Comscore Tracker

Banyak Negatifnya, 5 Alasan Jangan Kirim Email Pekerjaan Saat Malam!

Bisa bikin hubunganmu dengan rekan kerja tak enak lho

Biasanya surat elektronik atau email merupakan metode paling cepat untuk mengirimkan file-file penting pada rekan kerja. Namun nyatanya ada etika tersendiri saat mengirim email yaitu baiknya tidak dilakukan saat malam hari. Selain mengganggu, ini lima alasan lainnya yang harus kamu tahu!

1. Email bisa tenggelam

Banyak Negatifnya, 5 Alasan Jangan Kirim Email Pekerjaan Saat Malam!Pexels.com/Startup Stock Photos

Pada malam tiba kebanyakan orang jarang membuka email karena memang waktunya istirahat. Maka jangan heran kalau pada akhirnya email yang kamu kirim tenggelam bersama email-email lain. Nah untuk mencegah hal itu lebih baik kirim email saat siang atau di jam kantor ya!

2. Takutnya ada kesalahan

Banyak Negatifnya, 5 Alasan Jangan Kirim Email Pekerjaan Saat Malam!Pexels.com/Startup Stock Photos

Bekerja saat malam tiba biasanya rentan membuat kesalahan. Hal ini karena kondisi tubuh sedang lelah dan jika kamu paksakan tentunya otakmu akan susah untuk fokus. Bisa saja kesalahan yang kamu lakukan berakibat fatal bagi perusahaan. Oleh sebab itu baiknya jangan mengirim email saat malam dan lebih baik istirahat saja.

Baca Juga: 9 Kesalahan Melamar Kerja via Email yang Perlu Kamu Ketahui

3. Ganggu waktu istirahat

Banyak Negatifnya, 5 Alasan Jangan Kirim Email Pekerjaan Saat Malam!oprah.com

Yang jelas kamu sudah mengganggu waktu istirahat mereka karena malam waktunya untuk santai dan tidak mengingat pekerjaan dulu. Jika memang harus mengirim email lebih baik di pagi hari atau di jam kerja saja agar waktu istirahat mereka gak terganggu karena kamu.

4. Membuat mereka jadi tidak tenang

Banyak Negatifnya, 5 Alasan Jangan Kirim Email Pekerjaan Saat Malam!Pexels.com/Startup Stock Photos

Jika kamu mengirim email pekerjaan saat malam tiba secara gak langsung kamu membuat pihak yang kamu kirimi email jadi tidak tenang karena mengingatkan mereka tentang pekerjaan yang belum selesai. Siapa tahu rekan kerjamu yang kamu kirimi email mau bersantai sejenak dari padatnya pekerjaan.

5. Kurangi waktu istirahat

Banyak Negatifnya, 5 Alasan Jangan Kirim Email Pekerjaan Saat Malam!naturepedic.com/

Saat kamu mengirim email pekerjaan di waktu malam tentunya waktu istirahatmu akan berkurang begitu saja. Padahal hidup harus seimbang antara pekerjaan dan istirahat. Kalau memang sedang waktunya istirahat ya istirahat jangan bekerja. Karena tubuh pun butuh istirahat dan relaksasi. Jangan memaksakan diri ya!

Kirim email saat siang atau di jam kerja ya!

Baca Juga: Jangan Sampai Salah! Ini 7 Aturan Menulis Email Profesional

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Someone who loves writing and pottery

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya