang sudah dikenal masyarakat luas.

Jika merasa ada sesuatu yang janggal dengan sistem dan prosedur yang tidak biasa, jangan sungkan untuk langsung meninggalkan loker palsu tersebut.

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You