Comscore Tracker

Kerja Jadi Nyaman, 6 Tips biar Gak Mudah Berkonflik di Kantor 

#IDNTimesLife Biar kamu betah kerja 

Konflik merupakan salah satu penyebab mengapa seseorang merasa gak betah bekerja di kantor. Kalau gak berhati-hati, bisa saja kamu terlibat di dalamnya, entah itu dengan atasan atau rekan kerja sendiri. Untuk itu, berusahalah menjauhi pertikaian di tempat kerja agar kamu nyaman di sana.

Bagaimana caranya? Kamu bisa menerapkan sejumlah tips berikut ini agar terhindar dari konflik selama bekerja. Yuk, langsung saja simak uraian lengkapnya di bawah ini!

1. Fokuslah pada pekerjaanmu 

Kerja Jadi Nyaman, 6 Tips biar Gak Mudah Berkonflik di Kantor Freepik.com/dyana.grytsku

Menyibukkan diri dengan fokus pada pekerjaan akan membuatmu jauh dari konflik. Kamu pun mungkin akan terhindar dari rumor-rumor kantor lantaran terlalu larut pada tugas-tugasmu. Alhasil, kinerjamu pun malah kian meningkat hingga akhirnya membuat atasanmu puas dengan hasil kerjamu.

2. Berja sama dan tolong menolonglah antar rekan kerja

Kerja Jadi Nyaman, 6 Tips biar Gak Mudah Berkonflik di Kantor Freepik.com/senivpetro

Daripada memilih berkonflik, alangkah baiknya kamu bekerja sama serta saling membantu antar teman di kantor. Gak cuma kualitas kerjaan yang semakin meningkat, hubunganmu dengan rekan kerjamu pun akan kian membaik. Secara gak langsung kondisi ini juga akan membuatmu nyaman bekerja di sana.

3. Bersainglah secara sehat dengan teman kerjamu

Kerja Jadi Nyaman, 6 Tips biar Gak Mudah Berkonflik di Kantor Freepik.com/senivpetro

Meski sama-sama ingin meraih jabatan tertentu, bersainglah secara sehat antar teman kerjamu. Jangan sampai kamu melakukan tindakan-tindakan buruk, seperti menjatuhkan, menuduh atau bahkan memfitnah rekan sendiri. Pasalnya, perbuatan tersebut hanya akan menimbulkan konflik yang berujung pada renggangnya hubunganmu dengan mereka.

Baca Juga: 5 Zodiak Ini Menghindari Konflik dan Mencegah dengan Caranya Sendiri

4. Hindarilah gosip dan sumber konflik di kantor

Kerja Jadi Nyaman, 6 Tips biar Gak Mudah Berkonflik di Kantor Unsplash.com/Brooke Cagle

Bergosip merupakan salah satu kegiatan gak produktif di kantor. Untuk itu, berusahalah menghindari kebiasaan satu ini. Usahakan juga gak ikut terlibat dalam sumber konflik di kantor. Alihkan saja fokusmu pada hal-hal lain, seperti merampungkan tugas-tugas yang belum selesai atau membantu teman yang kesusahan menyelesaikan pekerjaanya.

5. Hargailah rekan yang memiliki pendapat berbeda 

Kerja Jadi Nyaman, 6 Tips biar Gak Mudah Berkonflik di Kantor Unsplash.com/Clayton Cardinalli

Jika gak berhati-hati, perbedaan pendapat juga dapat menimbulkan konflik. Oleh karenanya, berusahalah menghargai teman yang berlainan ide denganmu. Gak perlu menyanggahnya langsung, kamu dapat menyampaikan pendapatmu baik-baik di saat suasana sedang santai.

6. Bersikaplah netral, hindari membuat kubu antar teman

Kerja Jadi Nyaman, 6 Tips biar Gak Mudah Berkonflik di Kantor Unsplash.com/Emma Dau

Penting bersikap netral agar kamu terhindar dari konflik selama bekerja di kantor. Salah satunya yaitu dengan tidak ikut bergabung dalam kelompok-kelompok antar rekan kerja. Selain bisa terjadi persaingan gak sehat, kebiasaan membuat kubu juga dapat memunculkan kecurigaan atau rumor-rumor yang belum tentu kebenarannya.

Nah, sudah tahu kan apa yang harus kamu lakukan agar terhindar dari konflik selama bekerja di kantor? Semoga tips di atas bermanfaat serta dapat membantumu, ya. 

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Kamu Hindari di Kantor,  agar Gak Memicu Konflik!

Iis E. Photo Verified Writer Iis E.

A full-time mother and part-time writer.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya