Comscore Tracker

Wajib Tahu, Ini 5 Jenis Interview yang Sering Dilakukan Perusahaan

Persiapkan kemungkinan jawaban yang paling sering diajukan

Interview atau wawancara kerja adalah sebuah momok yang menakutkan bagi setiap calon pegawai, terutama para fresh graduate. Meski begitu, kandidat yang sudah berpengalaman mengikuti tes kerja pun terkadang bisa saja gugup dan cemas saat mengikuti interview.

Ada hal-hal tak terduga yang biasanya menjadi pertanyaan dalam interview yang membuat seorang kandidat berhasil lolos atau tidak menjadi pegawai di dalam perusahaan tersebut. Sebelum melangkah lebih jauh tentang apa dan bagaimana sebuah interview dilakukan, kamu perlu tahu dulu jenis-jenis wawancara kerja yang satu diantaranya pasti sudah pernah kamu ikuti.

Apa saja jenis-jenis wawancara tersebut? Langsung saja kita simak ulasan di bawah ini.

1. Interview empat mata

Wajib Tahu, Ini 5 Jenis Interview yang Sering Dilakukan Perusahaancnbc.com

Interview jenis ini adalah wawancara yang paling sering dilakukan oleh banyak perusahaan. Sifatnya yang umum membuat calon pegawai merasa bisa leluasa lolos dalam seleksi tahap ini.

Wawancara jenis ini biasanya dilakukan secara ‘one on one’. Satu pewawancara akan melakukan tanya jawab dengan satu kandidat, satu persatu.

Isi pertanyaan yang menjadi bahan interview pun biasanya menyangkut hal-hal umum seperti biodata, pendidikan, tempat tinggal, atau pengalaman kerja. Meski terdengar mudah, interview jenis ini merupakan penilaian penting untuk mengetahui apakah kandidat tersebut berkompeten atau tidak.

2. Interview panel

Wajib Tahu, Ini 5 Jenis Interview yang Sering Dilakukan Perusahaanjellyfish.by

Interview jenis ini biasanya dilakukan setelah kandidat melewati interview one on one. Dalam satu ruangan, calon pegawai biasanya akan menghadapi setidaknya tiga pewawancara sekaligus.

Rasa gugup atau kecemasan akan bertambah tiga kali lipat dari wawancara awal. Tiga pewawancara yang biasanya berasal dari divisi berbeda akan mengajukan beberapa pertanyaan yang juga berbeda.

Meski berbeda, namun pertanyaan tersebut memiliki inti yang sama dimana seorang kandidat harus memiliki kemampuan tertentu dalam memajukan perusahaan.

3. Interview langsung ketika job fair

Wajib Tahu, Ini 5 Jenis Interview yang Sering Dilakukan Perusahaanwikipedia.org

Hampir sama dengan interview one on one, wawancara jenis ini biasanya dilakukan langsung di tempat dimana job fair diadakan. Jenis pertanyaan dalam interview ini biasanya tidak akan melebar ke hal-hal yang lebih mendalam dan dari segi waktu pun terbilang lebih singkat dari interview one on one.

Karena pelamar membludak ketika job fair berlangsung, mau tidak mau perusahaan akan melakukan interview hanya dengan mengeluarkan pertanyaan-pertanyaan standar.

4. Interview melalui telepon

Wajib Tahu, Ini 5 Jenis Interview yang Sering Dilakukan Perusahaancareerbuilder.com

Wawancara jenis ini biasanya dilakukan saat si pewawancara sedang berada di tempat yang jauh dengan kandidat pegawai. Entah karena terlalu sibuk atau memang sudah menjadi sistem rekrutmen tersendiri, pihak pewawancara akan melakukan sesi tanya jawab melalui sambungan telepon atau jika memungkinkan melalui video call.

Meski tidak bertatap muka secara langsung, jangan menganggap remeh jenis interview seperti ini karena perusahaan memiliki penilaian tersendiri ketika melakukan rekrutmen calon pegawainya.

5. Interview santai sambil makan siang

Wajib Tahu, Ini 5 Jenis Interview yang Sering Dilakukan Perusahaanhowardandhowardevents.com

Meski terkesan santai, jenis interview ini tetap akan menjadi penilaian bagi perusahaan untuk menentukan kandidatnya lolos atau tidak menjadi pegawai. Tes tanya jawab ini biasanya dilakukan setelah kandidat lolos dalam interview sebelumnya.

Dan biasanya, sesi interview seperti ini dilakukan bersama anggota perusahaan yang lain untuk mengetahui bagaimana reaksi kandidat melakukan komunikasi dengan mereka. Dari komunikasi ringan tersebut, perusahaan akan tahu bagaimana tingkat kecocokan kandidat dengan anggota perusahaan apakah sesuai atau tidak.

Dengan mengetahui jenis-jenis wawancara tersebut di atas, kamu bisa merancang strategi bagaimana bisa menjawab segala pertanyaan. Tak peduli apa pun jenis wawancaranya, jika kamu sudah siap dengan segala pertanyaan dan kemungkinan jawaban, bukan tidak mungkin kamu akan direkrut menjadi pegawai di perusahaan tersebut.

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You