Comscore Tracker

9 Tips Penting Supaya Tetap Sehat dan Produktif Saat Kerja di Rumah

Disiplin adalah kunci!

Di era teknologi yang terus berkembang dengan pesat, mulai banyak pekerjaan yang bisa dilakukan di rumah. Siapapun bisa tetap bekerja dan berkarya, menghasilkan pundi-pundi rupiah tanpa harus pergi ke kantor. Tawaran pekerjaan yang dilakukan dari rumah atau jenis pekerjaan yang bisa dilakukan di rumah sangat diminati karena adanya kebebasan atau fleksibilitas yang tidak didapat seperti ketika bekerja di kantor.

Namun, kenyamanan dan tidak adanya aturan yang terstruktur justru membuatmu mudah menyepelekan. Keseimbangan kehidupan dan pekerjaanmu bisa memburuk. Ada beberapa tips penting yang perlu kamu perhatikan supaya bisa tetap sehat dan produktif biarpun bekerja di rumah. Berikut daftarnya!

1. Dekorasi ruang kerja sesuai selera dan bidang pekerjaan

9 Tips Penting Supaya Tetap Sehat dan Produktif Saat Kerja di RumahUnsplash/benchaccounting

Pilihlah dekorasi yang sesuai dengan selera dan juga bidang pekerjaanmu. Hindari dekorasi berlebihan dan tak perlu. Kamu bisa menambahkan hiasan seperti tanaman hidup untuk menambah kesegaran. Selain meningkatkan produktivitas dan kreativitas, dekorasi yang sesuai dan segar dapat menurunkan tingkat stres.

Ada baiknya juga bila kamu menggunakan ruang kerja khusus, yang tidak bercampur dengan kamar tidur atau ruangan lainnya. Hal ini untuk meminimalisir gangguan dan dorongan untuk bersantai.

2. Gunakan meja kursi yang ergonomis

9 Tips Penting Supaya Tetap Sehat dan Produktif Saat Kerja di RumahUnsplash/joeel56

Beberapa jenis pekerjaan menuntut kita untuk duduk berlama-lama dan juga menatap layar komputer. Wajib hukumnya buat kamu memilih kursi dan meja yang ergonomis. Selain nyaman, meja dan kursi yang ergonomis membuatmu tidak mudah lelah dan terhindar dari risiko gangguan kesehatan.

Sekarang, standing desk juga bisa menjadi pertimbangan, lho. Jenis meja kerja yang mengharuskanmu berdiri ini akan menghindarkanmu dari kebiasaan duduk terlalu lama. Tapi jangan lupa untuk selalu istirahat duduk sesekali, ya, bila menggunakan meja jenis ini.

3. Tetap rutin keluar rumah

9 Tips Penting Supaya Tetap Sehat dan Produktif Saat Kerja di RumahUnsplash/jon_chng

Bila kamu tidak memiliki aktivitas lain selain bekerja di dalam rumah, usahakanlah untuk selalu keluar rumah biar bagaimanapun juga. Tetap berada di dalam ruangan atau rumah selama berhari-hari dapat berdampak buruk pada kesehatan mentalmu. Selain itu, kamu juga perlu mendapatkan udara segar dan cahaya matahari.

Rutinlah keluar rumah untuk berolahraga, berbelanja, hangout dengan teman, berkunjung ke rumah orang tua dan saudara, dan lain-lain. Ada baiknya juga bila kamu menekuni hobi di luar pekerjaan dan bergabung dengan komunitas yang sering melakukan gathering. Keseimbangan kehidupan dan pekerjaanmu harus tetap dijaga.

4. Jadwalkan tugas keseharianmu dan tetaplah konsisten

9 Tips Penting Supaya Tetap Sehat dan Produktif Saat Kerja di RumahPixabay/picjumbo_com-2130229

Buatlah jadwal yang sesuai dengan target pekerjaan dan kemampuanmu. Inilah keuntungan bekerja di rumah, di mana kamu bisa mengatur sendiri jam bekerjanya. Bila kamu terbiasa dengan jam kerja seperti kerja kantoran, maka jadwalkan seperti itu. Atau pilihlah jam-jam di mana kamu merasa paling berenergi dan bersemengat.

Setelah itu, jangan pernah menyepelekan atau mengabaikan jadwal yang telah kamu buat sendiri. Tetaplah konsisten dan disiplin biarpun bekerja di rumah.

Baca Juga: 9 Tips Merancang Ruang Kerja di Rumah Agar Kerja Lebih Produktif

5. Jangan lupa jadwalkan istirahat juga!

9 Tips Penting Supaya Tetap Sehat dan Produktif Saat Kerja di RumahPexels/rawpixel

Selain istirahat makan, jangan lupa untuk menjadwalkan istirahat santai sesekali, terutama kamu yang memiliki jadwal kerja di rumah yang panjang. Hal ini penting supaya kamu tidak kelelahan yang akan berdampak pada merosotnya produktivitas. Istirahatlah barang beberapa menit untuk meregangkan tubuh atau jalan-jalan sejenak ke luar ruang. Jangan sampai kelewatan, ya!

6. Sediakan hadiah atau reward untuk dirimu yang telah bekerja keras

9 Tips Penting Supaya Tetap Sehat dan Produktif Saat Kerja di RumahUnsplash/creativeexchange

Uang atau gaji memang menjadi bayaran pasti atas pekerjaan yang telah kamu lakukan. Namun, penting juga untuk memberi dirimu sendiri yang telah bekerja keras, berdisiplin, dan konsisten dengan suatu penghargaan. Makanan apa yang paling ingin kamu makan? Beli dan nikmati makanan itu setelah kamu berhasil mencapai target pekerjaan. Atau ingin menonton film superhero terbaru? Pergilah setelah berhasil menyelesaikan tugas yang menumpuk itu.

Sistem penghargaan semacam ini akan memberimu dorongan semangat dan perasaan puas setelah bekerja keras. Sesuaikan penghargaan dengan pendapatanmu, ya!

7. Tetap rajin menjaga pola hidup sehat

9 Tips Penting Supaya Tetap Sehat dan Produktif Saat Kerja di RumahUnsplash/juanparodriguez

Bekerja di rumah seharusnya membuatmu lebih mudah mengatur waktu. Jangan lupa menjadwalkan waktu atau hari khusus untuk berolahraga. Makanlah makanan sehat, atau lebih baik lagi, kamu bisa memasak sendiri makananmu. Sering-sering minum air putih dan terus aktiflah bergerak. Hindari pola hidup tidak sehat yang justru tampak menggoda kala kamu bekerja di rumah. 

8. Tetap rutin mandi dan berpakaian yang layak

9 Tips Penting Supaya Tetap Sehat dan Produktif Saat Kerja di RumahUnsplash/kxvn_lx

Bekerja di rumah memang akan membuatmu jarang bertemu dengan orang, tapi jangan jadikan alasan untuk tidak menjaga kebersihan dan penampilan diri. Tetaplah mandi seakan-akan kamu bekerja di kantor. Mandi dapat menyegarkan pikiran dan membuatmu lebih bersemangat.

Gunakan pakaian yang membuatmu merasa lebih produktif. Memakai baju tidur memang nyaman, tapi kalau itu justru membuatmu menjadi malas-malasan, lebih baik ganti saja.

9. Ubah suasana dengan membawa pekerjaan ke kafe atau perpustakaan

9 Tips Penting Supaya Tetap Sehat dan Produktif Saat Kerja di RumahPexels/@olly

Bila kamu bosan dengan pemandangan ruang kerja di rumahmu, kamu bisa mencoba membawa pekerjaanmu ke tempat lain. Pilihlah tempat-tempat yang kondusif supaya tetap bisa fokus bekerja seperti kafe atau perpustakaan. Pastikan kafe tersebut mengizinkanmu untuk berlama-lama, dan pastinya kamu harus membeli makanan dan minuman mereka. Perpustakaan menjadi pilihan yang paling bagus dengan atmosfer belajar dan bekerja yang sangat kondusif.

Fleksibilitas dan kenyamanan dari bekerja di rumah akan membuatmu mudah menyepelekan. Jangan sampai produktivitasmu sampai menurun, atau kesehatanmu harus terganggu. Dengan pola hidup bersih dan sehat, sekaligus disiplin, kamu tetap bisa sukses dengan bekerja di rumah. Semangat, ya!

Baca Juga: 9 Cara Jitu Supaya Kamu Tetap Fokus Meski Bekerja di Rumah

Ina Suraga Photo Community Writer Ina Suraga

"And the servants of the Most Merciful are those who walk upon the earth gently, and when the ignorant address them [harshly], they say [words of] peace," Quran (25:63)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You