Comscore Tracker

Bisnis Laris Manis, Ini 5 Cara Hasilkan Foto Produk yang Estetik!

Buat produkmu makin menarik!

Dengan pesatnya teknologi tentunya kini berbisnis bisa semakin mudah. Salah satunya dengan memanfaatkan internet sehingga bisa berjualan secara online. Namun masih banyak para wirausaha yang cuek dengan foto-foto produknya.

Padahal foto produk yang estetik dan menarik merupakan nilai plus. Berikut lima cara membuat foto produkmu terlihat menarik perhatian pembeli, sudah tahu?

1. Usahakan ada tempat khusus produk

Bisnis Laris Manis, Ini 5 Cara Hasilkan Foto Produk yang Estetik!ilustrasi jualan online (pexels.com/Mart Production)

Pastikan kamu memiliki tempat khusus saat hendak memotret barang daganganmu. Tak perlu tempat yang besar, cukup dengan menyesuaikan bentuk daganganmu itu sudah cukup.

Namun jika kamu masih pemula, pastikan kamu memanfaatkan rumahmu sendiri dan ubah menjadi tampak menarik. Asalkan kamu bersungguh-sungguh tampaknya berjualan apapun di dunia maya bukanlah hal yang sulit.

2. Sesuaikan latar belakangnya

Bisnis Laris Manis, Ini 5 Cara Hasilkan Foto Produk yang Estetik!ilustrasi jualan online (pexels.com/Terje Sollie)

Produk yang kamu jajakan akan tampak menarik jika menyesuaikan latar belakangnya. Pastikan kamu memilih latar belakang yang tidak terlalu ramai atau membuatnya buram misalnya. 

Cara ini akan membuat foto berfokus pada barang daganganmu sehingga akan tampak estetik. Biasanya konsumen akan lebih tertarik dengan barang yang terlihat keren di foto meski pada kenyataannya barang tersebut biasa saja di dunia nyata.

Baca Juga: 5 Tips Foto Produk Fashion yang Menarik dengan Model, Wajib Coba!

3. Pencahayaan harus cukup

Bisnis Laris Manis, Ini 5 Cara Hasilkan Foto Produk yang Estetik!ilustrasi cahaya ruangan (pexels.com/Ylanite Koppens)

Foto produkmu akan terlihat gagal meski kamu sudah mempersiapkan segala sesuatunya jika pencahayaan di ruangan tidak cukup. Oleh sebab itu pastikan foto produkmu tetap terlihat jelas dan tidak gelap agar terlihat estetik.

Kamu bisa mengakali pencahayaan ruangan dengan bantuan sinar matahari atau menggunakan lampu yang terang. Dengan begitu bisnis online yang sedang kamu rintis pasti akan berjalan dengan baik.

4. Manfaatkan kamera ponsel

Bisnis Laris Manis, Ini 5 Cara Hasilkan Foto Produk yang Estetik!ilustrasi kamera ponsel (pexels.com/Athena)

Jika memang tidak memiliki kamera DSLR yang resolusinya bagus maka tak salah juga kamu coba memanfaatkan fitur kamera di ponselmu. Kini kamera smartphone sudah dilengkapi fitur-fitur canggih yang hebat.

Kamu bisa memilih fitur deep focus atau mode potrait supaya fotomu tampak terlihat bagus dan tajam. Selain itu kamu juga bisa menggunakan aplikasi Photoroom yang akan langsung mengubah background fotomu saat memotret. Dengan begitu tentunya produk yang kamu jual akan terlihat makin menarik di mata pelanggan.

5. Cari aplikasi edit foto yang bagus

Bisnis Laris Manis, Ini 5 Cara Hasilkan Foto Produk yang Estetik!ilustrasi edit foto (pexels.com/Liza Summer)

Meski kamu sudah mendapatkan angle yang bagus tetap saja kamu harus mengubah sedikit fotomu agar semakin estetik. Kamu pun harus memperhatikan resolusi foto agar tidak tampak pecah yang akhirnya membuat fotomu tidak menarik.

Beberapa aplikasi edit foto yang worth it adalah Canva, Photofy dan Snapseed misalnya. Lambat laun kemampuanmu untuk mengedit foto akan semakin bagus kok asalkan terus diasah.

Jangan menyepelekan foto produkmu ya saat kamu memutuskan untuk berbisnis secara online. Buatlah fotomu tampak menarik agar konsumen pun tertarik untuk membeli produkmu!

Baca Juga: 5 Aplikasi Photo-Editing Langganan Selebgram yang Bikin Feed Jadi Hits

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Someone who loves writing and pottery

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya