Comscore Tracker

Jangan Sampai Terjebak, Ini 5 Tanda Kamu Sedang Alami Penipuan Kerja!

Hati-hati ya!

Di zaman serba canggih seperti sekarang memang sangat banyak penipuan yang harus selalu kamu waspadai. Salah satu penipuan yang banyak menjamur adalah penipuan mengenai lowongan kerja. Baiknya berhati-hati, ini 5 tanda kamu sedang mengalami penipuan mengenai lowongan kerja!

1. Pekerjaan nampak sempurna

Jangan Sampai Terjebak, Ini 5 Tanda Kamu Sedang Alami Penipuan Kerja!Pexels/Martine

Tidak ada pekerjaan yang sempurna seperti gaji yang tinggi namun pekerjaan nampak fleksibel. Semua ini biasanya hanya omong kosong belaka karena gaji pastinya sesuai kemampuan dan tidak ada satupun pekerjaan yang memberi gaji tinggi namun pekerjaan tampak santai. Pastikan jika kamu menerima informasi ini jangan langsung percaya begitu saja dan cross check dahulu.

2. Job desc tidak jelas

Jangan Sampai Terjebak, Ini 5 Tanda Kamu Sedang Alami Penipuan Kerja!Pexels/Kaboompics

Pastikan lowongan kerja yang kamu dapatkan memiliki info job desc yang jelas dan kamu memahamainya. Jika tidak maka bisa saja kamu sedang mengalami penipuan kerja apalagi job desc pekerjaan sengaja tidak diberikan dengan alasan baru diberikan nanti setelah diterima kerja.

3. Informasi loker tidak jelas dan banyak typo

Jangan Sampai Terjebak, Ini 5 Tanda Kamu Sedang Alami Penipuan Kerja!Pexels/Bruce Mars

Kalau memang perusahaan itu sifatnya profesional maka harusnya tidak ada typo atau kesalahan ketik dong dalam menjelaskan informasi lowongan kerja. Jika yang terjadi seperti ini maka baikanya kamu waspada karena bisa saja ini merupakan penipuan yang tidak boleh kamu percayai begitu saja.

Baca Juga: Cara Menghindari Penipuan Lewat Telepon, Ini 7 Tip Mengenali Spam Call

4. Kamu harus menyertakan info pribadi

Jangan Sampai Terjebak, Ini 5 Tanda Kamu Sedang Alami Penipuan Kerja!Pexels/Pixabay

Hal-hal yang sangat pribadi seperti pin atm atau kartu kredit tidak boleh kamu berikan pada sembarang orang. Nah jika sebuah perusahaan meminta informasi ini padamu dengan embel-embel memberimu pekerjaan maka jangan langsung percaya karena bisa saja ini hanya tipuan semata karena perusahaan nyata tidak pernah meminta karyawannya memberikan informasi pribadi.

5. Kamu harus transfer sejumlah uang

Jangan Sampai Terjebak, Ini 5 Tanda Kamu Sedang Alami Penipuan Kerja!Pexels/Suzy Hazelwood

Jika memang lowongan pekerjaan tersebut bukan tipu-tipu biasanya pihak perusahaan tidak pernah menyuruhmu transfer sejumlah uang ke dalam rekening mereka. Jika mereka meminta ini maka kamu harus waspada karena bisa saja kamu sedang alami penipuan kerja. Segera hentikan dan lapor pada pihak berwajib demi kebaikanmu sendiri.

Jangan sampai kamu tertipu ya!

Baca Juga: Awas Menyesal, 5 Hal yang Tidak Boleh Kamu Korbankan Demi Pekerjaan

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya