Comscore Tracker

5 Tips Bekerja Sekantor dengan Saudara Kandung, Tetap Profesional!

Kompak ya?

Meski ada beberapa perusahaan yang melarang saudara kandung bekerja dalam satu kantor, namun tak sedikit juga perusahaan yang bertindak sebaliknya. Ada banyak alasan mengapa seseorang bisa berada dalam satu kantor dengan saudaranya sendiri. Bisa karena memiliki passion yang sama, dekat dengan rumah, gaji yang lumayan atau karena memang sulitnya mendapat pekerjaan di tempat lain.

Bagi kamu yang ‘tak sengaja’ sekantor dengan adik atau kakak sendiri, berikut ini beberapa keuntungan yang akan kamu dapat.

1. Tetap menjunjung tinggi prinsip kemandirian dan tanggung jawab

5 Tips Bekerja Sekantor dengan Saudara Kandung, Tetap Profesional!Pixabay.com/rawpixel

Meski memiliki saudara di tempat kerja, kamu harus tetap memiliki tanggung jawab yang tinggi dalam pekerjaan, lho. Selain sikap tanggung jawab, kamu juga harus menanamkan nilai-nilai kemandirian agar tidak selalu bergantung kepada saudara. Dengan menjunjung tinggi prinsip kemandirian dan tanggung jawab, kinerja kamu dan saudara kamu di kantor sudah pasti akan meningkat.

2. Jangan terlalu sering meminta dan memberikan bantuan kepada saudara

5 Tips Bekerja Sekantor dengan Saudara Kandung, Tetap Profesional!Pixabay.com/rawpixel

Sesekali boleh sih meminta atau memberikan bantuan kepada saudara saat mereka sedang membutuhkannya. Namun ingat, kamu harus tetap dapat menyelesaikan pekerjaan utama dengan kemampuanmu sendiri. Apalagi jika saudara kamu lebih senior di kantor, maka kamu perlu meningkatkan skill kamu dengan lebih maksimal agar tujuan perusahaan bisa tercapai.

3. Tetap berbaur dan menjalin hubungan baik dengan rekan kerja yang lainnya

5 Tips Bekerja Sekantor dengan Saudara Kandung, Tetap Profesional!Pixabay.com/rawpixel

Jangan sekali-kali membuat sekat antara kamu dan rekan-rekan kantor selain saudara sendiri ya? Jangan karena merasa nyaman bekerja dengan saudara sendiri, kamu melupakan rekan-rekan kerja yang lain dan menjaga jarak dengan mereka. Usahakan tetap berbaur dengan rekan kerja yang lain karena sebuah kerja sama tim biasanya dimulai dari sebuah hubungan baik antar sesama pegawainya.

Baca Juga: 6 Suka Duka Ini Sering Dialami Introvert di Tempat Kerja

4. Bersikap netral jika saudara sedang mengalami masalah dalam pekerjaannya

5 Tips Bekerja Sekantor dengan Saudara Kandung, Tetap Profesional!Pixabay.com/rawpixel

Saat kamu berada pada situasi di mana saudara kamu sedang bermasalah dengan pekerjaannya dan orang lain, maka diperlukan sikap netral dalam menyikapinya. Jangan mentang-mentang saudara sendiri, kamu membela habis-habisan dengan melupakan prinsip kenetralan. Benar dan salahnya merupakan hak prerogatif perusahaan untuk memutuskannya.

5. Saat sedang bekerja, hindari berkelakar atau melakukan lelucon seperti biasa yang dilakukan di rumah

5 Tips Bekerja Sekantor dengan Saudara Kandung, Tetap Profesional!digest.bps.org.uk

Ingat ya, jangan anggap suasana kantor seperti di rumah sendiri yang setiap halnya bisa kamu lakukan dengan bercanda ya? Meski jangan terlalu kaku bekerja dengan saudara sendiri, jangan terlalu sering saling melontarkan kelakar yang tak penting di kantor ya? Jika hal tersebut tetap kamu lakukan, maka kamu akan dianggap sebagai pegawai yang kurang serius dan tak beretika.

Jadi, selama memiliki profesionalitas yang tinggi, sah-sah saja sekantor dengan saudara kandung sendiri kan? Malah lebih seru dan mencuatkan kinerja yang cukup tinggi, lho!

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Ingin Bekerja di Luar Negeri

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya