Comscore Tracker

Anti Canggung, Lakukan 5 Cara Ini Saat Berkomunikasi dengan Atasan!

Mudah kan?

Ketika kita bekerja pastinya kita akan mempunyai seorang bos atau atasan yang akan membimbing kita dan bertanggung jawab pada kita. Namun pastinya kita sulit berkomunikasi pada atasan karena canggung dan belum terlalu mengenal atasan kita sendiri.

Apalagi bila usia atasan kita tergolong jauh, tentunya kita cenderung semakin canggung. Nah untuk menghindari kecanggungan itu, cobalah lima cara di bawah ini ketika berkomunikasi dengan atasan di tempat kerja!

1. Buatlah jadwal yang tepat dan minta waktu pada atasan

Anti Canggung, Lakukan 5 Cara Ini Saat Berkomunikasi dengan Atasan!Pexels/Rawpixel

Saat hendak berkomunikasi dengan atasan ada baiknya kamu mengatur jadwal yang tepat dan jangan langsung berkomunikasi tanpa dipersiapkan waktunya. Karena siapa tahu atasanmu itu sedang sibuk dengan pekerjaannya. Oleh karena itu buatlah jadwal dan mintalah waktu ketika dia senggang agar kamu leluasa berkomunikasi dengannya.

2. Persiapkan apa yang akan didiskusikan

Anti Canggung, Lakukan 5 Cara Ini Saat Berkomunikasi dengan Atasan!Pexels/Lukas

Jangan asal bicara dan asal jeplak tanpa mempersiapkan bahan diskusi dengan atasanmu. Persiapkan apa yang akan kamu diskusikan agar waktu atasanmu pun tidak terbuang sia-sia untuk sesuatu yang tak perlu. Mempersiapkan bahan diskusi pun akan menghindari rasa canggungmu ketika berhadapan dengan beliau kan?

Baca Juga: 6 Hal yang Perlu Kamu Persiapkan sebelum Meminta Kenaikan Gaji ke Bos

3. Tuliskan poin-poin pentingnya

Anti Canggung, Lakukan 5 Cara Ini Saat Berkomunikasi dengan Atasan!Pexels/Rawpixel

Saat kamu sedang berdikusi dengannya tentu kamu pun harus menulis poin-poin penting yang telah beliau sampaikan. Jangan sampai beliau terus mengulang omongan yang sama karena kamu lupa mencatat. Atasanmu pasti takkan menyukai omongan yang diulang-ulang. Selain itu mencatat poin penting akan membuatmu terlihat serius dan sungguh-sungguh dengan pekerjaanmu.

4. Pikirkan penyelesaian masalahnya

Anti Canggung, Lakukan 5 Cara Ini Saat Berkomunikasi dengan Atasan!Pexels/Pixabay

Ketika berdiskusi dengan atasan tentunya ada masalah-masalah yang beliau utarakan. Nah masalah itu harus kamu selesaikan dengan baik dan pikirkan apa jalan terbaiknya. Penyelesaian masalah yang baik akan membuat atasanmu senang dan menganggap kamu itu orang yang solutif dan tentunya kecanggunganmu terhadap beliau pun akan sedikit berkurang.

5. Diskusikan apa yang kurang mengenai kinerjamu pada atasan

Anti Canggung, Lakukan 5 Cara Ini Saat Berkomunikasi dengan Atasan!Pexels/Moose Photos

Jangan hanya membicarakan pekerjaan dan melupakan tentang kinerjamu selama ini. Tanyakan pada atasanmu bagaimana kamu bekerja, apakah sudah baik atau belum. Kalau belum tanyakan juga harus bagaimana dan kalau sudah tentunya kamu harus berusaha untuk semakin baik lagi dan bersemangat. Dengan begitu tentunya kamu takkan merasa canggung lagi dengan atasanmu.

Nah mudah kan?

Baca Juga: Gak Perlu Skill Khusus, Ini Trik Bernegosiasi dengan Atasan

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Someone who loves writing and pottery

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya