Comscore Tracker

Kerap Menunda Kerjaan? Bersiap-siaplah Merasakan 5 Dampak Negatif Ini 

#IDNTimesLife Jangan dibiasakan, ya

Menunda-nunda pekerjaan merupakan kebiasaan buruk yang sebaiknya ditinggalkan. Sayangnya, masih banyak orang yang senang melakukannya, mungkin termasuk dirimu. Gak hanya merugikan orang lain, menunda kerjaan juga dapat merugikan dirimu sendiri.

Lantas, apa saja dampak negatif dari sering menunda-nunda pekerjaan? Daripada makin penasaran, langsung saja simak uraian lengkapnya di bawah ini!

1. Pekerjaanmu jadi semakin menumpuk

Kerap Menunda Kerjaan? Bersiap-siaplah Merasakan 5 Dampak Negatif Ini Freepik.com/karlyukav

Senang menunda pekerjaan hanya akan membuat tugas-tugasmu semakin menumpuk. Kalau sudah begini, kamu bakal keteteran mengerjakannya. Jadi, ketika mendapat tugas, alangkah baiknya kamu segera merampungkannya.

2. Banyak waktumu yang terbuang sia-sia

Kerap Menunda Kerjaan? Bersiap-siaplah Merasakan 5 Dampak Negatif Ini Freepik.com/jcomp

Karena terbiasa menunda, waktu yang seharusnya kamu gunakan untuk mengerjakan tugas jadi terbuang sia-sia. Gak hanya itu, kamu juga sering kehilangan kesempatan lantaran gak bisa menyelesaikan tugasmu dengan tepat waktu. Alhasil, hidupmu pun jadi susah maju dan berkembang.

3. Kamu jadi semakin malas

Kerap Menunda Kerjaan? Bersiap-siaplah Merasakan 5 Dampak Negatif Ini Freepik.com/yanalya

Menunda-nunda pekerjaan identik dengan seorang pemalas. Bagaimana tidak? Bukannya mengerjakan tugas, kamu malah sering menghabiskan waktumu dengan berbagai kegiatan yang kurang bermanfaat. Kalau sudah begini, hidupmu pun jadi semakin gak produktif.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Semakin Dewasa Jadi Malas Basa-basi Sama Orang Lain

4. Sulit menyelesaikan tugas dengan maksimal

Kerap Menunda Kerjaan? Bersiap-siaplah Merasakan 5 Dampak Negatif Ini Unsplash/Sincerely Media

Banyaknya pekerjaan yang menumpuk membuatmu kesulitan menyelesaikan semuanya dengan optimal. Biar segera rampung, kamu jadi asal mengerjakannya. Akibatnya, atasan atau orang yang bekerja sama denganmu pun jadi kurang puas dengan hasil kerjamu.

5. Gak bisa disiplin dan mengatur waktu dengan baik

Kerap Menunda Kerjaan? Bersiap-siaplah Merasakan 5 Dampak Negatif Ini Freepik.com/karlyukav

Dampak negatif lain dari kebiasaan menunda-nunda kerjaan yaitu kamu jadi gak disiplin dan sulit mengatur waktu. Orang pun jadi berpikir ulang ketika ingin memberimu tanggung jawab. Ini dikarenakan kamu gak pernah bisa menyelesaikan tugas-tugasmu tepat waktu.

Nah, itulah sejumlah dampak negatif yang akan kamu rasakan jika terbiasa menunda-nunda pekerjaan. Semoga perlahan kamu bisa meninggalkan kebiasaan buruk satu ini serta mau belajar menjadi lebih disiplin. 

Baca Juga: 7 Jurus Jitu Belajar Bahasa Inggris yang Seru dan Gak Bikin Malas

Iis E. Photo Verified Writer Iis E.

A full-time mother and part-time writer.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya