Comscore Tracker

Produktif, 5 Part Time Job Ini Bisa Dicoba Saat Liburan Semester

Daripada 'do nothing' lebih baik 'do someting' kan?

Saat liburan semester, biasanya para mahasiswa mudik besar-besaran ke kampung halaman karena libur semester seringnya 1 bulan bahkan 3 bulan. Saat liburan, biasanya para mahasiswa tak melakukan apapun sehingga kebosanan pasti melanda.

Nah, daripada membuang-buang waktu saat liburan, lebih baik kamu ikut part time job agar dompetmu tetap tebal saat liburan dan pastinya waktumu tak terbuang percuma. Apa sajakah part-time job yang bisa kamu lakukan saat libur? Yuk simak.

1. Jadi tour guide

Produktif, 5 Part Time Job Ini Bisa Dicoba Saat Liburan SemesterPexels/Valentin Antonucci

Kalau tempat tinggalmu dekat dengan daerah wisata, tak ada salahnya untuk memanfaatkan liburan dengan menjadi tour guide. Selain menambah pengalaman, kamu pun akan mempunyai uang sendiri yang pastinya bisa mengurangi beban orang tua bukan?

2. Jasa cuci motor dan mobil

Produktif, 5 Part Time Job Ini Bisa Dicoba Saat Liburan SemesterPexels/Pixabay

Jangan remehkan jasa pencucian mobil dan motor karena kalau jasa pencucianmu laku keras, kamu akan mendapatkan keuntungan yang lumayan untuk menambah uang sakumu. So, daripada nganggur gak jelas, kan lebih baik membuka jasa pencucian. Toh uangnya halal bukan?

3. Buka jasa perawatan hewan

Produktif, 5 Part Time Job Ini Bisa Dicoba Saat Liburan SemesterPexels/Pixabay

Kalau kamu sangat menyukai hewan, cobalah buka saja jasa perawatan dan pemandian hewan saat kamu liburan semester. Selain kamu akan bertemu banyak hewan-hewan unyu, kamu pun pastinya mendapatkan uang yang lumayan kan?

Baca Juga: Tertarik Jadi Pekerja Lepas? Simak Dulu 5 Fakta Tentang Freelance!

4. Jadi penulis lepas

Produktif, 5 Part Time Job Ini Bisa Dicoba Saat Liburan SemesterPexels/rawpixel

Nah kalau kamu sangat suka menulis, jangan ragu untuk mengirim tulisanmu kepada penerbit. Jangan takut tulisanmu takkan dipublish, tetap semangat dan kirim sebanyak-banyaknya. Toh selain bisa mengasah otak, kamu pun bisa mendapatkan uang yang lumayan. Namun, menulis butuh konsistensi yang luar biasa karena gak semua karya yang kamu tulis akan dipublish.

5. Buka kelas bimbingan

Produktif, 5 Part Time Job Ini Bisa Dicoba Saat Liburan SemesterPexels/Christina Morillo

Terakhir, kamu bisa membuka kelas bimbingan sesuai keahlianmu. Kalau kamu suka menjahit, tak ada salahnya kamu membuka kelas bimbingan selama liburan. Atau misalnya saja kamu bisa membuka bimbingan belajar untuk para siswa yang akan mengikuti ujian. Dompetmu akan lumayan tebal, kamu pun akan mendapatkan banyak pengalaman bukan?

Baca Juga: Pengen Uang Tambahan? 7 Pekerjaan Part Time Ini Cocok Untuk Mahasiswa

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya