Comscore Tracker

Jangan Malas Lagi, 5 Pekerjaan Rumah Ini Bisa Bantu Atasi Stres, Lho!

Yuk, jangan malas!

Masalah yang belum memiliki penyelesaian memang kerap kali membuat stres. Padahal stres sendiri tidak baik bagi kesehatan fisik dan mentalmu. Ternyata beberapa pekerjaan rumah bisa membantu atasi stres, lho! Berikut lima pekerjaan rumah yang harus kamu lakukan dengan rajin. Stres pun menjauh!

1. Mencuci dan menyetrika

Jangan Malas Lagi, 5 Pekerjaan Rumah Ini Bisa Bantu Atasi Stres, Lho!ilustrasi menjemur baju (pexels.com/Lisa Fotios)

Pekerjaan rumah seperti mencuci dan menyetrika baju memang kerap kali banyak dihindari. Hal ini karena kedua kegiatan ini membutuhkan energi yang lumayan. Namun kedua aktivitas ini ternyata bisa mengurangi stres.

Hal ini karena saat mencuci kamu akan merasa puas saat baju-bajumu terlihat bersih dan wangi. Begitupula dengan menyetrika baju, kamu harus fokus sehingga pikiranmu teralihkan sehingga stres pun berkurang. Selain itu baju-baju yang sudah rapi dan wangi saat menyetrika akan membuatmu puas sehingga kadar stres juga ikut menurun.

2. Membersihkan rumah

Jangan Malas Lagi, 5 Pekerjaan Rumah Ini Bisa Bantu Atasi Stres, Lho!ilustrasi membersihkan rumah (pexels.com/Cottonbro))

Stres akan semakin menjadi-jadi saat rumahmu terlihat kotor dan berantakan. Oleh sebab itu aktivitas seperti menyapu, mengepel dan membereskan rumah yang berantakan akan membuat otak kembali segar.

Hal ini karena aktivitas membersihkan rumah akan membuat otakmu tak lagi memikirkan masalah yang membuat stres. Selain itu kondisi rumah yang tampak bersih dan wangi jelas memanjakan mata sehingga kadar stres akan berkurang.

3. Berkebun

Jangan Malas Lagi, 5 Pekerjaan Rumah Ini Bisa Bantu Atasi Stres, Lho!ilustrasi berkebun (pexels.com/Cottonbro)

Melihat bunga-bunga yang cantik di kebun juga akan membuat suasana hatimu membaik sehingga masalah tidak akan membuat kamu stres berkepanjangan. Selain itu kegiatan berkebun seperti memberi pupuk, menyiram tanaman serta menyiangi tanaman akan membuatmu fokus sehingga masalah yang ada di otakmu sedikit terlupakan.

Daripada kamu hanya melamun dan terus-terusan memikirkan masalah yang membuatmu stres kan lebih baik kamu menyibukkan diri dengan berkebun. Apalagi saat tanaman yang kamu rawat tumbuh subur dan berbuah tentunya ada kepuasan tersendiri, bukan?

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Anak Harus Diajari Berkebun, Banyak Manfaatnya!

4. Membereskan laci

Jangan Malas Lagi, 5 Pekerjaan Rumah Ini Bisa Bantu Atasi Stres, Lho!ilustrasi lemari baju (pexels.com/Anastasia Shuraeva)

Ketika laci berantakan kamu pasti akan merasa mumet sehingga saat kamu membersihkan dan membereskannya otakmu akan terasa ringan dan segala stres pun akan berkurang. Bahkan barang-barang yang sudah rapi tentu akan terlihat jauh lebih menyenangkan.

Oleh sebab itu ketika kamu stres baiknya kamu bereskan kamar dan rumahmu. Menyibukkan diri dengan membereskan rumah ternyata bisa mengurangi stres.

5. Memasak

Jangan Malas Lagi, 5 Pekerjaan Rumah Ini Bisa Bantu Atasi Stres, Lho!ilustrasi memasak (pexels.com/Cottonbro)

Memasak merupakan salah satu pekerjaan rumah yang membutuhkan konsentrasi tinggi dan cukup menyita energi. Ternyata memasak bisa bantu atasi stres, lho, karena membutuhkan fokus serta langkah-langkah dalam memasak bisa sejenak membuatmu melupakan masalah. So, jangan lagi menganggap pekerjaan rumah satu ini sepele, ya!

Yuk, mulai saat ini jangan bermalas-malasan lagi dalam melakukan pekerjaan rumah. Selain suasana rumah makin bersih nan nyaman, kamu pun dijamin takkan stres lagi!

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Someone who loves writing and pottery

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kalyana Dhisty

Berita Terkini Lainnya