Comscore Tracker

Jangan Galau Belum Jadi PNS, Ini 5 Keuntungan Masih Berstatus Honorer

Jangan cuma mikirin pensiunan ya?

Dianggap menawarkan masa depan yang cerah dan terjamin, banyak orang berlomba-lomba menginginkan menjadi seorang PNS. Untuk menjadi seorang PNS, ada yang beranggapan bahwa menjadi honorer merupakan salah satu batu loncatan agar bisa langsung diangkat menjadi abdi negara. Memiliki gaji yang kontras dengan PNS, menjadi honorer tentu saja bukan merupakan impian dan cita-cita yang diidamkan banyak orang.

Namun jangan galau dulu, berikut ini beberapa keuntungan menjadi seorang tenaga honorer yang mungkin tidak kamu sadari.

1. Kamu akan terhindar dari sifat angkuh dan sombong

Jangan Galau Belum Jadi PNS, Ini 5 Keuntungan Masih Berstatus Honorerindependent.co.uk

Memang tak selalu benar sih, namun memiliki penghasilan tetap dan seragam yang berwibawa memang biasanya mencuatkan sikap arogansi tersembunyi bagi pelakunya. Meski tak disadari, terkadang sikap angkuh biasanya mulai tertanam saat kamu sudah berstatus sebagai PNS. Dengan masih berstatus sebagai honorer, paling tidak kamu bisa mengetahui bahwa menjadi sombong itu tidak baik bagi lingkungan dan orang-orang terdekat.

2. Kamu juga akan terbebas dari belenggu ‘lingkaran setan’

Jangan Galau Belum Jadi PNS, Ini 5 Keuntungan Masih Berstatus Honorerdaily.wordreference.com

Karena memiliki penghasilan besar dan berkesinambungan, para PNS biasanya memiliki keinginan tak terbatas memiliki barang-barang tertentu. Tak masalah dengan harga, mereka bisa memuaskan hasrat pribadinya memiliki sesuatu dan terjebak dalam lingkaran setan.

‘Lingkaran setan’ akan membuat korbannya tak pernah merasa puas dengan apa yang dimilikinya dan selalu merasa kurang atas apa-apa yang tak dimilikinya. Honorer sama sekali tak akan terjebak dalam belenggu ‘lingkaran setan’ karena mereka akan selalu bersyukur dengan apa-apa yang mereka punya.

Baca Juga: 5 Alasan PNS Jadi Pekerjaan Idaman Anak Muda, Banyak Keistimewaan

3. Mencuatkan semangat ‘ingin maju dan berkembang’

Jangan Galau Belum Jadi PNS, Ini 5 Keuntungan Masih Berstatus HonorerPixabay.com/rawpixel

Setiap honorer tentu saja ingin mengubah nasibnya menjadi lebih baik di masa depan. Sadar memiliki penghasilan tak seberapa, para honorer biasanya akan bekerja maksimal karena tersengat semangat ingin maju dan berkembang. Lah, kalau menjadi honorer hanya modal absen dan ongkang-ongkang kaki tanpa mau bekerja, kapan mereka bisa mengubah nasib menjadi lebih sejahtera?

4. Merangsang otak mencari sampingan usaha dan pendapatan lain

Jangan Galau Belum Jadi PNS, Ini 5 Keuntungan Masih Berstatus HonorerPixabay.com/Alyibel

Memiliki penghasilan yang minim membuat honorer memutar otak untuk mencari usaha sampingan di luar pekerjaan utamanya. Setelah pulang kerja atau libur, para honorer bisa menjajal pekerjaan paruh waktu untuk mengisi kekosongan. Ada banyak sekali jenis kegiatan yang menghasilkan pundi-pundi rupiah, di antaranya menjadi ojek online, supir online, jualan online, membuat kue dan masakan, atau bisa juga menjadi penulis artikel di platform media daring.

5. Lihat sekelilingmu, masih banyak pengangguran yang kesulitan mencari pekerjaan

Jangan Galau Belum Jadi PNS, Ini 5 Keuntungan Masih Berstatus Honorerisigood.com

Kamu tentu sudah sering mendengar kalimat pendek yang sering diucapkan oleh banyak  penceramah; “untuk urusan dunia lihat ke bawah, untuk urusan akhirat lihat ke atas”. Jika kamu tertakdir menjadi seorang honorer, maka untuk mencuatkan rasa syukur kamu harus sering-sering peka dengan lingkungan sekitar. Lihat sekelilingmu, ada berapa banyak pengangguran yang kesulitan mencari pekerjaan ke sana-kemari tanpa ada kepastian.

Boleh sih melihat kesuksesan PNS agar mencuatkan semangat ingin maju dan berkembang, namun kamu jangan lupakan orang-prang tak berpenghasilan yang memiliki nasib tak sebaik dirimu. Menjadi seorang honorer tentu saja harus banyak-banyak bersyukur agar hidupmu tenang.

Ingat ya, menjadi PNS atau honorer jika diniatkan ibadah akan membawa berkah dan kebaikan dalam hidup. Tak ada yang salah dengan honorer, karena PNS tidak akan bisa bekerja maksimal tanpa adanya bantuan dari para tenaga honorer!

Baca Juga: Tes CPNS 2019 Segera Dibuka, Ini 7 Hal yang Harus Kamu Persiapkan!

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You