Comscore Tracker

6 Tips Menjadi Freelancer Profesional, Klien Jadi Puas dengan Kerjamu!

#IDNTimesLife Ambillah kerjaan sesuai minat dan kemampuanmu

Saat ini banyak orang menekuni profesi pekerjaan freelance, apakah kamu salah satunya? Jika iya, kamu perlu mem-branding dirimu agar orang yang kamu ajak kerja sama menaruh kepercayaan padamu. Jangan lupa pula untuk selalu bekerja profesional biar klien puas dengan hasil kerjamu.

Lantas, bagaimana caranya menjadi freelancer  profesional? Daripada makin penasaran, yuk langsung saja simak uraian lengkapnya berikut! Keep scrolling!

1. Ambil pekerjaan sesuai dengan passion dan kemampuanmu

6 Tips Menjadi Freelancer Profesional, Klien Jadi Puas dengan Kerjamu!Freepik.com/marymarkevich

Penting mengambil proyek sesuai minat dan kemampuan agar kamu bisa mengerjakannya dengan optimal. Janganlah mengambil kerjaan melebihi kapasitas karena nanti kamu bakal keteteran sendiri.

Dengan didukung portofolio pada satu bidang keahlian, klien juga akan semakin yakin untuk memperkerjakanmu. Alhasil, mereka pun akan puas dengan hasil kerjamu.

2. Buatlah kesepakatan kerja yang jelas dengan klien-klienmu

6 Tips Menjadi Freelancer Profesional, Klien Jadi Puas dengan Kerjamu!Unsplash.com/Sebastian Herrmann

Hal yang gak kalah penting lainnya yaitu hendaknya kamu membuat kesepakatan yang jelas dengan klienmu. Tanyakan detail-detail apa saja yang harus kamu kerjakan. Setelah itu, kalian bisa menentukan berapa nominal yang harus dibayar oleh orang yang memperkerjakanmu tersebut.

3. Selalu bertanggung jawab pada setiap tugas-tugasmu

6 Tips Menjadi Freelancer Profesional, Klien Jadi Puas dengan Kerjamu!Pexels.com/Christina Morillo

Setelah perjanjian sudah jelas, kerjakanlah tugas-tugasmu dengan penuh tanggung jawab. Jika ada yang masih belum jelas atau terasa mengganjal, kamu bisa mengomunikasikan kembali dengan klienmu. Tujuannya yaitu agar hasil kerjamu sesuai dengan yang dia harapkan.

Baca Juga: Sulit Eksis Jadi Freelancer, kalau 7 Hal Ini Masih Mewarnai Hidupmu

4. Berikan hasil kerja terbaik dan jangan terburu-buru 

6 Tips Menjadi Freelancer Profesional, Klien Jadi Puas dengan Kerjamu!Pexels.com/Vlada Karpovich

Klien pasti akan puas jika kamu bisa memberikan hasil kerja maksimal. Untuk itu, kerjakan tugas-tugasmu sebaik mungkin dengan gak buru-buru menyelesaikannya. Jangan pula asal-asalan dalam mengerjakan tugas karena akan merugikan dirimu sendiri.

5. Buat jadwal khusus untuk mengerjakan proyek-proyekmu

6 Tips Menjadi Freelancer Profesional, Klien Jadi Puas dengan Kerjamu!Unsplash.com/Thought Catalog

Biar gak keteteran, sebaiknya kamu membuat jadwal khusus untuk mengerjakan tugas-tugasmu. Kamu harus mengalokasikan banyak waktu jika banyak proyek yang harus dikerjakan. Untuk itu, mulailah menyelesaikan pekerjaanmu berdasarkan deadline terdekat.

6. Tepat waktulah menyelesaikan setiap pekerjaanmu

6 Tips Menjadi Freelancer Profesional, Klien Jadi Puas dengan Kerjamu!Unsplash.com/LinkedIn Sales Navigator

Terakhir yaitu kamu harus mengusahakan agar pekerjaanmu rampung tepat waktu. Selain untuk menjaga kepercayaan, tindakanmu ini menunjukkan kalau kamu adalah freelancer profesional. Sehingga, nantinya gak menutup kemungkinan klienmu akan mengajak kerjasama dirimu lagi.

Nah, itulah enam kiat agar kamu bisa menjadi pekerja freelance profesional. Dengan menerapkannya, semoga banyak klien yang puas dengan hasil kerjamu.

Baca Juga: Pengin Jadi Freelancer, 6 Situs Pencari Kerja Ini Bisa Diandalkan 

Iis E. Photo Verified Writer Iis E.

A full-time mother and part-time writer.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya